INJEKSI R15

YZF-R15 terinspirasi dari konsep R-DNA dimana mengaplikasikan model bodi belakang meruncing dan meninggi, lampu depan model ganda, desain aerodinamis, tampilan kekar dan menyajikan pengendalian terbaik. R15 dibekali dengan mesin 150cc fuel injection dengan transmisi 6 percepatan.

R15 mengaplikasikan teknologi injeksi dari new vixion, meskipun mengaplikasikan sistem injeksi dari new vixion namun tidak semua sama. Monggo kita bahas satu persatu :

Fuel Pump.

INJEKSI R15...

Saya bahas dari sistem bahan bakar, didalam tangki dengan kapasitas 12 liter R15 memakai fuel pump dengan tekanan 250 kpa. Fuel pump R15 memakai tipe brusless, Apa itu brushless? merupakan teknologi untuk menunjang kehandalan motor listrik yang memiliki fuel pump. Teknologi ini unggul karena pada bagian commutator tidak terdapat brush (arang) dan mekanismenya diatur oleh microcontroller, sehingga putaran motor lebih tinggi, konsumsi listrik lebih rendah, dan suara motor lebih halus. Dan fuel pump ini terdapat filter fuel pump yang berfungsi menyaring bensin yang akan masuk ke rotor, untuk filter fuel pump disarankan untuk diganti jika sudah kotor/mampet, apalagi jika tangki kemasukan air filter harus diganti.

Throttle Body.

INJEKSI R151

Throttle Body dilengkapi dengan FID (Fast Idle Selenoide) yang memudahkan mesin dihidupkan saat kondisi dingin (berfungsi seperti autochoke, tetapi bekerja sesuai sinyal elektrik dari ECU) dan sensor injeksi (MAQS) yang lengkap, yaitu :

1.TPS (Throttle Position Sensor) yang bertugas mendeteksi bukaan sudut throtle.

Pada saat kita tarik selongsong gas maka throttle akan terangkat, nach… seberapa besar throttle ini terbuka akan dipantau oleh TPS kemudian TPS mengirim sinyal besaran bukaan throttle ke ECU untuk memerintah injektor menyemprotkan bahan bakar sesuai kebutuhan atau sesuai yang dibaca oleh TPS. Sehingga semprotan bahan bakar terpantau selalu konsumtif.

2.IAPS (Intake Air Pressure Sensor).

Dengan fungsi kerja utama mendeteksi tekanan di sepanjang lubang masuk (INTAKE) agar jumlah penyemprotan bahan bakar disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Konsumsi bahan bakar berbeda antara pegungan dengan dataran rendah, untuk daerah pegunungan atau dataran tinggi akan cenderung membutuhkan bahan bakar yang lebih ekonomis  dibandingkan dengan di daerah dataran rendah seperti jakarta. Sensor ini bekerja sesuai tekanan udara yang ada di intake, sehingga saat filter udara dilepas juga akan mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar.

3. IATS (Intake Air Temperature Sensor)

IATS bertugas mendeteksi suhu udara yang masuk kedalam ruang bakar untuk mengukur densitas udara. Jika kita bepergian ke daerah yang lebih dingin maka kondisi suhu mesin harus beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitarnya dengan cara konsumsi bahan bakar sedikit dikurangin agar suhu mesin tetap stabil, begitu juga sebaliknya jika motor yang biasa dipakai di dataran tinggi atau suhu dingin maka saat jalan di dataran yang bersuhu tinggi suhu mesin harus tetap stabil dengan cara meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Lihat motor karburator atau manual, saat kita jalan dari jakarta ( suhu panas ) menuju puncak bogor (suhu dingin) maka kondisi akslerasi motor pasti akan berubah karena motor manual tidak menyesuaikan kondisi lingkungan dengan otomatis, kita harus seting manual agar motor tetap stabil.

INJECTOR.

injektir r15

Injetcor berfungsi untuk menyuplai bahan bakar dengan mengabutkan bahan bakar yang mengalir dari selang bahan bakar dari fuel pump ke ruang bakar. Jumlah semprotan bahan bakar yang keluar dari injector sesuai perintah dari ECU, ECU memerintah injector sesuai sinyal yang diterima dari sensor2 seperti TPS dan sensor2 MAQS. Injector R15 memiliki 6 lubang dengan sudut penyemprotan 15 derajat.

Advertisements

1 KOMENTAR

    • ini perkiraan dulu ya…penerawangan saya.
      cukup ganti tangi dan fuelpump assy, injector tidak perlu karen sama 6 lubang.
      untuk dudukan tangki berbeda, kalau tangki ovi saat dibuka posisinya nungging tapi untuk tangki R15 miring ke kanan jadi perlu modifikasi dudukan tangki.

    • bisa tapi saya nggak sarankan itu tetap saja menguras setrum aki, jika pakai lampu HID lebih baik pakai part pendukung agar pengisian aki normal dan aki tidak soak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here