BLOKMX (1)

Alhamdulilah aktivitas semoga sudah kembali normal, setelah libur panjang dan sekembalinya dari mudik sampai kantor kerjaan menumpuk dan akhirnya kegiatan bloging dikesampingkan dech…hari ini saja sisa kerjaan dibawa pulang biar besok sudah nyantai di bengkel,hehehe…hampir seminggu nggak nongol bloging di blog teman2…sori bro kerjaan nomor satu.

Dulu sudah pernah bahas kalau blok vixion masuk ke jupiter mx musti dikurangin diameter luar bloknya yang masuk ke crankcase agar tidak mentok dan berakibat crankcase pecah ( klik disini ).

BLOKMX (2)

Berawal dari konsumen yang merasa ada suara aneh setelah satu bulan pemasangan cylinder vixion ke jupiter mx miliknya. Suaranya nglitik dan ada ketukan setelah dicek dan dibongkar tersangka utamanya adalah roller rocker arm serta tensioner bahkan noken as ( cam shaft) ikut diganti, setelah semua sudah dirakit lalu motor dihidupkan tidak ada lagi suara aneh terdengar dan motor dites ride juga tidak ada bunyi, dan motorpun dibawa pulang…sehari berselang konsumen kembali lagi dan dengan keluhan yang sama…weleh..puyeng ki…rocker arm, tensioner dan noken as sudah baru tapi masih nglitik juga…akhirnya motor dibongkar lagi dech…

BLOKMX (3)

Setelah dibongkar lagi termasuk piston karena saat pembongkaran awal tidak melepas piston dan cylinder, setelah dibongkar ternyata baru terlihat dech titip sumber bunyinya…ternyata cylinder vixion mentok ke crankcase, untungnya crankcase nggak retak dan pecah tuch… cylinder jika kondisi panas maka akan memuai alias memperbesar ukurannya. Diameter luar cylinder vixion ukurannya hampir sama dengan diameter lubang dudukan cylinder di crankcase makanya diameter luar cylinder vixion harus dipapas alias dikurangi diameternya agar saat kondisi panas cylinder yang memuai tidak mentok ke crankcase…

BLOKMX (4)

Cylinder diatas mentok dibagian atas dan bawah cylinder karena celah sempit bahkan mepet antara cylinder dengan crankcase, jadi saya sarankan buat yang mau upgrade jupiter mx pakai cylinder vixion, cylindernya di bubut dulu agar aman cukup dipapas diameternya luarnya 0,5mm sudah pasti dijamin aman tidak mentok ke crankcase. Biaya bubut murah kokkisaran 25ribuan saja.

blok mx (3) blok mx (2)

 

Advertisements

42 KOMENTAR

  1. untuk masalah pistonnya gimana kang? piston Mx kang ada bagian yang cembung sedangkan piston vixi kang cekung… bisa di bilang kompresinya kan berkurang… cara mengatasinya gimana?

  2. trimakasih mas ari. jadi tambah ilmunya.
    semangat lanjutkn ngeblog 😀
    numpang tanya, di kaskus ko banyak motor NVL pakai oli diesel. pernah bahas belum mas? mungkin pernah bongkar mtrnya jg….

  3. Gan..motor ane vixion kan pernah ganti cylinder krn yg pake lupa control oli..
    Trus rencana cylinder eks vivi mau di shock lagi,,,,
    Kemudian buat uipgrade ke NJMX…kira2amankah ?

  4. Di sock ne maneh gan maksud sy…so ori nya kan ada kaya lapisan teflon…lha kalau di sock kan lagi kan nda ada lapisan teflonnya…
    Kira2 tanpa lapisan teflon amankah buat upgrade ?

  5. gaи di beberapa artikel ada yg nyuruh blok cyilinder nya di bubut 5mm yg bener yg mana gaи 0,5 atau 5mm. trimakasih ga

  6. Gan mw nanya donk…
    Ane Dnger gosip mx klo udah di boreup pasti ntr kena stang seher nya itu bnr gk sih gan…?

    Tolong penjelasan nya ya gan… trimmsss

  7. Kang knapa ya njmx sya udh pke blokseher vixy noken standar mx, cdi brt, karbu pe28, tpi ko putaran atasnya berat ya? Apa harus setel klep?
    Terima kasih sebelumnya

  8. kang kalo mau pake cylinder vixion tapi tanpa mengganti camshaft (standar) dan tetep pake head gasket ada pengaruh ya engga kang.?

  9. Kang, Ojmx ane kemarin habis ganti bureng NVL dan piston Old Vixion.
    kok perubahan tenaga motor gak begitu kerasa ya,,

    mohon pencerahan…

  10. Udah tanggung di pasang di MX old 2007 tanpa di bubut dulu blok silindernya tapi bisa bisa masuk kira2 kedepanya bakal ada masalah gak ya min

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here