KAMPAS REM DEPAN HABIS (2)

Sebenarnya dulu artikel ini pernah saya posting tapi karena untuk mengingatkan kembali karena ternyata masih banyak biker belum perduli atau paham akan pentingnya perawatan motor demi kenyamanan saat kita riding. Pasti kang bro sudah tahu fungsi utama rem ? tanpa rem motor kang bro pasti ndlosor nylonong tanpa tujuan. Salah satu komponen penting untuk pengereman yang sempurna adalah kampas rem jika kampas rem habis sudah pasti saat kita ngerem nggak akan bisa pakem. Sepatu kampas rem yang sudah tipis dan didiamkan saja maka lama-kelamaan akan hanya menyisakan besi kampas rem alhasil piringan/disck brake dan tromol pasti jadi aus. Untuk kampas rem tipe tromol efeknya masih nggak separah kampas disc brake jika habis, sebandel2nya jika kampas rem tipe tromol tidak kunjung diganti efek tromol bisa aus bisa lama karena saat sepatu rem habis masih menyisakan kampas rem yang cukup tebal  dibandingkan dengan piringan/disc brake jika kampas habis pasti piringan jadi aus.

KAMPAS REM DEPAN HABIS (3)

Lalu apa ciri2nya jika kampas rem tipe disck brake mulai tipis dan habis ? yang pertama saat kampas mulai tipis pasti daya cengkeram pengereman sudah berkurang, lalu akan timbul decit jika “nok” penanda kampas habis sudah bersentuhan dengan piringan. Lihat gambar dibawah ini,nok penanda kampas rem sudah tipis.

KAMPAS REM DEPAN HABIS (4)

 

Jika kampas rem habis, sebelum kampas rem hanya menyisakan besinya saja maka nok pada kampas rem akan bergesekan dengan piringan yang menghasilkan bunyi seperti”cring-cring” di motor bagian depan/roda. Jika sudah timbul bunyi maka segeralah kampas rem ganti baru.

KAMPAS REM DEPAN HABIS (5)

 

Lanjut kang bro, Cek seminggu sekali kondisi kampas rem, caranya dilihat dengan mata telanjang ketebalan kampas rem, lihat contoh gambar dibawah ini pada sisi kiri kampas rem habis tandanya besi kampas rem sudah menempel dengan piringan dan sisi kanan foto kampas rem yang masih tebal.

KAMPAS REM DEPAN HABIS (6)

 

Jika kang bro mau coba ganti kampas rem sendiri jangan lupa untuk bersihin area dudukan kampas remnya sebelum kampas rem yang baru dipasang, cukup disikat pakai sikat kawat atau dicuci pakai bensin bagian dalam caliper(kepala babi) agar kampas rem tetap awet dan daya cengkraman sangat baik karena kondisi kampas rem bersih, oiya…agar kampas rem awet lakukan pembersihan area kampas rem sebulan sekali, kondisi sil kaliper juga awet karena piston caliper selalu bersih dan sil tidak mudah sobek/bocor karena adanya kotoran yang nyelip.

KAMPAS REM DEPAN HABIS (1)

 

Ketebalan kampas rem selalu terpantau yang untung kang bro sendiri karena biaya ganti kampas rem tidak membengkak sampai ganti piringan segala…apalagi piringan yamaha mio yang harganya 400ribuan dan piringan motor sport yang sampai 600ribuan. Uang segitu bisa buat liburan bersama anak-istri, nraktir kang ari, ongkos pacaran,xixixixi…

Advertisements

42 KOMENTAR

  1. kang ari, kalo bunyinya ”nyit nyit nyit” tiap ngerem itu knapa? Udh sbulan vega saya bunyi begitu tiap ngerem. Padahal kampas remnya msh mayan tebel.

  2. nice tutor om kereenn.. btw ijin pengalihan topik nih, ane user mx om, udah bore up 62mm krng lebih 1thnan terakhir, n selama bore up udah 3x ganti piston set dgn kasus yg sama, pecah/lumer di bagian parit ring piston sebelah atas (searah intake), kira2 masalahnya dimana ya om, terlalu panas atau pengisian air radiator yg kurang sempurna atau memang kualitas piston yg kurang mumpuni? soalnya kalo di liat bentuknya bukan piston forging, oh ya om, kira2 piston r25 bisa ga di pasang ke mx ane, ukuran pin pistonnya sama ga yah? makasih sebelumnya om..

    • satu lg om yg ane kelupaan, konfig blok head ane masih standard, klep ukuran standar in/out 19/17, apakah buat bore up mx/vixi/r15 diatas 60mm wajib hukumnya buat pasang klep yg lebih gede, 22/19 mungkin? terimakasih sekali lagi sebelumnya om..

      • karbunya standar / bukan ? cek lagi ukuran pilot dan main jet.. atau piston 62 nya yang merk apa.. memang ada bbrp yg model 5YP (NIOLE) / TDR jelek.. pecah pas parit ringnya… apalagi kalau kepanasan.. cek warna busi.. harusnya kalau sebelah intake sih gak pecah karena didinginkan gas bakar baru…

        • Wah thx om responnya :), karbu pake 2 macam, pe n pwk 28, pemakaian terpisah di setiap pergantian piston n udah jetting jos, oh gtu ya om, emang pistonnya yg ga bagus, sya emang pakai piston yg 5yp (kode embos timbul dipiston), ada saran piston yg bagus buat 62an?, sekali lagi thx berat om buat pecerahannya 🙂

  3. punyaku juga mau abis ga tau dah apa belum tapi kemarin pas perjalanan kan kecepatan 30 an coba coba hard brake sampe ngunci abis itu ngerem biasa kayak beda . bunyi sih kerasa kecil banget .. pas tak liat lebar satu kampas besarnya kayak cakram itu sendiri kira kira dah abis belum ? rasanya aneh ngerem sekarang . km sudah 14 rb 2 tahun gimana masbro

  4. Kang ari… Jujur nieh punyaku padahal pemakaian normal rajin tak bersihin juga… Tapi kok cakramku seng entek juga ya…. Padahal gi umur 1,5 tahun… Kampas rem tak ganti sebelum kampas habis…. Yang aq heran kok cakaramku juga melu ke gerus… Apa material cakram yang jelek ya… Sehingga gampang tergerus sekarang kampasnya dah tak pakein yang indopart biasr yang termakan kampasnya bukan cakramnya…. Tapi cakramku kegerusnya dah banyak…. Ya paling siap siap beli cakram baru meneh… Motorku kebo om…

      • nah… tenan to om………… kampas rem sekarang itu lebih keras……….. makanya piringan cakramnya juga ikut termakan…………. tapi punya temenku fu sudah umur 5 tahun om………. mosok cakramnya kegores aja gak……….. (dalam hati berkata berarti kwalitas bahan piringan cakramku yang kurang bagus) padahal motor dia selalu main di medan extrim………. alias sering blepotan (kotor) dan jarang di cuci……………
        om………. masukan deh buat yamaha……… kalo buat piringan cakram sebaiknya kwalitasnya bahanya di samain sama produk suzuki biar lebih awet……. hehehehehe……… mosok kampas sama cakaram sama sama abisnya wlwwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk
        makasih om. buat pencerahanya…….

  5. Makasih infonya, Om
    Kebetulan piringan byson saya juga habis mungkin karena saya gak pernah ngecek kampasnya
    Sekarang udah tau caranya

  6. jangan menggunakan bensin untuk membersihkan rem (kepala babi), bisa bikin seal dustnya melar atau bocor, karena bensn bersifat asam. cukup pakai detergen dan sikat gigi bekas. jangan juga pakai .sikat kawat karena bukan hanya kotoran yang akan tergerus tetapi juga kepala babinya.
    untuk yang mau mengganti piringan cakram menjadi lebih besar, secara fisika pengeremannya akan lebih mudah dan pakem (kita tarik tuas sedikit langsung ngerem). pertimbangkan lagi, apalagi jika anda kagetan orangnya.

    • saya aja heran, secara disc punya x-ride lebih gede dari punya mio.

      Yang lebih parah lagi disc mio spoke malah merknya cuma 3 huruf.
      Nah mio yang pake velg discnya merk sunstar

      Perlu di komplain juga nih Yamaha…

  7. biar pakem pake kanvas semi keramik, tp jgn lupa discnya jg ganti yg keramik ya kl gamau kegerus abis wkwkwk. sering liat orang jual kanvas semi keramik tp ga bilang kalo disc standar yg besi pasti kegerus kalah sama keramik 😀

  8. tanya mas, tolong dibantu dijawab ya, pliss, Saya punya motor honda absolut revo th 2009, trus baru2 ini jatuh dan mengenai piringan cakram ban depannya, katanya sih harus diganti tapi karna gak punya duit buat ganti saya coba cari piringan cakram yg murah. Kebetulan ada teman yg jualan spare part di pasar bekas dan jualnya murah. Tapi yg dijual bukan piringan cakram khusus honda absolut revo, melainkan piringan cakram untuk Suzuki Satria Young Star, Suzuki NEX FI, Yamaha Jupiter Z1. Tapi harganya yg dijual angat murah lho mas…Kira2 menurut mas mana yg cocok untuk dipasang pada motor revo saya? Kira2 cakram motor tipe apa saja yg cocok bentuk piringan cakramnya dengan tipe motor absolut revo punya saya? kenapa piringan cakram itu bisa berbeda2 padahal ama2 dipasang pada ban depan yg diameter bannya sama2 17 inci? mohon jawabannya ya mas, terutama pertanyaan nomor 1 diatas ya. Terima kasih ya mas yg ganteng dan baik hati…….

    • kebetulan tidak ada yang bisa dipakai,
      piringan atau rem cakram dibuat sesuai kebutuhan motor tersebut, dibikin sesuai dimensi motor tersebut… dan tentunya sesuai dengan power motor…

    • Kebetulan lubang baut cakram Revo/Blade 110 SAMA dengan bebek Yamaha termasuk Z1. Jadi bisa saling tukar. Bahkan banyak pengguna Jupiter yang pasang piringan asli Revo/Blade karena bentuknya lebih keren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here