TANGKI BOCOR (4)

Kuras Tangki perlu nggak sih ? sangat perlu kalau sampeyan sudah lihat bukti gambar ini. Yup… motor baru berumur 2 tahun tapi tangkinya sudah bolong karena karatan, karatan bisa timbul karena endapan/kotoran yang dihasilkan dari bensin premium.

TANGKI BOCOR (3)

Seperti penuturan dari sang owner motor matic ini, dia daribeli motor dua tahun yang lalu selalu pakai premium namun sudah satu bulan ini motor terasa bau bensin karena baunya semakin menyengat maka motor dibawa ke bengkel. Setelah kita cek ternyata ada bensin bocor bahkan bensin sudah pada mengendap di spakbor belakang, setelah kita lepas tangkinya baru kelihatan tangki karatan dan menimbulkan rembesan bensin.

TANGKI BOCOR (5)

Lihat kondisi tangki dibawah ini, didalam tangki penuh dengan kotoran/lumpur dari endapan premium yang sudah lama terjadi.

TANGKI BOCOR (6)

Tangki saya lepas ternyata kebocoran ada dua posisi dan semuanya karena karatan,

TANGKI BOCOR (1)

Endapan lumpur/karatan ini bisa terjadi karena kotoran yang ditimbulkan oleh kotoran endapan premiumyang sudah lama tidak dibersihkan alhasil semakin lama endapan semakin banyak dan menumpuk, kemudian mengakibatkan karat di tangki yang semakin lama tangki jadi ikut terkorosi dan haslinya bolong.

TANGKI BOCOR (2)

Nach…kapan waktunya kuras tangki ? maksimal setiap 6 bulan kang bro…lebih baik menjegah darippada menyesal kemudian, apalagi yang mengkonsumsipremium minimal selalu cek kondisi didalam tangki apakah ada endapan/kotoran jika ada endapan maka segeralah dibersihkan agar tidak menimbulkan karat di tangki motor.

Yang mau baca2 artikel tentang tangki….

Merawat Tangki Motor Sport Agar Lebih Awet

Cegah Motor Mogok,Perhatikan Kondisi Filter Fuel Pump di Tangki

Fuel Pump Macet, Waspada Tangki Karatan

Penampakan Air Masuk ke Tangki. Motor Injeksi Mudah Mogok dan Fuel Pump Macet

 

 

 

Advertisements

45 KOMENTAR

  1. wahhh… sama kang ari, motor ane juga gitu.. dengan tipe motor yang sama pula.
    tapi belum sampai bocor sih, udah coba ane bersihin dan mata pun terpana ketika filter bensin juga parah banget kotornya, pantesan motor terasa endut2an meski bensin masih sekitar 1/4 tangki.
    wuedyan Soul GT. mintanya harus “mimik” pertamax kali yak?? 😀

  2. Motor apa ini kang?
    jarang banget kalo matic atau bebek
    kalo motor sport memang sering, soale tutup tangki posisi diluar, langsung ketemu air hujan

  3. mingkin
    1. pengisian BBM tidak pernah fuel tank, cuma diisi seperlunya doang. sehingga tanki motor banyak ruang udaranya jadi jika terkena panas dari matahari saat parkir tanki akan mudah berkarat dan bocor

    2. pemakaian. biasanya kalau ditukang cuci motor di daerah surabaya sana, yang dicuci bukan motornya doang, tapi dalamnya jok juga disemprot air (pakai kompresor loh). dan itu dilakukan pada motor bebek dan matic. kalau motor sport pasti kecucilah, wong tankinya diluar hehehe. pembersihan tidak maksimal di daerah tankinya membuat tanki yang terkena air mudah berkarat.

    cuma opini saya aja, hehehe

  4. Kang ari , saya mau nanya , kalau jupiter z1 bisa dipasang saklar lampu punyanya supra x karbu gak kang ? kalau enggak , bisa dipasang saklar model bagaimana ? tapi Kata diler kalau dipasang saklar bakal buat lampu cepat putus . Benar gak kang ? Makasih .

  5. itu nguras tangki brapaan kang di beres? o ya kang itu bensinnya dikuras trus diganti bensin baru sama beres atau kita beli lg bensin botolan?
    Di jupiter z ane udah 5 taunan tp setelah di intip seperti ada timbunan begitu didasar tangki…

  6. Alhamdulillah tengki meticku masih mulus, diintip pun masih mulus warna abu abu, padahal pake premium, motor nov 2011..

    • DODOL.. GEBLEK LOE..!!! NDAK TAU APA LOE PREMIUM & PERTAMAX TU “MAKAN” PLASTIK, BISA2 BARU 2 HARI TENGKI LOE UDA BOLONG “DIMAKAN” SAMA BENSIN (n)

  7. Om ari, ditempat ane beres yamaha ga terima kuras tangki, padahal waktu itu mekaniknya ada 6 orang, motor yg serpis ada 2 doank… Kenapa ya?

  8. Bin ajaib masa tanko bisa bocor gwe motor matic da 4 tahun ga ad kerak sama sekali cuma agak kotor ga kotor bngt aneh nih mah matic udah 25 tahun wkwkwkwk

  9. hampir bisa dipastikan kalo yang punya motor tersebut cuci motor, yang dibawah jok dicuci juga. padahal kalo bebek dan matic gak perlu buka jok kalo dicuci. faktor lain nya adlah motor tersebut pernah ditinggal dalam waktu lama namun kondisi tangki tidak penuh

  10. ITU MOTOR TENGKI NYA KARATAN/KROPOS/BOLONG KERANA JARANG DIISI BENSIN, PASTI BISA SEMINGGU ITU REST/KOSONG TENGKINYA MAKANYA UDARA MASUK, TRS KARAT BERKEMBANG, JANGAN2 TU MOTOR OPRASIONAL KANTOR YG JARANG ADA YG MAU NGISIIN BENSIN, WKWKWK…..

    • tergantung kondisi didalam tangki, klo banyak kotoran ya mesti dikuras, tapi klo pakai pertamax jarang karatan, cukup dilihat/diintip dulu jika tidak karatan tidak perlu dikuras

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here