iklan iwb

Filter-udara-BeAT

Filter udara memiliki fungsi menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih. Udara yang disaring tadi kemudian akan menuju ke ruang pembakaran dengan bahan bakar. Dengan bercampurnya udara dan bahan bakar, maka kedua zat ini akan berubah menjadi gas lalu menuju ruang silinder.Kalau udara yang masuk bercampur dengan debu, pasir atau kotoran lain, akibatnya bisa fatal. Piston, ring piston dan dinding silinder menjadi aus atau baret. Itulah kenapa fungsi filter udara sangat penting.

fu beat

Pada Honda BeAT, filter udara yang digunakan adalah tipe kertas basah. Sama seperti motor-motor baru kebanyakan. Filter udara tipe basah ini punya keunggulan bila dibandingkan dengan filter udara busa, yaitu pori-porinya berukuran lebih kecil daripada filter busa. Sehingga dapat lebih baik dalam proses penyaringan udara.

Untuk perawatannya, filter udara tipe kertas yang dipakai di Honda BeAT, harus diganti secara berkala tiap 15.000 km,jangan membersihkan filter udara secara manual. Adanya oli khusus yang melapisi filter kertas membuat filter kertas tidak dapat dibersihkan dengan dilap ataupun disemprot kompresor. Karena kandungan olinya bisa hilang dan akibatnya penyaringan menjadi terganggu. Makanya maksimal 15.000 kilometer filter udara ini harus diganti.

fu beat1

15.000 kilometer itu sekitar satu sampai satu setengah tahun. Lumayan lama kan! Harga filter udara tipe basah yang digunakan di Honda BeAT ini juga tidak terlalu mahal. Cuma Rp 43 ribu saja!

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. swiiip..murah cuma 40ribuan..
    kalo spacy berapa km bang?dulu waktu km menyentuh angka 8 ribuan,spacy ibu saya sempat mogok,setelah saya bawa ke beres,ternyata karena filternya kotor,padahal saya rutin servis tiap 2000 km,apakah bener filter kotor bikin motor mogok?malu juga euy motor masih baru kok dituntun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here