kampas rem belakang (1)

Jika saat menginjak pedal rem belakang timbul bunyi decit atau bahkan pengereman sudah tidak pakem, coba cek kondisi kampas remnya apakah sudah habis atau masih tebal. Jika masih tebal berarti kampas rem bunyi karena kotor saja. Bukan berarti kampas rem habis setiap menginjak pedal rem timbul bunyi decit, mungkin karana kotor saja, monggo disimak cara mengecek ketebalan kampas rem belakang.

Kali ini saya akan membahas cara mengecek ketebalan kampas rem belakang tipe tromol untuk motor bebek dan motor sport. Mudah kok…lihat gambar dibawah. Ketebalan kampas rem belakang bisa dilihat dari “indikator keausan”.

Cara pengecekannya, di tutup tromol roda belakang ada indikator keausan terdiri dari plat indikator dan dua tanda garis ketebalan kampas rem di tutup tromol, garis pertama tanda kampas sudah habis( lihat gambar dibawah) tanda yang kedua kampas rem masih tebal. injak pedal rem belakang kemudian lihat posisi indikator keausan dalam posisi pedal rem masih diinjak.

1. Jika posisi indikator keausan menunjukkan garis didepan atau garis pertama maka kondisi kampas rem masih tebal, jika posisi indikator keausan berada ditengah2 antara kedua garis maka keausan kampas rem masih 50% saja. Lihat gambar dibawah contoh kampas rem masih tebal.

kampas rem belakang (4)

2. Jika indikator keausan berada di garis paling belakang maka kondisi kampas rem sudah habis atau tipis, saatnya diganti baru. Lihat gambar dibawah contoh kondisi kampas rem sudah hampir habis. Biasanya sudah timbul decit saat injak rem.

kampas rem belakang (3)

Kampas rem tromol ( brake shoe ) saat dibongkar seperti masih tebal jika dilihat secara kasat mata, padahal kampas remnya sudah tipis dan jika dibiarkan maka kondisi tromol yang akan semakin aus. Lihat gambar dibawah ini, ini adalah kondisi kampas rem yang sudah habis tapi sepatu kampas rem masih terlihat tebal.

kampas rem belakang (2)

Sudah tahu to… cara mengetahui kondisi ketebalan kampas rem belakang tanpa melototin langsung kampasnya.

Semoga bermanfaat.

 

Advertisements

31 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here