P1050347

Gimana kabar hari ini kang bro ? kali ini kang ari mau kasih info jika stang di motor xeon kang bro terasa nggak enak handlingnya. Pada saat motor diajak jalan terasa kaku di stang, motor terasa geal-geol karena kaku dan stang seperti melawan saat hendak mau belok itu tanda2nya ban kempes (ban sudah gundul) atau faktor bearing komstir/stang sudah aus.

Kita cek kondisi alur ban luarnya dulu kang bro terutama ban depan, jika sudah gundul kemungkinan besar itu penyebabnya atau hanya bannya kempes. Tapi jika kondisi ban masih normal langkah selanjutnya melakukan pengecekan kondisi bearing komstir, cara paling mudah yaitu pada saat motor di rem depan akan timbul bunyi ”klek-klek” itu tandanya laher sudah mulai aus. Yang kedua motor kita standar tegak (standar tengah) kemudian ban belakang kita tunggingin agar roda depan naik, setelah itu stang kita putar ke kanan-kiri jika pada saat kita gerakkan ke kanan-kiri stang terasa berat (agak berat) itu tanda2nya setelan komstir terlalu kencang murnya. Jika setelan komstir kekencangan kang bro minta mekanik untuk dikendorin, tapi jika sudah disetel kok masih saja tidak bisa kembali normal maka harus ganti bearing komstirnya. Biasanya bearing komstir sudah oblak/aus usia 3 tahun keatas, tergantung dari cara pakai dan kondisi lingkungan jika kondisi jalan banyak rusak/gelombang maka bearing komstir cepat aus begitu juga kalau cara pakainya salah jika ada lubang atau poldur maen di hajar saja.

P1050344
kondisi rumah pelor komstir sudah aus
P1050346
kondisi pelor dan dudukannya sudah aus,biasanya jika sudah berumur 3 tahun keatas tergantung kondisi jalan dan cara pakai

Bearing komstir motor xeon kode partnya sama dengan milik vixion sehingga kedua motor ini bisa saling subtitusi, untuk nomor partnya  :

93399-99961 BEARING (5BP4)     368.000
5TL-WF341-10 (KIT) RACE BALL KIT 2       62.000

 

P1050354

Kang ari sarankan untuk penggantian bearing komstir partnya yang assy jangan eceran karena jika eceran jatuhnya akan lebih mahal.

Untuk pemasangan silahkan ke bengkel langganan kang bro,semoga bermanfaat.

P1050342P1050345 P1050350 P1050341

P1050343P1050351

 

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. kalo komstir nya supra x 125 bisa disubtitusi pake apa ya kang ari yg lebih murah dr orian nya supra x 125? mohon info nya kang trimakasih

    • cb bantu.
      Kl tak salah semua bebek honda laher komstirnya sama.
      Kl mau lbh awet, ganti dg laher bambu, soal harga 11-13

  2. Komstirku mbiyen memang oblag,,,maklum,,efek junkel ne sawah,,,berkali2terus tk ganti yg ori…alhmdulillah mpe sekarng aman,,,normal2 aja…padahal loemanyan lama,,,

  3. pertanyaan saya ….
    NVL saya baru mengalami gejala komstir oblak setelah 1 taun 6 bulan. apakah harus diganti atau cukup dikencengin aja, karena gejalanya baru terasa 2 hari terakhir

      • Kang ari motor saya old vixion tahun 2012 mau tanya knp saat motor mau berhenti rem depan di kocok2 pedal rem motor kadang2 bergetar?saya sudah bersihin kepala babinya dan sudah ganti komstir mrk sk* ,cakram tetapi gejalanya masih sama.mohon solusinya kang apakah harus ganti bearing roda depan kanan kiri atau kuras oli sok berikut ganti sealnya
        Terima kasih

  4. Mas, mau tanya, stang motor saya old vixion terasa gak enak bgt. Berat dan oblak. Padahal sudah di ganti bearing’nya dengan yg ori yamaha. Itu kenapa ya mas? Sudah saya stel jg msh ttp gtu. Mohon solusinya.

  5. kang motor saya vixion,ada sedikit masalah,dimana pada saat direm depan yang bergerak duluan adalah stangnya,setelah itu baru shock depan,apa masalahnya ya,terimakasih,
    mohon dibalas

  6. Kang utk raceball kit yg dipake cuma rumahnya aja ya? Sementara bearing atas bawah pake jepang punya?. Kmrn habis ganti ke beres cemp.putih, gejala stir ngebuang dan kaku sudah ilang, tp koq klo shock dimentokin masih glek glek kya oblak. Anehnya utk handling normal sih. Apanya ya kang? Thks.

  7. gan mw tnyak..
    harga komstir xeon berapa..
    terus apa ..kalw sya beli punya xeon.. komstir atas n bawah..
    bisa lansung di pasang vixion.. tanpa harus ada yg dirombak lagi..

  8. kang ary saya mau tanya saya coba ganti komstir bambu tapi setelah saya ganti kenapa jalannya motor saya kok endut-endutan ya sebelumnya pas blom ganti ga begitu ? apakah pemasangan kostirnya blom pas? motor nvl. mksh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here