MIO GT 2013

Baru pulang kerja sampai rumah minum, kebetulan anak masih main diluar ya dah istirahat seharian bengkel rame banget, iseng2 buka email…eit…ada yang aneh ini. Dapat pertanyaan dari bro Aan dari medan tentang motor mio GT dia yang lampu MIL nyala terus.

pagi bro ari, sy slama ini silent rider di ARIPITSTOP. sy suka bc blog kang ari krn byk pengetehauan ttg mtr. sy ada keluhan di mtr mio gt sy,sy beli mtr dua bulan yg lalu. begini motor saat ini dlm kondisi lampu MIL nyala terus bahkan bukan hanya mtr sy tp mtr milik tmn sy juga sama kasusnya. mtr msh standar tdk ada rubahan hanya sj setelah servis gratis pertama, kabel spidometer sy lepas biar kilometer tdk jln, klo kapan2 mtr pengen sy jual nanti jumlah kilometer masih pendek.

krn jarak bengkel resmi dari rumah jauh sekitar 15km, maklum daerah medan pinggiran kang bengkel resmi masih jarang. sy coba tanya ke bengkel teman dan jawabannya ini motor karena cacat produksi…!!! sy jadi khawatir. apakah benar mtr sy cacat produksi?

trimakasih jawabannya kang ari, smoga sukses selalu.

mio gt (15)
gambar ilustrasi

Weleh…ndlosor sambil jingkrak2…!!! kok gampang banget buat keputusan cacat produksi. Dari uraian isi email saya sudah bisa menebak kalau lampu MIL menyala karena kabel speedometer dilepas, jika kabel speedometer dilepas maka speed sensor tidak bekerja maka speedsensor akan kasih sinyal ke ECU kalau ada masalah di kecepatan motor karena kecepatan motor tidak terbaca.

Dengan adanya pertanyaan ini, saya akan praktekkan besok ke motor saya sendiri. Akan saya praktekkan bagaimana hasilnya jika kebel speedometer lepas atau putus karena faktor pemakaian. Intinya jangan asal buat keputusan cacat produksi sebelum tahu apa yang sebenarnya terjadi di motor kita.

 

49 KOMENTAR

    • Sayangnya yg nanya ada niat busuk juga. Mau menipu pembeli motor secondnya dia supaya kilometer pemakaiannya lebih pendek daripada yg sebenarnya.

      Mau nipu koq malah bilang motornya yg cacat?

  1. kabel spedo dganti gak ori aj nyala koq.busi jg dganti sm type yg laen jg nyala.

    # #mtr msh standar tdk ada
    rubahan hanya sj setelah servis gratis pertama,
    kabel spidometer sy lepas biar kilometer tdk jln,
    klo kapan2 mtr pengen sy jual nanti jumlah
    kilometer masih pendek.##
    >>>>nah ini nih……ada unsur xxx nya….

  2. kabel spidometer sy lepas biar kilometer tdk jln, klo kapan2 mtr pengen sy jual nanti jumlah kilometer masih pendek.>>>>NIAT YANG JELEK,SUDAH PASTI BUAT BOHONG.

  3. Ganti aja kabel speedo nya gan,, atau biasanya di cek dl,, di bagian atas krn biasa terlepas,, kl sdh,, normal,, cb dinputar ban depan,, kunci kontak on,,setelah itu,, matikan,, dan lampu pastinmati,, krn itu speed sensor,, sy di bengkel sering bgu baik unit bru atau sdh perawatan berkala,,,

  4. seperti pengalaman sya pake soul gt, lampu mil menyala saat jalan bersamaan jarum spedo diam,setelah dicek ternyata putus kabel spedonya, setelah dipasang dengan yg baru pke jalan langsung normal

  5. Kalau counter km Jupiter MX gimana kang, apakah bisa diakali seprti itu atau lgsung ketauan kalo kita bawa ke showroom resmi untuk pengecekan sebelm beli? soalny sya mau beli jupiter MX 2nd, sembari menunggu komparasi R15 vs CBR 150 lokal.
    kebetulan saya gak ngerti nih soal motor, hanya pengguna doang.
    thnks

  6. Wajar di Indonesia gak ada recall, wong konsumennya aja suka mencak-mencak kalau motor/mobilnya dibilang ada cacat produksi.

    Di luar negeri sebaliknya, justru user dengan senang hati jika ada cacat produksi dari sebuah kendaraan yang dipakai direview dan kemudian didengar parodusen lalu produsen melakukan recall!
    http://bonsaibiker.com/2014/06/07/konsumen-indonesia-kalau-sebuah-produk-diulas-kelemahannya-mencak-mencak-konsumen-luar-negeri-justru-menyimak/

  7. Mas ari mau nanya , sory kalo OOT
    Injeksi R15 sama/beda dg nvl/old vixi. Kalo sama perawatan’a sama jg dong dg nvl/old vixi. Kalo beda tolong di jelasin dong mas + perawatan’a.
    Terimakasih

  8. Salam Mas bro Ari, saya mau tanya lampu MIL Mio GT nyala terus apakah ada dengan berpengaruh dengan tenaga/tarikan Mio GT ? Masalahnya setelah lampu MIL Mio GT menyala tenaga/tarikan motor menjadi sangat berkurang?
    Itu saja pertanyaan saya, mohon penjelasannya yah?
    terima kasih & salam sejahtera selalu

  9. gan mhon maf sy mau tanya. motor sy mio gt. lampu indikator nya hidup trus gan kira kira apa nya y gan…. blm sempet ke deler.

  10. Alhamdulillah…barusan kejadian om…indikator MIL nyala terus waktu jalan…
    Udah kepikiran aja 500rebu bakalan keluar ATM…untung sempetin baca postingan om…
    Trims om..Yang Maha Kuasa insya Allah balas kebaikan ente om…

  11. Bang,mio soul GT saya sudah ganti kabel speedonya,tapi lampu indikatornya tetep nyala,itu kenapa yah?
    dan juga apakah tidak apa2 kalau saya pake terus menerus dalam keadaan lampu indikatornya menyala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini