OLI MILKY (2)

Beberapa hari ini hujan kembali sering mengguyur dibeberapa daerah di indonesia tidak ketinggalan di jakarta beberapa hari ini dilanda hujan deras, apalagi di jakarta kalau ada hujan berarti ada banjir. Banjir jadi momok buat para biker motor yang terpaksa menerjangnya,motor mogok pun jadi resiko yang harus dihadapi.

Selain motor mogok kalau terpaksa motor menerjang banjir maka air bisa masuk ke mesin jika ketinggian banjir sampai merendam mesin bahkan lebih tinggi dari box filter udara maka air rawan masuk ke mesin. Jika air sudah masuk ke mesin dan motor tetap masih hidup justru ini yang membahayakan buat motor, kenapa ? oli mesin bercampur dengan air dicampur oleh putaran mesin seperti di mixer sehingga timbul oil milky atau oli mesin berubah warna jadi putih susu. Jika oli mesin sudah berubah jadi milky maka kondisi kekentalan dan fungsi oli-pun jadi berubah,yang seharusnya oli sebagai pelindung mesin justru berbanding terbalik menjadi perusak mesin, jika didiamkan maka tidak akan lama mesin akan rontok mesin jadi berisik karena part2 mesin aus.

Untuk menghindari oil milky, setelah motor menerjang banjir maka sesampainya dirumah atau dikantor kondisi oli mesin wajib dicek agar terdeteksi dan motor tidak rusak parah. Caranya mudah, buka tutup oli atas kemudian colokkan tutup oli mesin jika tutup oli mesin tidak colokkannya bisa pakai lidi kemudian lidi masukkan ke bak mesin sampai terendam oli, kemudian angkat lihat warna oli mesin, untuk normal harus berwarna hitamatau kuning kehitaman tapi kalau berwarna kecoklatan atau bahkan sudah putih maka oli mesin bercampur dengan air dan segera lakukan penggantian oli mesin.

OLI MILKY (1)

Seperti yang baru saja terjadi pada konsumen ini, motornya habis terendam banjir karena dua hari yang lalu di daerah ciledug indah terendam banjit hingga satu meter alhasil air masuk ke mesin untungnya mesin belum jebol.

Di artikel dulu pernah saya bahas cara kuras oli mesin yang sudah milky (klik disini). Coba saya ulang kembali..monggo diperhatikan.

Pertama beli solar cukup satu liter saja, oli mesin baru 4 botol ( atau oli mesin bekas yang masih bagus dua btl dan oli baru 1 btl ).
1.Buang oli mesin yang sudah berubah warna jadi putih, kemudian masukkan setengah botol oli mesin dan setengah liter solar. Hidupkan motor sekitar 3 menit langsam.
2.Buang oli mesin,tuang lagi setengah botol oli dicampur solar setengah liter,kemudian hidupkan motor sampai 3 menit langsam.
3.Buang lagi oli mesinnya yang warnanya sudah mulai normal kembali,tuang satu botol oli mesin kemudian motor dihidupkan langsam 3 menit lagi.
4.Buang oli lagi ,tuang lagi satu botol oli mesin kemudian hidupkan kembali motor sampai 3 menit. Kemudian buang oli mesinnya yang tampak normal kembali.
5.Tuang oli mesin satu botol,ganti oli mesin satu minggu kemudian setelah itu penggantian oli normal kembali sesuai perawatan berkala.

Lihat gambar dibawah ini,itu adalah contoh oli sesuai urutan diatas tetapi kang ari pakai oli mesin bekas yang masih bagus ( oli ksg pertama motor baru ),biar ongkosnya lebih irit.

oli 1

32 KOMENTAR

  1. berapa banyak kemasukan air nyampe berubah warna gitu?
    mau nanya,lek misal cuma kemasukan dikit tidak nyampe merubah warna olie,gmn apa bisa merusak mesin jg?trus gmn cara mengetahuinya?takutnya pas nyuci motor air ada yg masuk kemesin kita tidak tahu!

  2. yang bener di sana hujan ? di sini puanas banget belum hujan gan, ya tp untung aja di lokasi ane jarang malahan belom pernah kejadian banjir

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini