picture1

Meskipun pemerintah telah menghimbau agar tidak lagi menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi mudik. Meskipun terpaksa, agar para pemudik yang hendak menggunakan sepeda motor, agar betul-betul memperhatikan berbagai kondisi fisik maupun teknis.

Saat riding, jangan paksakan berpuasa apalagi dengan tujuan mudik atau menempuh perjalanan jauh. Jarak tempuh yang jauh akan membuat kondisi fisik yang sedang berpuasa akan menurun, rentan terjadi dehidrasi. Usahakan perbanyak beristirahat maksimal setiap 2 jam sekali. Jika kita terpakasa akan tetap berpuasa maka sebaiknya perbanyak istirahat agar badan kita tidak terjadi dehidrasi, jika kondisi badan tidak memungkinkan alangkah baiknya kang bro membatalkan puasa demi kebaikan kang bro sendiri dan akan selamat sampai kampung halaman.

haus

Jangan memaksakan naik sepeda motor kalau kondisi tidak memungkinkan, karena berbagai faktor, seperti kemacetan dan cuaca yang akhir-akhir ini lumayan ekstrem. Meskipun kondisi motor kita sudah layak untuk diajak mudik.

Sementara itu, kondisi motor juga harus benar-benar prima dan kelengkapannya harus dicek jauh-jauh hari, seperti ban, rem, lampu dan komponen lainnya. Jangan lupa buat jadwal yang tepat untuk perjalanan mudik. Disarankan untuk berangkat pagi hari dan hindari perjalanan mudik di malam hari, demi keamanan dan keselamatan para pemudik yang menggunakan motor. Jaga pola makan saat berbuka ataupun sahur, semoga perjalanan mudik kita lancar,Amin…

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. soal batal shaum pas mudik sebenrnya balik lagi lebih penting mana sih namatin shaum ramadhan sama mudik? intinya jangan maksain dirilah,dahulukan mana ibadah yang wajib nya, klo pgn mudik pun usahakan pake kendaraan umum atau mudik saat sudah berbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here