filter udara

Filter udara memiliki fungsi menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih. Jika filter udara mampet tarikan / akslerasi jadi berkurang dan cenderung motor jadi mbrebet. Setiap pabrikan selalu memberikan buku panduan service disitu secara detail tertulis kapan waktunya kita service dan apa saja yang perlu kita ganti sesuai pemakaian km Β dan bulan.

Sekarang kang ari mau sedikit bahas tentang filter udara,filter udara sekarang ada tigs jenis yaitu tipe kertas kering,tipe busa dan tipe basah.Untuk motor injeksi sekarang sudah mulai memakai filter udara tipe basah karena lebih efisian dan simpel. Motor2 jaman dulu menggunakan filter udara tipe kering,filter ini bisa dibersihkan dengan udara bertekanan untuk tipe kertas dan dicuci untuk filter busa,kedua tipe filter ini mulai ditinggalkan karena kurang efisian dan butuh perawatan yang lebih dan justru lebih cenderung sangat jarang diganti jika bener2 belum rusak padahal filter tipe ini dianjurkan ganti setiap 10ribu km.

Filter tipe basah lebih efisian dan mudah perawatannya umurnya-pun lebih lama bisa sampai 15-16 ribu km. Pihak pabrikan menganjurkan penggantian filter tipe basah maksimal 16ribu km tapi banyak kok motor baru menginjak 10ribu km kondisi filter udara sudah penuh kotoran,contahnya seperti mio j ini(lihat gambar dibawah).Motor baru menginjak 10ribu km tapi filter udara sudah kotor ? kok bisa… ini faktornya :

1.Faktor kondisi lingkungan.

Lingkungan seperti dijakarta/perkotaan kondisi udara sudah tercemar baik dari asap2 kendaraan lingkungan yang padat serta polusi dari pabrik2. Motor diperkotaan pasti flter udaranya lebih cepat kotor dibanding dipedesaan/pegunungan.

2.Faktor pemakaian.

Maksudnya jika motor lebih sering dipakai bermacet2 ria polusi asap kendaraan langsung diserap filter udara,lebih mirip faktor no 1.

Jika motor sering melewati daerah yang kualitas udaranya kotor ( banyak berdebu ) seperti daerah yang pertambangan juga sangat berpengaruh.

3.Faktor perawatan.

Terutama untuk filter udara tipe kertas kering dan busa jika setiap 2ribu km tidak dibersihkan maka kotoran akan menyumbat kisi2 di filter kertas akhirnya filter jadi mampet.

filter udara filter udra

 

Jadi saran saya saat setiap service pastikan kondisi filter udara dicek kondisinya,bagi yang mau nambahin monggo…

Advertisements

42 KOMENTAR

    • Ketiga mtr tersebut sensor gear/switch netral beda semua dan tidak bisa saling subtitusi. Untuk jup.mx tipenya sama dgn semua mtr moped yamaha,untuk OV tipenya sama dgn rx-king dan scorpio,tapi untuk nvl pakai tipe baru,pakai sensor seperti di satria fu,bedanya klo fu di taruh d roda dpn dan nvl d gear box,tepatnya di gigi 5

  1. sharing aja nih kang ari… motor saya vixi yang seharusnya tipe basah saya ganti pake busa… emang tarikan lebih enak… paling resiko nya kotoran / debu halus bisa masuk ke box… walaupun begitu debu tsb masih bisa nyangkut di box filter.. soalnya kan daerah itu lumayan berminyak
    enak nya… saya cuma cukup cuci pake bensin atau detergent aja.. gak perlu ganti filter πŸ™‚

      • Sama kayak oli, saat mesin hidup walau gk jalan (odometer gk jalan), kan filter udara tetap berfungsi menyaring udara?

        Misalnya ada kasus extrim baru 7000 KM udh hitam banget, masa harus nunggu 3000 KM lagi baru ganti?

        Menurut ane indikator terbaik adalah dari penampakan kertas filternya, gk peduli odometer.

  2. Skywave ’10 ane dah lbih 27 ribu Km. msh bln diganti2 F.Unya coz kta mekanikny msh bagus?!?Ane mank rutin servis diservis resmi. PP ktr skitar 35 Km-an Koja JakUt ke harmoni JakPus. Pdhal rmh ane trmsuk tinggi polutannya coz bnyk container!?Mnurut mzbro baikny gmna??

  3. nek cbsf gatine per pirang km kang, terus regane piro nek ngerti.. mbien due sogun nek busa filtere rung ajur urung ganti. haha

  4. Mengapa kalau m0nt0r saya di kasih filter udara malah mberebet. . . Kalau gx di kasih ya lancar2 ajha. . .
    M0h0n pencerahanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here