O2 SENSOR1

O2 sensor salah satu sensor perangkat sistem injeksi yang berfungsi mendeteksi sisa hasil pembakaran di saluran exhaust untuk menekan emisi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan karena pasokan bahan bakar yang disesuaikan sesuai kebutuhan. Tepatnya setelah O2 sensor memberikan informasi ke ECU, kemudian ECU memberikan campuran bahan bakar yang ideal sesuai instruksi O2 Sensor. Sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.Dan alat ini pula yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

O2 SENSOR.

Mekanisme O2 Sensor :

  • O2 sensor akan membandingkan jumlah O2 dari sisa pembakaran dengan O2 udara luar.
  • Selanjutnya hasil perbandingan O2 ini di konversikan oleh ZrO2 (Zirconia electrolyte) menjadi arus listrik.
  • Arus listrik inilah yang akan di kirimkan ke ECU sebagai informasi hasil pembakaran yang terjadi pada ruang bakar.

Injector sebelumnya menyemprotkan bahan bakar sesuai sinyal yang diterima ECU sesuai input dari sensor2 dari MAQS, crank position sensor serta sensor temperatur sehingga tercipta semprotan yang ideal setalah bahan bakar terbakar maka hasil pembakaran tersebut dideteksi oleh O2 sensor di lubang exhaust selanjutnya hasil pembacaan ini dirubah menjadi arus listrik yang dikirim ke ECU selanjutnya, ECU akan memberikan perintah ke Injector untuk menyemprotkan sejumlah bahan bakar agar pencampuran udara dan bahan bakarnya menjadi lebih ideal.

Dengan adanya O2 sensor maka konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

O2 SENSOR

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. jika hasil baca berupa tegangan yg di kirimkan ke ecu artinya klo output sensor ke ecu dihambat kecrotan bbm dr injektor bs smkin besar gt kang?(klo di hambat kan ecu ngebaca kering)

  2. Mau tanya ni bro,,, kalo. Sudah. Ada O2 sensor,,, setting co apakah masih di perlukan? Karena yang saya dengar, setting co diperlukan untuk menambah debit bahan bakar,,,kalo misalkan kita menginginkan settingan basah setting co di naikkan , dan akan terbaca gas buang terlalu basah oleh o2 sensor, maka debit akan di sesuaikan, dan pqda akhirnya settingan gak jadi basah, hehehe, jadi setting co tidak diperlukan lagi ya? Thx,,,

  3. Kalo kata ngahaem, ini fungsinya biar mesin kompresi tinggi bisa minum BBM subsidi rakyat kecil, motor mahal belinya Premium, malu sama cicilan, hahaha. Dongo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here