rantai-motor-yang-kendur

Rantai, salah satu alat fital yang ada di motor. Rantai butuh perawatan extra karena jika tanpa perawatan rantai akan mudah kendor dan semakin lama bisa putus. Sebenarnya merawat rantai itu mudah cukup 3 hari sekali rantai kita semprot pakai pelumas/chainlube dan kita cek tingkat kekendoran rantai minimal 2 minggu sekali.

rantai

Jika rantai motor kita abaikan perawatannya maka rantai cepat aus alhasil rantai cepat kendor, bukan hanya kendor saja tapi jika kondisi rantai terabaikan maka rantai akan kering lalu berkarat alhasil saat kita jalan maka rantai akan menimbulkan suara berisik semakin lama kekuatan rantai akan berkurang dan timbullah rantai putus.

rantai putus

Tidak hanya putus, rantai jika bisa lepas dari kedua gear karena tingkat kekendoran diatas normal, cek kekendoran rantai sekitar 2cm jika sudah lebih dari 2cm maka rantai wajib disetel agar rantai tidak cepat aus dan pastinya agar rantai tidak lepas dari gear karena jika rantai sampai lepas atau bahkan putus bisa berakibat fatal, kita bisa terlempar karena motor tiba2 mengerem mendadak karena rantai yang lepas atau putus melilit/menghentikan secara mendadak laju/putaran gear depan/belakang.

Untuk tips cara merawat rantai bisa baca di artikel sebelumnya (disini).

via hp klik disini.

Advertisements

10 KOMENTAR

  1. Wow ngeri.. bbrp hari lalu ngeliat di depan mata sndiri motor delivery makanan cepat saji rantainya lepas krn kendor dan menghantam jalanan bumpy..untung gk sampe ngekunci kyk di video.. kyknya memang sudah saatnya pakai belt untuk pengganti rantai..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here