motor_yang_akan_di_test_uji_bbm_1_640

Pada saat kemunculannya GT125 sempat bikin heboh gara2 tes pengujian konsumsi BBM yang dilakukan oleh ITB Bandung. Kang ari juga pernah bahas disini GT125 Tembus 78,98 km/liter ? Lebih Irit Dibandingkan Kompetitor. Kompetitornya sopo ?. Nach uji konsumsi tersebut didapatkan dengan jalan konstan beberapa kilometer seperti yang saya kutip di majalah Motodream. Monggo disimak…

yamaha_gt_125_ditimbang_kembali_sesudah_melakukan_test_5_lap_1_640

Prosedur pengujian yang di lakukan Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri – Institut Teknologi Bandung (LAPI ITB) dengan kegiatan “Pengujian Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor” sebagai berikut:
•    Sepeda motor di kuras bahan bakarnya dan di ganti dengan bahan bakar premium (RON 88) diisi sampai penuh.
•    Sepeda motor di pompa bannya dengan tekanan tertentu sesuai standart pabrik.
•    Sepeda motor di periksa konstruksi, suspensi, handling, lampu-lampu, rem, mesin dan perlengkapan lain untuk menjamin keamanan keselamatan pengendara.
•    Sepeda motor di timbang dalam keadaan kosong tanpa pengendara atau perlengkapan pengendara.
•    Sepeda motor di bawa ke garis start dalam keadaan mesin mati.
•    Sepeda motor uji dihidupkan mesinnya pada garis start sesuai aba-aba yang di berikan kordinator, dan di jalankan secara satu persatu dengan di bedakan jeda kurang lebih 5 detik dari sepeda motor pertama dan selanjutnya.
•    Sejauh 5 putaran (sekitar 20 km) dengan kecepatan rata-rata sekitar 30 km/jam, lalu kembali ke finish dan di timbang.
•    Kemudian di lakukan ulang dengan kecepatan 40km/jam
•    Kemudian di lakukan ulang dengan kecepatan 60km/jam
•    Kemudian di lakukan ulang dengan kecepatan 80km/jam
•    Jika terdapat data yang meragukan maka pengujian untuk metode tersebut diulang.

yamaha_gt_125_di_timbang_sebelum_melakukan_test_1_640
Dari hasil roadtest data yang diperoleh : Secara umum Yamaha Soul GT adalah motor paling hemat dengan konsumsi bahan bakar pada kecepatan rata-rata 40-60 km/jam sebesar 83,6 km/liter.
Sedangkan Yamaha GT 125 hampir sama hemat bahan bakar dengan Yamaha Soul GT, lebih hemat Yamaha Soul GT di karenakan cc motor Soul GT 113cc sedangkan GT 125 dengan 125 cc, perbedaan bahan bakar di karenakan cc yang lebih besar.

Nach itukan versi disentul,kita tunggu review versi anak jalanan,blogger juga lagi touring tuch malang – bali kita tunggu saja hasilnya,monggo disobek sobek….

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Gak punya gt, adanya x-ride dapat rata2 1 : 45km full pertamax pemakaian dalam kota Surabaya plus tangan kanan gak pernah disekolahin,.

  2. irit/ boros sy g masalah.lha wong wes seneng motore.mioq kadang irit kadang agk boros…tergntung spbu jg kyane…
    1 vote gt125 keren.#kepingin je….

  3. pengalaman pke Xeon Rc jg gtu. lari 60kpj jalan solo boncengan 3 sm ponakan kecil per liter nyampe 50an lbh. cz kecepatan segitu bukaan gas cm dkit..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here