radiator (1)

Kali ini kang ari mau kasih tips buat para bikers yang motornya berpendingin radiator,simak ya. Ceritanya kemarin ada konsumen motor vixion ngeluh kalo suhu motor terlalu panas tidak seperti biasanya dan kondisi lampu MIL nyala kedip terus saat mesin sudah panas. 

Radiator sangat berperan penting dalam proses menurunkan dan menstabilkan kondisi suhu mesin,jika suhu mesin terlalu panas maka akan berakibat over heating dan part2 yang bersegesekan seperti piston rawan aus.Untuk motor sport sekarang sebagian besar sudah memakai radiator bahkan moped dan matic pun sudah banyak yang pakai piranti ini,radiator menjadi salah satu fital saat kena macet,saat kejebak macet motor dipaksa mesin dalam kondisi nyala terus tanpa ada pendinginan dari laju angin seperti saat motor melaju sehingga salah satunya pendingin selain oli mesin yang berperan penting ya cuma radiator.

radiator (2)

Cek selalu kondisi air radiator,saat service rutin tanyakan selalu kondisi radiator dan air radiator kepada mekanik.Air radiator disarankan diganti atau dikuras maksimal setiap 9ribu km atau 6bulan sekali lach… selain teratur mengganti air radiator jangan sepelekan juga kondisi luar (kondisi fisik) radiator,pastikan radiator dalam kondisi bersih bebas dari kotoran bertumpuk karena kotoran bertumpuk bisa mengurangi kinerja pendinginan diradiator dan yang paling parah adalah kipas bisa meleleh dan macet , kok bisa ?

radiator (4)

Kondisi musim hujan seperti saat ini motor sering berjibaku dengan kubangan yang berimbas kondisi motor jadi kotor,kotoran pada nempel diradiator jika kotoran tidak segera dibersihkan maka kotoran akan bertambah dan semakin mengeras karena kering.Di radiator ada komponen kipas radiator,kipas ini akan berputar saat kondisi suhu mesin panas kemudian sensor suhu memerintah kipas untuk berputar,tapi karena ada kotoran yang mengganjal dikipas maka kipas tidak berputar padahal kipas harus terus berputar karena sensor suhu masih memerintahkan kipas untuk berputar alhasil kipas jadi semakin panas karena kumparan didalamnya yang berakibat kipas lama kelamaan akan meleleh dan macet,jika kipas macet maka suhu radiator tidak bisa dikontrol dan mesin jadi over heating.Lihat contohnya kipas CBR150 yang meleleh dibawah ini (ini contoh lo…bukan BC ).

1497723_612102742188344_308162534_n

Ini sedikit tips dari kang ari untuk merawat radiator tetap fits,

1.Ganti air radiator maksimal 9ribu km atau setiap 6bulan sekali.

2.Setelah diajak hujan-hujanan ( lewat kubangan ) segera cuci motor pastikan radiator bersih terutama bagian belakang yang ada kipasnya.

3.Jika pakai pelindung radiator pastikan pelindung itu tidak merusak dan menghambat laju kipas radiator,pelindung radiator lebih mudah menimbun kotoran dikisi2 radiator.

4.Untuk motor yang pakai fairing,saat nyuci motor sering melupakan posisi raditor karena susah dijangkau terhalang oleh fairing.pastikan kondisi radiator bagian belakang tetap bersih jangan hanya dilihat bagian depan saja.

radiator (3)

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. info bgus kang,,di cari dulu masalahnya baru buat artikel.bloger joss…buat contoh nich buat bloger2 lain.gk tau mslhnya lgsg bikin artilel.

  2. Intinya walau motor sebagus apapun,semahal apapun klo make nya jorok minimperwtan ya ky gni.. Tp aneh nya orang sllu yg di salahin kualitas motor jelek.. Ternyata yg jelek itu orang ygkurang merhtikan tunggangn nya sendri..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here