filter udara

Filter udara memiliki fungsi menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih. Udara yang disaring tadi kemudian akan menuju ke ruang pembakaran dengan bahan bakar. Dengan bercampurnya udara dan bahan bakar, maka kedua zat ini akan berubah menjadi gas lalu menuju ruang silinder.Kalau udara yang masuk bercampur dengan debu, pasir atau kotoran lain, akibatnya bisa fatal. Piston, ring piston dan dinding silinder menjadi aus atau baret. Itulah kenapa fungsi filter udara sangat penting.

Jika filter sudah sampai mampet karena banyak kotoran yang menempel maka udara tidak akan bisa masuk ke ruang bakar untuk sebelumnya bercampur dengan bensin sebelum dibakar di ruang bakar. Bensin bisa terbakar sempurna jika ada udara, tanpa udara maka api tidak akan menyala. Oleh karena itu cek selalu kondisi filter udara agar kondisi motor kita tetap stabil.
filter udara.
Terutama untuk filter udara yang tipe basah cek selalu maksimal setiap 10ribu km meskipun anjuran dari pabrikan kalau filter udara bisa bertahan maksimal 16 ribu km, tetapi itu dilihat dulu kondisi lingkungannya karena sesuai pengalaman saya kalau filter udara di 10 ribu km sudah mulai numpuk kotorannya.Filter udara tipe basah tidak boleh dibersihkan dengan di semprot angin bertekanan seperti filter udara tipe kering. Filter udara tipe basah jika disemprot dengan angin justru kotorannya akan mengendap di celah2 kertas filter dan bikin mampet.
Last jangan abaikan filter udara…

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here