nekat-terjang-banjir-di-slipi-belasan-motor-mogok-006-nfi

Musim banjir sudah tiba terutama didaerah kota2 besar , banjir bisa menghambat aktivitas kita sehari2. Banjir menjadi bencana buat kita semua ,kali ini kang ari mau bahas apa saja yang perlu kita cek setelah motor kita nerjang banjir.

Semua pasti tidak mau berharap banjir datang tapi kalau sudah datang kita harus siap menghadapinya terutama buat kita yang harus beraktivitas meskipun banjir tiba. Saat kita harus tetap beraktivitas dan terhalang oleh banjir mau tidak mau motor harus nyelem biar bisa lewat… kang bro musti perhatikan hal2 berikut setelah motor kang bro nglewatin banjir. Berikut tindakan awal setelah nerjang banjir :

1.Jika motor mbrebet setelah nglewatin banjir segera cek kondisi busi jika perlu ganti baru.

2.Cek kondisi filter udara,biasanya setelah nerjang banjir yang ketinggian air sampai diatas karburator maka wajib untuk bongkar filter udara tujuannya jika air membasahi filter udara maka filter udara bisa dilepas dulu jika suddah diberes segera ganti baru.

filter udara

3.Jika motor mbrebet atau bahkan mogok,bisa karena karburator kemasukan air, untuk tindakan awal bisa membuang air didalam mangkok karbu lewat lubang pembuangan,biasanya diujung bawah karburator ada baut plus / men ,buka atau kendorkan baut tersebut agar bensin yang tercampur air bisa keluar. Jika tidak bisa bongkar karbu maka segeralah bawa ke bengkel.

4.Dan ini yang paling penting ,cek kondisi oli. Jika air masuk ke bak mesin maka dipastikan oli akan bercampur dengan air dan karena perputaran maka oli ddan air bercampur jadi satu mengakibatkan oli berubah jadi putih (milky) yang bisa merusak komponen part jeroan motor.

oli (1)

 

5.Untuk motor matic,jika motor terasa selip atau motor tidak jalan padahal gas sudah dibejek , motor segera bersihkan bagian cvt-nya karena air masuk kedalam cvt mengakibatkan v-belt basah air dan selip.

Semoga berguna…

Advertisements

17 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here