servis (1)

Lebaran sebentar lagi, toko2 pakaian rame banget bengkel juga tidak ketinggalan ramenya. Mudik pakai motor memang tidak dianjurkan karena kecelakaan menghantui para pemudik terutama buat pemudik yang bawa motor. Kecelakaan saat mudik selalu didominasi oleh motor oleh karena itu sekarang banyak perusahaan dan lembaga pemerintah menyelenggarakan mudik bareng dan sebagian besar justru mudik gratis agar para pemudik pindah haluan dari motor ke kendaraan lain yang telah disediakan.

Namun masih banyak pula yang mudik menggunakan motor terutama kampung pemudik tidak begitu jauh dari jakarta dan kota lainnya, buat para pemudik yang menggunakan motor saya sarankan kondisi fisik dan motor dalam keadaan sehat, kedua faktor ini harus benar2 terjamin jika salah satu faktor tidak terpenuhi lebih baik kang bro mengurungkan niatnya untuk mudik menggunakan motor. Jika memang motor menjadi andalan transportasi saat di kampung halaman maka kang bro bisa memaketkan motor untuk dikirim ke kampung bisa via kereta api, pakai jasa pengiriman barang seperti JNE atau TIKI bisa juga pakai travel seperti yang saya lakukan sendiri mengirim motor ke kampung dengan travel biayanya kisaran 600ribuan sekali jalan memang biaya yang diperlukan menjadi membengkak tapi keselamatan paling diutamakan.

servis (2)

Buat yang mau mudik menggunakan motor alangkah baiknya service motor minimal dua minggu sebelum hari H keberangkatan jangan terlalu mepet, jika servis motor jauh2 hari sebelum hari maka kita bisa lebih pasti menggunakan motor tersebut untuk mudik karena kita bisa mengetes motor tersebut apakah benar2 siap untuk dibawa mudik istilahnya tes ride dulu lach…jika ada kekurangan kita masih bisa kembali lagi ke bengkel untuk memperbaiki, kalau kita servis terlalu mendadak maka jika ada kekurangan atau kerusakan mendadak kita harus kembali lagi ke bengkel dan saya pastikan kondisi bengkel sudah ramai penuh dengan antrian karena sudah mendekati hari lebaran.

Servis motor disarankan dua minggu sebelum jalan mudik, karena kondisi bengkel saat puasa dan menjelang lebaran kondisinya sangat ramai. Seperti yang sudah2 dan sesuai pengalaman saya sendiri dari minggu pertama saat puasa bengkel sudah padat dan mulai minggu kedua kondisi bengkel sudah overload dan kondisi overload seperti ini tidak bagus buat motor mudik selain harus ikut antrian panjang di takutkan motor tidak bisa maksimal hasil servisnya dikarenakan mekanik dikejar2 antrian yang panjang berbeda jika kondisi bengkel belum ramai maka mekanik juga santai mengerjakannya hasilnya pun jadi lebih maksimal.

Dan satu lagi mengandalakn bengkel dadakan seperti bengkel posko lebaran yang disediakan oleh banyak perusahaan seperti posko2 lebaran dari pabrikan motor, jangan berfikiran ”ach nanti kalau motor mogok/rusak ada bengkel pos jaga”, pikiran sampeyan salah kalau seperti itu karena bengkel posko lebaran tidak seperti bengkel seperti pada umumnya mereka hanya siap pada kejadian motor yang rusak ringan saja kalau sampai servis besar bahkan motor rusakdan harus turun mesin maka dipastikan kang bro gagal mudik naik motor bahkan perjalanan mudik jadi kacau bahkan bisa gagal mudik gara2 motor nginep di kampung orang.

Last…intinya servis lach jauh2 hari sebelum kang bro melakukan perjalanan mudik agar perjalanan kita lancar sampai tujuan, jangan paksakan jika kondisi fisik dan motor tidak memungkinkan untuk mekakukan perjalanan jarak jauh.

1 KOMENTAR

  1. nah iki…..duo mtrku blm serpis ik,,,kl si blacky tinggal ke tetangga aja,,,foging piston msh aman,cm mau gnt oli mesin aja,maklum jrg kluar kandang,sndr jg bs,,,hehehehe….

    ki sidone mudik sk tgl piro nganti tgl piro kang?
    ben jadwale ora benturan,soale y ameh ktemu perbus,,,tonggo deso,,,hahahaha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini