crankcase pecah (1)

Crankcase New jupiter mx jebol, kok bisa ?. Dapat gambar poto crankcase NJMX yang sudah berumur lebih 2 tahun crankcasenya pecah.

Banyak beragam komentar yang keluar dari mesin over heat, modifikasi sampai cacat produksi, klik disini untuk melihat status di fb. Motor jupiter mx ini baru berusia 2 tahun 1 bulan tapi crankcasenya kok bisa jebol yach…?

crankcase pecah (2)

Crankcase bisa jebol karena beberapa faktor, yang pertama karena motor sudah dimodifikasi, jika motor sudah modifikasi jeroan mesinnya apalagi sampai bore up atau panjangin/pendekin langkah maka resiko stang piston patah dan membentur crankcase yang akhirnya berujung pecah. Seperti yang sudah pernah saya bahas disini.

Yang kedua karena faktor perawatan, faktor perawatan disini bisa dari penggantian oli mesin harus teratur dan air radiator yang habis. Jika telat ganti oli yang berujung motor sering over heat maka piston dan dinding cylinder akan aus bahkan sampai baret2, jika sudah sampai aus parah maka kerenggangan antara piston dengan cylinder akan lebar sehingga terjadi knocking karena stang piston saat langkah naik turun sudah tidak beraturan lagi dan semakin lama stang piston akan patah yang berujung stang piston membentur crankcase dan pecah..

Air radiator juga bisa menjadi penyebab meski dalam kondisi jangka panjang, jika kita sering lupa ganti air radiator secara teratur maka jika air radiator sudah tidak bisa mendinginkan mesin dengan maksimal bahkan air radiator sampai habis maka mesin akan sering mengalami over heat alhasil stang piston bahkan piston cepat aus memicu stang piston patah.

Yang ketiga, crankcase bisa pecah karena lebih sering terkena benturan benda asing dari luar atau benda tajam. Hal ini sering terjadi ketika kita melewati jalanan yang kondisinya sangat parah berbatuan, jadi saat riding tiba2 ada benda yang berbenturan dengan crankcase motor kita meski tampak terlihat cover bodi motor masih utuh. Sering terjadi karena berbenturan dengan polisi tidur yang sangat tinggi, karena salah spekulasi saat melewati polisi tidur maka crankcase terbentur poldur apalagi motor matic sangat beresiko dalam hal ini.

Yang keempat karena faktor pendinginan yang terlalu cepat. Motor yang dalam kondisi mesin panas apalagi setelah jalan jarak jauh tiba2 ada genangan air atau banjir yang tingginya sampai merendam mesin dan kita langsung main nyemplung saja maka ini beresiko pendinginan yang sangat cepat terjadi di mesin bisa mengakibatkan stang piston bengkok, beruntung kalau cuma bengkok tapi kalau sampai stang piston patah maka beresiko stang piston membentur crankcase dan jebol. Akibat menerjang banjir juga beresiko air masuk dan bercampur oli didalam mesin akan terjadi milky oil alias oli susu. Milky oil ini sangat berbahaya merusak semua komponen yang saling bergesekan di dalam mesin, termasuk piston dan cylinder berakibat aus dan terjadi knocking berlebihan di stang piston alhasil bisa berakibat stang piston bengkok dan patah membentur crankcase dan pecah. oiya…air radiator bercampur oli juga bernasib Milky oil.

Yang kelima karena faktor cacat produksi, untuk faktor cacat produksi disangsikan kalau baru pecah dua tahun kemudian. Jika cacat produksi di crankcase misalkan karena adanya gelembung udara di dalam crankcase karena faktor cetak yang tidak sempurna biasanya crankcase tidak akan jebol melainkan hanya keluar rembesan oli atau bahkan terjadi retakan di dinding crankcase. Kalau misalkan crankcasenya pecah pasti sebelumnya akan ada rembesan oli dulu di beberapa hari sebelumnya.

crankcase pecah (4)

Nach untuk kasus yang terjadi saat ini di motor NJMX ini, jika dilihat dari posisi stang pistonnya maka crankcase NJMX ini jebol karena benturan :

1. Benturan dari stang piston yang patah dan menabrak crankcase alhasil pecah, kenapa stang piston bisa patah / bengkok ? bisa karena modifikasi, telat ganti oli . air radiator akan terjadi over heating dan knocking di stang piston. Milky oil serta nekad menerjang banjir.

2. Benturan dari luar, benturan dari luar misalnya terkena poldur atau benturan batu sehingga pecahan crankacase masuk kedalam mesin bahkan pecahannya masuk ke terselip di crankshaft maka crankshaft tiba2 berhenti dengan mendadak dan berakibat stang piston bengkok.

Monggo kalau ada opini lain…

crankcase pecah (3)

Advertisements

30 KOMENTAR

  1. langkah piston njmx aja udah tergolong panjang
    jadi ya jgn asal klo mau korek jeroan

    biar durability gak kalah
    dulu old mx teman ada yg turun mesin gara2 asal pasang cdi pake aftermarket tanpa melihat kondisi mesin.. dipaksa sering rpm tinggi.. tanpa melihat kekuatan per klep

    hasilnya glotakk… klok klok klok.. cekleek.. mesin mati dan klep hancur menghantam piston

  2. inget kejadian temen ane mx nya benturan sama trotoar,kondisi motor ga sampe terjatuh,blok mesin sebelah kiri pecah,tapi ngga ambrol betul..wahh emang bener bahan logam nya semakin rapuh,bukan semakin di depan..

  3. Terlihat stang piston nya patah itu.. Jadi bukan dihantam dari luar.. Terus olinya masa hijau2 gitu.. Jangan2 saluran air radiator bocor terus masuk ke mesin, terus dihajar rpm tinggi terus, dan radiator kering, hingga akhirnya jebol..

  4. oot
    konfirmasi ajah… ane dulu pengguna old mx & new mx, mesinnya kuat rpm tinggi kok, punya ane dulu udah ganti cdi brt dualband pake yg tipe kompetisi malah, mesinnya standar ga ada yg diutak atik & ga da yg diganti, pj dan mj standar, filter udara ganti model busa, busi iridium ngk… gear 15-41

  5. motor ane juga gitu bro… kena batu n retak… ckup lem besi tp masih mrembesakhirna dilas juga… satu lagi…. buat yg punya new mx jangan terlalu kenceng di jalan bebatuan plastik bagian atas lampu belakang mudah patah kiri-kanan… hope new mx king g gtu lagi bro…

  6. Di Las Babet Bro…. Dia las ny pake bahan ancuran sperti itu…. jd kondisi menjadi seperi semula dan tahan lama gak kwatir bocor lg…. karna bagian patahnya tersambung lg dengan las babet

  7. klo mx punyaku th 2007 non kopling..berawal dr tenaga yg makin lama makin berkurang apalagi di area pegunungan yg jalannya di dominasi tanjakan panjang makin kepayahan..puncaknya wktu ke gunung dg mmbawa bebn sktr 80kg motor udah di gigi 1 terdengar bunyi spt besi di pukul2 tenaga lngsng hlang mesin mati lmpu di spedo wrna merah nyala dan tercium bau sangit dari mesin..yg ingin sy tanyakan apakah mungkin piston dan ring piston yg sdh aus jd penyebabnya, coz motor jg udah kluar asap putih klo di gas setengah,, klo di gas rendah mngkn ga bgtu kliatan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here