AIR RADIATOR (2)

Motor yang memakai pendingin radiator disarankan untk mengganti air radiator maksimal setiap 10ribu km. Saat kita ganti air radiator pasti volume air radiatornya tidak berkurang jika motornya tidak ada masalah.coolant

Semua pabrikan motor rata2 menyediakan sparepart asli air radiator khusus untuk setiap motor yang diproduksinya tapi apakah boleh memakai air radiator merk lain selain dari pabrikan ? boleh kok asal air radiator tersebut memenuhi spesifikasi seperti yang dikeluarkan oleh pabrikan, lalu bagaimana kalau diisi air murni/air biasa ?

YAMACOOLANT

Sifat air murni akan mendidih saat suhu mencapai 100”Celcius, air akan mendidih dan menguap karena mudah menguap maka air akan cepat habis bahkan pendinginan tidak maksimal akhirnya mesin cepat panas. Bukan hanya proses pendinginan yang tidak maksimal tapi karena air tidak memiliki bahan anti karat maka air bisa menyebabkan karat didalam air radiator apalagi kalau airnya tidak bersih pasti akan menghasilkan endapan di dalam radiator yang berujung bisa menyumbat laju air saat berputar.

Seperti pada motor vixion yang satu, sang owner mengisikan air mineral/minum kedalam radiator saat menguras air radiator hasilnya air cepat habis, lampu indikator suhu sering nyala saat kondisi motor sudah panas. Bahkan kipas bisa macet karena kipas bekerja  berputar terus efek dari air yang cepat mendidih dan volume air semakin berkurang. Lihat gambar dibawah ini, air radiator habis.

AIR RADIATOR (3)

Intinya jangan mengganti air radiator dengan air mineral/murni karena daya tahan yang kurang serta bisa menyebabkan karat, endapan dan pastinya suhu mesin cepat panas alhasil motor bisa over heat.

 

1 KOMENTAR

  1. untuk Urgent mungkin bisa di terapkan, tapi harus cepat2 di ganti. Tapi itu mending, liat sopir truk di kasih air sumur, terkadang kalo kepepet air kencing juga di pakai.. wkwkkwkwkw

    • tak kebayang baunya kl pakai air seni, jd ingat dulu waktu sering turing pakai bebek tua, kebetulan punya teman overheat tak ada air ujung2nya diguyur pakai air seni teman2nya. Katanya dah 5 kali dicuci, baunya msh tercium tajam.

  2. om, kalo ganti cairan yang lebih bagus kan mesti ngeflush dulu..kasi artikel tutorialnya dong…kadang juga beres kalo di 10K km ganti airnya asal tuang ga diflush dulu

  3. “Sifat air murni akan mendidih saat suhu mencapai 100”Celcius, air akan mendidih dan menguap karena mudah menguap maka air akan cepat habis”
    ============================
    nambahi :
    air mendidih pd suhu 100drajat celcius.
    Tp air yg bs menyebabkan air cepat habis krn dah takdirnya air bisa menguap disemua tingkatan suhu.

  4. Ada yg bilang kl pake air tetesan ac rumah lebih bagus ketimbang pake air mineral kemasan.betul ndak kang ari.

  5. Air mendidih 100″ celcius di dataran rendah, pas lagi camping kopi diseduh air mineral dari radiator, lol. Ternyata mengisi air mineral dlm radiator punya kegunaan laen yg gak berhubungan ama mesin 😉 tanya kenapa? Energi panas terbuang sia2, sebenarnya bisa dimanfaatkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini