KAMPAS REM (3)

Saat kita injak pedal rem dan timbul bunyi berdecit, biasanya kita berfikiran kalau kampas rem habis coba cek dulu ketebalan kampas remnya.

Kali ini saya akan coba kasih informasi singkat seputar kampas rem belakang, dulu pernah saya bahas tentang cara deteksi ketebalan kampas rem belakang di artikel, ”

Cara Deteksi Tingkat Keausan Kampas Rem Belakang

kampas rem belakang (4)

Jika indikator ketebalan kampas rem belakang masih menunjukkan kampas rem masih tebal tapi saat kita injak rem timbul bunyi berdecit maka bisa dipastikan kalau kampas rem dalam kondisi kotor. Kampas motor bisa kotor ada beberapa faktor yang pertama karena kampas rem yang aus akan menimbulkan debu2 dan debu bekas kampas rem ini akan menempel di sepatu kampas rem dan permukaan tromol alhasil mengakibatkan bunyi berdecit.

KAMPAS REM (2)

Kampas rem bunyi berdecit juga bisa timbul karena motor sering melewati genangan air terutama di musim hujan atau banjir, kotoran di air keruh serta lumpur masuk ke tromol dan kondisi didalam tromol serta kampas rem jadi kotor bahkan sampai timbul kotoran seperti karat jika didiamkan terus tidak bersihkan maka kotoran akan semakin menumpuk dan menimbulkan bunyi berdecit.

Pastikan ketebalan kampas rem masih tebal bisa dilihat dari indikator ketebalan kampas rem. Jika masih tebal maka kampas rem cukup dibersihkan saja, jika tidak bisa bongkar sendiri maka bawa saja ke bengkel untuk proses pembersihan kampas remnya. Kampas rem diamplas sampai bersih kemudian permukaan tromol tidak luput dibersihkan juga diamplas sampai bersih. Untuk dudukan kampas rem ( tutup tromol bisa dibersihkan menggunakan sikat kawat agar kotoran yang dicelah2 bisa bersih jika ada bensin bisa di cuci pakai bensin khusus untuk tutup tromol ini. Untuk kampas rem dan tromol jangan dicuci pakai bensin. Jika proses pembersihan kampas rem sudah selesai pasang kembali kampas remnya.

KAMPAS REM (1)

Jadi rem berdecit belum tentu kampas remnya habis.

Semoga bermanfaat.

 

35 KOMENTAR

  1. jujur, rem yamaha emng enak pakem euy…
    cuma sayang ini kampas rem NVL knp cepet bngt abisnya, masa tiap 3 bulan ganti…
    sbnrnya ini normal ga bro ari?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini