1326879629786553612

Tikus menjadi salah satu faktor penyebab motor mogok ? sepertinya hal aneh buat kang bro,mosok tikus bisa bikin motor mogok. Yang kita ketahui hal yang lazim motor bisa mogok biasanya karena busi mati atau tidak ada pengapian,bensin habis atau piston macet.

Tapi kejadian ini fakta dan bukan hal yang aneh lagi karena sering terjadi, yaitu tikus makan kabel body motor. Pertanyaannya kenapa tikus suka makan kabel body motor ? apa karena motornya bau amis, bisa juga tikus2 kantor yang suka korupsi,xixixixi….

Tadi pagi langganan kang ari datang sambil dorong motor soul gt-nya, langsung saja kang ari samperin dan langsung di investigasi. Yang punya motor ternyata sudah tahu kalo motornya mogok karena kabel bodynya di gigitin tikus sambil nunjukin posisi kabel yang di mangsa tikus. Dengan nada menyesal konsumen kang ari tanya harga kabel body motor soul gt-nya, lawong kang ari bilang kalo tikusnya keterlaluan kabel motor dibantai sampai putus semua,cekidot gambarnya…

P1080164

Kondisi kabel seperti itu jika disambung-sambung akan ada resiko konslet, terutama jika tembus air dan air masuk ke rangkaian kabel bisa menyebabkan konslet. Ternyata selain doyan uang dollar,tikus juga doyan makan kabel jika kelaparan, pantesan uang negara habis dimakan tikus2 lapar.

P1080165 P1080162

Kang ari coba jabarkan kenapa tikus bisa makan kabel body motor. Yang pertama kondisi motor trondol, body dilepas sehingga kabel body jadi bebas tidak ada pelindung, lawong yang bodynya utuh saja masih ada tikus yang suka nyelip lewat celah2 body agar bisa masuk ke motor dan makan kabel body. Yang kedua kondisi rumah kita banyak tikus dan jangan sekali2 bantai/bunuh tikus di rumah karena banyak yang bilang kalo tikus suka balas dendam kalo temannya ada yang dibunuh, jadi kalo di rumah banyak tikus, pakai jebakan tikus saja jangan langsung dibantai.

Ini ada yang lebih ekstrim lagi, tikus bikin sarang di kolong spakbor belakang motor mio gt, sampai nyimpen sayur kikil, ayam bahkan tulang ikan tulang ayam juga….artikel klik disini.

 

Info singkat semoga bermanfaat buat kang bro.

 

Advertisements

23 KOMENTAR

  1. klo…kenalan saya ,vario 125 Fi nya yg digigiti tikus salah satu kabel bodinya lalu konslet dan hasilnya ganti ECU nya…., bobol deh..dompetnya….

  2. Berbagi pengalaman ke sesama mekanik neh kang Ari,
    Kabel2 yang sering banget putus di gigit tikus:
    Kabel Switch standar samping Honda Beat Fi. Gejalanya Aki normal tapi ga bisa Stater & Pengapian ga ada(mogok)
    Kabel Lampu Belakang Vario Fi (sen,Lampu plat nomer) bisa bikin sikring 10A meter assy putus,
    gejala Ga bisa stater,Panel speedometer ga nyala,tapi motor masih bisa hidup pake kick stater.
    semoga berguna..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here