ymjet-fi

Banyak pertanyaan dan minta ulasan yang masuk ke warung kang ari mengenai YMJET FI yang katanya irit bahkan bisa irit mengungguli kompetitor , seperti pada motor GT125 yang baru saja diloncing bisa tembus sampai 78,98 km/liter pada kecepatan konstan 40kpj sesuai pengetesan yang dilakukan ITB bandung.Pertanyaannya kok bisa irit ? monggo bareng2 kita bahas.
Kita mulai dari cara kerja YMJET-FI. Pada throttle bodinya, YMJET-FI dirancang memiliki dua katup butterfly. Upstream throttle body atau katup primer terletak di moncong throttle body yang dekat dengan filter udara, sedang downstream throttle body atau katup sekunder mengarah langsung ke intake manifold atau pada YMJET-FI disebut dengan main air passage.
Kedua katup ini mulai bekerja ketika selongsong gas dibuka. Saat throttle terbuka kurang dari 10 persen maka hanya katup primer yang terbuka. Aliran udara yang masuk ke ruang bakar lewat selang air assist passage tanpa lewat intake manifold. Kondisi ini bertahan sampai putaran mesin 4.000 sampai 5.000 rpm.

qw
Makin dalam putaran gas dibuka, maka katup sekunder akan mulai terbuka. Dalam kondisi ini aliran udara mulai masuk lewat intake manifold. Sedang kerja selang air assist passage secara perlahan benar-benar berhenti setelah selongsong gas dibuka penuh.
Pada putaran rendah, aliran udara sengaja dipaksa melewati selang air assist passage. Tentunya untuk mendapatkan asupan udara yang efisien. Tidak kebanyakan tapi memiliki tekanan yang lebih besar,makanya konsumsi bbm bisa ditekan.
Apalagi selang air assist passage juga mampu memberikan efek turbulensi dan didukung dengan fuel pump baru dengan tekanan lebih tinggi, mencapai 324 Kpa. Akhirnya kabut bahan bakar jadi lebih halus, pembakaran makin sempurna. Torsi jadi mantab tapi efisiensi bahan bakar didapat.

61
Jadi jangan heran kalau putaran bawah Matic yamaha ini terasa lebih responsif. Putaran mesin tidak perlu terlalu tinggi untuk membuat skubek baru Yamaha ini melaju.Efisiensi pada putaran rendah yang disasar Yamaha ini sesuai dengan cara berkendara normal sehari-hari. YMJET-FI sangat efektif di economic zone, yaitu di kecepatan 20 sampai 55 km/jam.
Langsam Diatur Idle Speed Control.Diatas dijelaskan kalau katup primer dan sekunder bekerja mengalirkan udara saat selongsong gas mulai diputar. Padahal saat langsam, kedua katup ini menutup. Nah, pada kondisi seperti ini, aliran udara diatur oleh Idle Speed Control. Udara dialirkan melalui selang air assist passage. Perangkat ini menjaga agar saat langsam, putaran mesin tidak lebih dan kurang dari 1.600 rpm. Biar lebih jelas cara kerja ymjet-fi lihat video dibawah ini,


Kinerja YMJET FI diatas bisa kompak dan bikin irit bbm tetapi performa motor tetap mak nyus… karena didukung dengan adanya banyak sensor,dengan banyak sensor ini maka setiap kinerja mesin selalu terkontrol dengan sempurna jadi semakin banyak sensor maka kinerja motor jadi lebih baik. Tidak heran jika putaran motor Matic injeksi lebih tinggi, konsumsi listrik menjadi lebih rendah dan suara motor lebih halus serta konsumsi BBM lebih irit. Lalu apa saja komponen utama Matic injeksi dari yamaha yang membuat motor kita irit dan tetap kencang,monggo disimak…
siapin kopi dan kacang dulu ya…
Fuel Pump

fuelpump
Mio J menjadi salah satu motor matik di Indonesia yang memiliki kapasitas tangki bensin lebih besar yaitu 4,8 liter. Untuk mendukung hal itu, Mio J mengadopsi teknologi brushless. Apa itu teknologi brushless? Teknologi ini merupakan teknologi untuk menunjang kehandalan motor listrik yang memiliki fuel pump. Teknologi ini unggul karena pada bagian commutator tidak terdapat brush (arang) dan mekanismenya diatur oleh microcontroller, sehingga putaran motor lebih tinggi, konsumsi listrik lebih rendah, dan suara motor lebih halus.Dan untuk filter fuel pump disarankan untuk diganti jika sudah kotor/mampet,apalagi jika tangki kemasukan air filter musti diganti kang bro.Harganya 65ribu belum termasuk ongkos pasang.

Fuel Injector

61
Dibandingkan dengan saudara tertuanya yang sudah mengadopsi teknologi FI yaitu Vixion, Matic injeksi yamaha ( MIY) memiliki lubang injector lebih sedikit sekitar empat lubang, sedangkan Vixion memiliki enam lubang. Perbedaan ini menyesuaikan kapasitas mesin yang lebih kecil dari MIY sehingga kebutuhan bahan bakar dapat terkontrol dengan baik dan lebih efisien.Dan satu lagi yang membedakan dari injektor vixion bahwa di teknologi YMJET-FI hasil pengabutannya seperti kabut sehingga pembakaran jadi lebih sempurna dan lebih irit.

MAQS

maqs
Apa itu MAQS? MAQS merupakan singkatan dari Modulated Air Quantity Sensor. MAQS bekerja secara simultan untuk menganalisa jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold.Letaknya di throttle body kang bro.
Brushless MAQS bekerja tidak sendiri, namun dibantu tiga komponen lainnya yaitu:
1.TPS (Throttle Position Sensor) yang bertugas membaca bukaan sudut throttle.
2.IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dengan fungsi kerja utama mendeteksi tekanan di sepanjang lubang masuk (INTAKE) dan bekerjasama dengan sensor yang lain untuk menentukan posisi TMA (Titik Mati Atas).
3.IATS (Intake Air Temperature Sensor), bertugas mendeteksi suhu udara yang masuk kedalam ruang bakar untuk mengukur densitas udara.

Engine Temperatur Sensor

sensor
Alat ini bekerja untuk memantau suhu mesin. Bekerja menjaga asupan bahan bakar agar selalu sesuai dengan kondisi mesin.Jika ada overheating maka alat ini akan memberi sinyal ke ECU atau biasanya lampu MIL di speedometer akan berkedip. Posisi alat inidi cylinder head kang bro.

ECU

v-ixion_ecu
ECU (Electronic Control Unit) adalah otaknya motor.ECU memonitor dan menganalisa sinyal yang diterima dari berbagai sensor kemudian meneruskan perintah ke komponen actuator group(injektor,fuelpum,koil,dll).Penggunaan ECU pada sistim FI ini juga mempunyai program yang terintegrasi dengan FI Diagnostic Tool soft ware Dan data/riwayat kerusakan motor dari pertama kali di pakai oleh kang bro sampai data terakhir hari ini di pakai pulang kerja masih tersimpan oleh ECU,mantep to kang… karena ECU mempunyai kapasitas penyimpanan data sampai 2G.

O2 Sensor

o2 sensor
O2 sensor mempunyai tugas menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu pas. Penjelasannya, setelah O2 sensor memberikan informasi ke ECU, kemudian ECU memberikan campuran bahan bakar yang ideal sesuai instruksi O2 Sensor. Sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.Dan alat ini pula yang membuat motor lebih irit.

ISC

isc
ISC bisa dibilang adalah cuk otomatisnya untuk motor matic ,letaknya di throttle body tepatnta di atas MAQS.Kondisi saat ISC bekerja adalah sebagai berikut:
1. Saat kondisi Idling saja / saat katup butterfly primer dan katup butterfly sekunder tertutup secara sempurna.
2. Aliran udara antara katup butterfly primer dan katup butterfly sekunder akan melalui celah ISC.
3. ISC bekerja dengan bergerak secara steping motor maju dan mundur berdasarkan kondisi temperatur mesin.
4. Saat kondisi temperatur mesin dingin, jalur ISC terbuka penuh dan udara yang dapat melalui jalur ISC lebih banyak.
5. Saat kondisi temperatur mesin meningkat, jalur ISC semakin menutup sesuai steping motor dan temperatur mesin, sehingga udara yang dapat melalui jalur ISC semakin sedikit.

Crank Angle Sensor

Untitled
Crank Angle Sensor adalah sensor yang mempunyai sebuah pick up coil dan pick uprotor. Crank Angle Sensor bekerja saat pick up rotor berputar (seiring putaran crankshaft) dan melewati pick up coil, pada saat itu sistem ini mampu menghasilkan energi listrik sekaligus sinyal posisi crankshaft bagi ECU.Bahasa jawanya ”bak magnet” (maklum wong ndeso) Adapun fungsi sistem ini antara lain:
1. Mendeteksi posisi sudut crankshaft, dan juga posisi TMA (Titik Mati Atas) saat mesin baru saja dinyalakan.
2. Mendeteksi putaran mesin.
3. Menghasilkan energi listrik.

Sudah paham to kenapa YMJET FI bisa bikin irit…

Jadi semakin banyak sensor maka kinerja motor semakin sempurna semua pergerakan selalu terkontrol sehingga saat kita jalan dalam kondisi cuaca apapundan ketinggian seperti di pegunungan motor yamaha tidak perlu setel CO lagi karena penyemprotan bahan bakar sudah disesuaikan secara otomatis oleh teknologi YMJET FI, dibandingkan honda yang minim sensor yang perlu melakukan setting ketinggian secara manual,di antaranya Honda Vario Techno 125 dan Spacy PGM-FI dan juga Supra X 125 Helm-In.

Advertisements

73 KOMENTAR

  1. .agak susah kalo di bawa di Surabaya, banyak macet gak separah jakarta seh,.tapi tetep gak bisa konstan kecepatannya
    .kira2 dapat brapa yah kalo gitu

  2. bagus ulasannya, yg awam jadi ngerti, pantesan penjualanan eagle eye melebihi target YIMM, saya liat di websitenya. semoga dengan artikel ini banyak yang mengerti dan paham bahwa irit bukan hanya dimiliki honda saja, namun produk lain sudah lebih irit lagi. jooos..!

  3. Meski berdasarkan hasil tes GT 125 jarak tempuhnya bisa tembus diatas 75KM perliternya, tapi praktek nyata pada pemakaian hariannya cuma separuhnya kang… apa gunanya saat dites bisa sampai 78 KM perliter tapi untuk kita pakai sehari-hari hanya berkisar antara 37-42 KM perliternya. yang konsumen butuhkan adalah fakta saat dipakai konsumen, bukan hasil tes yg cuma buat memperindah brosur penjualan semata. saya pemakai Xeon RC tahun 2013, jadi tau betul. o ya, meski konsumsi BBM-nya terhitung boros untuk ukuran injeksi, tapi saya cukup puas dengan performa Xeon RC. Diajak nanjak kuat, akselerasi juozz dan remnya pakem banget…

  4. ini termasuk : VLIM (variable length intake manifold) di indonesia br ini yg pake. Dan cocok di kombinasi dg matic transmisi.
    Apbl di aplikasi utk mobil (4 cyl ato lbh) …. beda bgt irit & powerfull , aplg kombinasi dg Dual Clutch matic.

    Sayang…mbl indent gila2an… pelit technology…. imho

  5. honda iritnya bisa di tes langsung. injeksi kalo mau irit pake motornya yang bener. jan asal geber geber. kan injeksi itu semakin dibuka gas nya, intake bensin semakin banyak ke dapur pacu nya. lagipula kalaupun ym jet fi sebegitu canggih nya, kenapa gak di bikin motor yg kayak honda yang bisa tahan banjir walaupun air masuk ke knalpot? honda beat dan supra x 125 fi dan supra x helm in udah sama tes di banjirnya langsung. mesin gak kenapa kenapa tuh. tapi sama tes mio gt sama mio j ke.banjir, air ke kenalpot langsung mati. injeksi kan harusnya tahan banjir karena pompa bensinnya udah di tangki. bukan di bawah lagi

  6. ane yang punya GT 125 dh sebulan….emang tenaga gk di ragukan tinggAL BETOT GAS LAGSUNG NGIBRIT….tapi bensiny jg ngibrit habisya cepet hehehe….bt ane yang tiap hari PP kantr ke rumah 60-65 km GT 125 tergolong boros masbro semua karna untuk PP 60 km isi premium full..bisa bt PP doang heheh pemakaian riding biasa….jln.bekasi -jakarta macet..kecptn max 60 itupun jrg2 60km hehehe….

  7. Saya juga pake GT 125, dari rumah ke tempat kerja 25 km (Ciledug – Jakpus), karena jalan macet jadi rata2 kecepatan 40-50 kpj, pake pertamax isi 30 ribu (2.69 liter) untuk 2 PP

  8. pg semua saya mau kash kbr terbaru..nih tentg pemakain GT 125 br agak lebih irit….slm 1bulan saya pelajari karkteristik GT 125 akhry saya menemukan cara bikin GT 125 lbh irit…untuk pemakain sehari2…1..saat angkatan jgn terlalu membuka grip gas terlalu dlm (slow aj) rasakan putrn mesiny…karna karkter GT125 gas di buka dikit pun dia dh ngacir 30-40km.2.waktu berkendara jaga kecptn diantr 20-60 km dgn bukaan gas..yg slow jgn menghentak.(mbetot gas) scr dalem2.memang sih cara ini trelalu susah bagi yag tak terbiasa…seperti saya,tp setlh slm 2hari ini saya mencoba hasily sunggung bikn hati saya seng GT 125 yg kmrn saya cm dpt kr2 35-36km /litr dgn cara yg saya terpkn td di atas GT 125 saya bisa +-50 km perliter…ini saya buktikn sendiri rute dari Bekasi utara-cempk puth jarta timur yang rute jalny setp hari macet…terimakasih…mg bermanfaat..selmt pg selmt beraktifitas….

  9. saya juga pemakai GT 125 mas bro, baru sebulan. Rumah – kantor – rumah, cileduk-sunter-cileduk kira kira 64 km. Isi premium 15 ribu masih bisa pp, lebih dikit. Artinya cuma dapet 32 km / liter ya… Isi pertamax dapet segitu juga. Padahal udah pake gayanya bro chiko.
    Ada saran barangkali…?
    Tks.

    • Makasih infonya bang bobby steven, betul itu, sy. jg coba nanyain ke delaer/servicenya, jawabannya, sama.
      Sekarang sy punya masalah baru, gini :
      setelah saya coba/pakai ni motor ( gt 125 eagle eye) sy rasa, sy tidak nyaman dengan motor ini, mengapa ? :
      1. Ketika mengendarai, terasa seolah miring ke kanan (sy liat speedonya ngak lurus).
      2. Apabila tangan dilepas dua-duanya (lepas tangan) motor cenderung belok ke kiri mendadak (jadi liar) ?
      Mengapa ini terjadi, padahal sy tidak membawa beban berat, paling banyak boncengan dg istri yang bodynya tidak termasuk kelas berat. Ni tunggangan belum pernah diservice, belinya tgl, 19-08-2014
      Mohon pencerahanya dunk, Terima kasih.

      • kang bahri, saya juga penunggang gt125 si elang, pertama juga merasa demikian, tapi waktu aku ganti ban depan 90/80(agak dicoak dikit pada spatbornya), ama belakang 100/80, dan masalah teratasi, sekarang tinggal suspensi belakang yang dirasa kurang nyaman, pengen ganti punya xride, tapi masi nunggu info para baikers yang udah coba aplikasi tersebut,,,

  10. Ymjetfi menggunakan metode speed density untuk memghitung bensin shg byk sensor, honda menggunakan metode alpha-n shg sedikit sensor. Klo mobil skr pake airflow makanya ada MAF sensor. Itu alasannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here