socket gosong (2)

Dapat permintaan artikel dari bro gerry jogja, dia menuturkan kalau motor CB150R miliknya ada kerusakan di soket sepul terlihat gosong. Bro gerry jogja saat ini sedang melakukan claim garansi di AHASS.

Berikut penuturan dari bro gerry jogja,

Motor standart tanpa aksesori kelistrikan…tidak ada gejala sama sekali…saya kadang suka pengecekan sendiri seperti air radiator…sambungan2 kelistrikan…dll…kemarin ketahuan ketika kabel dari sepul berwarna agak hehitaman seperti rembesan oli ternyata sewaktu saya lihat adalah lelehan plastik socket…
Motor pembelian awal2 setelah launching mas bro…inden januari tapi motor datang februari 2013…motor generasi awal…dari awal beli sudah ada troble mas bro…saya sampai bosan keluar masuk diler ahass kadang debat dulu sama kepala mekaniknya…belum motor harus nginep di diler…capek mas…begitu mas terimakasih…

Ni bro kondisi socket dari sepul di motor ku yg hangus…tolong di share bro agar CB150R rider melakukan pengecekan siapa tau sama ama punyaku bro…takutnya terjadi kebakaran sangat berbahaya letaknya dibawah tangki kiri…saya lagi proses claim bro semoga berhasil….makasih..
gerry jogja.

socket gosong (1)

Yang jadi pertanyaan apa penyebab soket sepul bisa gosong padahal motor masih standar ?

1. Soket bisa gosong penyebab paling banyak karena soket kendor, kalau soket kendor maka hubungan antar terminal akan menimbulkan celah/jarak, nach gap ini akan menimbulkan percikan api. Semakin lama percikan api ini menimbulkan panas di soket sehingga soket bisa timbul gosong/terbakar/meleleh.

2.Soket sering kena basah air saat riding. Saat motor dicuci apalagi cuci motor pakai tekanan air tinggi seperti steam air mudah tembus ke celah sempit seperti soket dan pada saat kita riding dalam kondisi soket masih basah dan lama keringnya maka air yang bersifat konduktor bisa menimbulkan konslet ringan/ menimbulkan percikan api antar terminal. Jika air ini lama keringnya maka indikasi soket terbakar bisa terjadi.

3.Soket gosong karena kualitas terminalnya tidak kuat menahan arus listrik yang dilalui. Jika bahan soket tidak sesuai dengan kapasitas (melampaui batas tahanan dari terminal dan soket) maka soket dan terminal akan timbul panas dan semakin lama panas yang ditimbulkan akan melelehkan soket sehingga terlihat gosong.

4.Usia, suatu barang pasti ada masa pemakaiannya kalau usia motor semakin tua maka tingkat ketahanan sparepart semakin berkurang pula.

5.Ada kesalahan teknis dari pabrikan, untuk yang satu ini bisa dibilang kesalahan/kekurangan saat proses produksi biasanya kondisi yang diakibatkan timbulnya tidak akan lama dan jika masih dalam masa garansi maka sebaiknya segeralah minta klaim garansi ke bengkel resmi.

Masih ada yang kurang ? monggo saling sharing jangan saling menghujat.

Buat kang bro yang mempunyai pengalaman di motornya dan layak untuk disharing saya siap membantu agar menjadi manfaat dan berkah buat kita semua.

41 KOMENTAR

  1. malem om….mau nanya nihhhh saya pnya motor mio soul klo di jalanan macet di bagian cvt nya ko keluar asap y???.tapi klo dah di jalanan normal tarikan nya normal udah gitu g kluar asap nya…kira kira apanya yg rusak ya om..mksh y mohon di jelaskan sejelas jelasnyaa..mksh lg yyyy

  2. Mungkin untuk kelistrikan (termasuk soket kabel) masih satu vendor dengan pabrikan Minerva yang terkenal jeblok kualitasnya.
    Hal ini banyak terjadi pada motor kualitas China,dan AHMpun menginginkan harga part semurah mungkin.

    CB150R kualitasnya memang setara dengan mocin.

  3. Menurut ane, terbakar karena kontak sambungan di soket kurang kencang / poor contact, jadinya arus listrik jadi besar ampernya dan gak kuat sehingga panas dan kebakar.
    Kalo kena air sih udah didesain soket diluar jd pasti aman dr air mah…

  4. 1. Ikut prihatin
    2. Mungkin kendor karena katanya sering dicek sendiri. Dicek kan berarti dicopot terus dipasang.
    3. Nasib
    4. Motor minta diperhatikan
    5. Mesti diruwat

  5. Ahm memang tukang tipu…!!!
    Jual mahal tapi kualitas khas cino..!!! Bossoook…!!!
    Mesin downgrade kw 5 super bossoook klotok2…!!!
    Yimm jg sama komstir mahal sepasang tapi bossoook jg…!!!
    Mesin made in pt.chn ngaku2 tekno gp cuiihh tambah bossook…!!!
    Nippon BAGERO…!!!!!

  6. weh……….. sangat burbahaya sukali itu…… hampir juga dikit lagi tankinya ngikut haduh… hati hati dan sering di cek ya………

  7. […] Jika faktor diatas sudah dicek dan ternyata normal, maka perlu diwaspadai kondisi kabel2 dan soket seperti yang terjadi pada motor vega zr ini Ternyata kondisi soket di spul gosong, karena soketnya gosong alhasil soket tidak bisa menerima dan mengalirkan arus listrik dengan sempurna sehingga nyala lampu jadi redup. Untuk hal2 yang menyebabkan soket bisa gosong silahkan klik disini. […]

  8. siang boss. saya juga pengguna cb 150 r kabel conektor ecu sy juga kebakar boss penyebap apa jg kurang tau.konektor pin juga sudah di pres lg( biar tidak fong ) tp tetapi kabel masih panas dipegang tangan kl habis jalan jauh tidak kuat terlalu panas. sy sudah cek ke ahhas tapi juga belum ada tanggapan. mohon informasinya harus bagaimanaya. tks tanto BEKASI

  9. No Offense, No BC, No Fansboy
    Just Share Derita yg sy alami sebagai pemilik Honda CBSF 150 Old (Gen 1) Th. 2013 Warna Merah, Domisili di Sumatera Selatan
    1. Umur 5 Bln Kipas Radiator jebol
    2. Umur 1 Th. Seal Shock Depan Jebol
    3. Umur 2 Th. Berawal Relay comp yg posisi nya dibawah tangki rusak, yg berakibat semua kelistrikan mati, begitu dicek di AHASS, soket sepul terbakar & sepul nya juga terbakar, diperparah dgn gear starter rompal, cop busi
    getas & sobek, dompet saya terkuras krn ini, derita saya diperparah dengan semua parts yg rusak mesti inden, dan ini sdh jadi ciri khas AHM..!

    Note: Motor saya standar semua, service & ganti Oli rutin tiap 1500-2000 KM, skrg KM motor 50 ribuan, dan saya sgt care dgn kendaraan krn susah payah saya membelinya & saya ga dpt cuma2 dari AHM..!!!!

    Dari pengalaman ini saya kecewa berat & muak liat produk2 AHM..! Bisanya cuma jualan produk tanpa memperhatikan kualitas & layanan Aftersales nya bobrok,..! masa mau beli packing knalpot CB150 aja mesti inden..

    Saya ga buta merek, sebelumnya saya pernah punya..
    Yamaha FiZR Th. 2004
    Yamaha RX. King Th. 2006
    Kawasaki Ninja R Th. 2007
    Honda Supra X Th. 2002
    Kesemuanya menurut saya mengalami kerusakan parts yg wajar2 saja krn pemakaian diatas 3 Tahun.

    Semoga penderitaan saya ini, kawan2 disini tdk ada yg alami, sekedar saran sebelum membeli motor apalagi yg statusnya New Produk pikir matang2 sebelum menyesal seperti saya..!! Apalagi Produk2 dari AHM skrg ini ga lebih baik dari Motor China kualitasnya…!!
    AHM skrg ini cuma mikirin profit sebesar-besarnya, tanpa care kualitas produknya…!!! Saya Tobat & Kapok..beli produk AHM..!!

  10. Motor CB150 R
    StreetFire Old, sering macet2 akhir2 ini. Padahal setelah dicek dibengkel ternyata soket spul hangus. Setelah disambung lagi tanpa soket, akhirnya bisa digunakan sekitar seminggu. Nah, barusan macet lagi, setelah saya cek ternyata kabel sambungan spul panas dan meleleh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini