air-terjun-10

Air sangat bermanfaat bagi kehidupan kita,tidak bisa dibayangkan jika tidak ada air . Tapi air juga mlah sering jadi pantangan buat para bikers,paling air bermanfaat buat mandiin motor,bagaimana jika air masuk kedalam mesin motor ? AMBROOOL…

Jika air masuk ke dalam ruang karbu efeknya motor mbrebet2 bahkan bisa mogok,yang lebih bahaya lagi jika motor injeksi didalam tangkinya kemasukan air,bisa2 fuel pump macet injektor mampet,weleh2… harganya mahal je… Lalu apa saja bahayanya air buat motor,monggo kita bahas.

1.Motor karbu lebih beruntung karena tidak ada perangkat elektronik yang sangat signifikan dibandingkan motor injeksi. Untuk motor karbu biasanya air masuk lewat filter udara ( bok filter udara ) terutama jika kondisi hujan atau banjir,efek yang ditimbulkan motor mbrebet berujung mogok jika air yang masuk ke filter udara dan karburator terlalu banyak.Jika terjadi hal seperti ini segeralah kang bro ganti filter udara dengan yang baru dan karburator segera dibersihkan.Jika tidak segera ditanggulangi maka air akan ikut terbakar diruang bakar dan semakin lama akan menimbulkan scratch / luka di piston bahkan klep bisa bengkok karena kompresi yang terlalu tinggi karena air tidak bisa  langsung ikut terbakar justru air akan beterbangan di ruang bakar sehingga menimbulan over kompresi.

Sedangkan untuk motor injeksi lebih berbahaya dibandingkan motor jenis karburator,hampir sama dengan kejadian diatas tetapi untuk motor injeksi ada tambahan lagi yaitu bagian injektor bisa mampet,jika injektor mampet yo pasti motor mogok dan kang bro tahu sendiri harga part injektor mahal.Jika injektor masih bisa dibersihkan dengan injektor cleaner maka kang bro masih beruntung.

P1080117

2.Jika air masuk didalam ruang mesin,untuk motor karburator maupun motor injeksi nasibnya sama,biasanya air masuk kedalam ruang mesin lewat lubang pernafasan di crankcase,biasanya selang pernafasan ini disalurkan ke bok filter udara,sehingga kasus air masuk kedalam mesin biasanya terjadi saat motor melewati banjir saja.Apa efek yang ditimbulkan jika air masuk ke mesin ?,air akan bercampur dengan oli dan oli berubah menjadi milki (oli berubah jadi keputihan) semakin lama kualitas oli jadi berkurang dan bahkan funngsi oli sebagai pelumas jadi hilang sehingga part2 yang saling bersinggungan jadi aus.Kasus yang banyak terjadi adalah piston jadi ngejem (macet),stang piston (crankshaft) jadi bengkok,bearing2 dimesin jadi macet bahkan noken as dan pelatuk jadi aus,jika semua itu terjadi namanya mesin sampeyan ambrooool.

oligardan

3.Ada lagi jika air masuk kedalam tangki.Untuk motor jenis karburator efek yang ditimbulkan sama dengan poin no 1 diatas hanya ada tambahan tangki jadi cepat terjadi karat dan lama kelamaan jadi bocor.Sedangkan untuk motor injeksi selain tangki karatan dan bocor ada fuelpump yang nota bene part ini sangat sensitif terhadap kotoran.fuelpump jika sudah rusak macet harus ganti baru karena tidak bisa diservice,lumayan lo… harganya part ini untuk motor old vixion saja harganya 650ribu,cukup nguras kantong.Selain fuelpump ada lagi yaitu throtle body,part ini mengandung banyak sensor,jika air masuk tangki kemudian air masuk ke fuelpump kemudian diteruskan ke injektor jika air yang masuk terlalu banyak lalu masuk ke throtle body maka sensor2 di throtle body bisa rusak kemudian  injektor juga jadi mampet.

P1080120 P1080122

P1080119

4.Untuk semua motor matic,jika air masuk ke ruang cvt maka laju motor akan selip maksudnya motor hidup tetapi pada saat kita tarik gas motor jalan ditempat atau terasa berat laju jalannya.V-belt akan basah dan mengakibatkan cengkeraman v-belt dengan dudukannya jadi tidak sempurna.Kampas kopling juga ikut masah yang berefek motor jadi tersendat seperti loncat2 saat jalan kecepatab rendah atau dibawah 20kpj.

Lalu apa saja yang perlu kang bro lakukan sebagai langkah2 pencegahan.

1.Terutama saat musim hujan dan banjir jangan suka menerobos genangan yang tingginya melebihi ketinggian filter udara bahkan tangki motor,untuk mmotor matic diusahakan jangan menerobos genangan air diatas ruang cvt.Jika terpaksa menerobos banjir pastikan dalam keadaan motor mati jangan dihidupkan.

2.Bok filter udara jangan dilepas dan jangan pakai filter udara accesories.Jika tanpa filter udara maka air sangat mudah masuk ke karburator atau throtle body untuk motor injeksi.Meskipun pakai bok filter,pastikan kondisi sealnya tidak bocor atau boknya tidak bolong agar air tidak mudah masuk.

combineuniversalairfilt_170713130744_ll.jpg

3.Cek selalu kondisi tutup tangki,terutama kondisi karet tutup tangki,jika karetnya putus segeralah ganti dengan yang baru.

P1080125

4.Pastikan selang pernafasan mesin dalam kondisi tidak sobek,agar saat motor dicuci atau melewati banjir air tidak masuk ke ruang mesin.

5.Lakukan pengurasan tangki minimal 6 bulan sekali.

Semoga tulisan kang ari diatas bisa bermanfaat.Jika ada yang mau nambahi monggo…

Advertisements

33 KOMENTAR

  1. gak nunggu 6 bulan buat nguras kang,tiap pagi nguras…..bak kamar mandi 😀
    artikel e SIIIIIPP,selama ini cm tahu bahayanya saat masuk ruang bkr

  2. Kalo saya motornya, bensinnnya dicampur 10% methanol terus untuk antisipasi pake oli diesel tipe heavy duty karena angka tbn yang tinggi cocok untuk melindungi oli dari kontaminasi. Hal ini sudah saya lakukan selama 1 tahun dan mesinnya tambah halus saja dan kerak asap yang berwarna hitam diujung knalpot tidak ada. Berarti pembakarannya sempurna. Oh ya motor saya nex karbu.

  3. kang, vega r saya pertama normal, lama-lama mbrebet-mbrebet trus itu kenapa ya? apa kemasukan air ?
    trus dari knalpot ada kayak asap hitam.
    mohon solusinya

  4. Hi bro..
    motor vixion sy baru 1th fuelpump
    nya
    rusak, karna kehujanan atau entah
    lah…. trus air masuk ke tangki jdi
    fuelpumpnya rusak, sekarang
    motornya masih di bengkel resmi
    YAMAHA….
    itu masih dapat garansi apa
    nggak…
    kta bengkel karya motor di ciledug kok udah gak bisa garansi, alasannya karna kehujanan….
    mohon pencerahanya segera..
    terima kasih

    • garansi fuelpump sampau 2thn jika itu kerusakan karena akibat dari pabrikan.
      jika kemasukan air dilihat dulu sumber air dari mana? kalau keteledoran pemakaian seperti pernah diguyur air hujan dari guyuran atap atau kebanjiran, cuci steam maka garansi ditolak tapi kalau karena air masuk akibat ada kebocoran di tangki/tuutp tangki alhasil air mudah masuk maka bisa digaransi.

  5. Mas bro,mau tnya nih
    Sya pnya mtr mio j thn 2013,bru 1thn ni sya pke (yg pke sblmnya ortu) pas sya pke,prnh sya cba gass poll…trnyta mntk di speed 90km/h,sdngkn mtr tmn ane yg keluarnnya lbh tua 1thn ktnya lri msh bsa 100,itu knp yah? Klo prwtan mtr,sya rtn ke bngkl resmi trs.mhn pncrhnnya

  6. Kang ari apakah tangki motor matic juga harus di kuras padahal saya pakai pertamax terus?n maksimal brapa bulan harus di kuras tankinya??
    Trima kasih mas ari..

  7. mas ari,, motor saya masuk air di tangki akibat spbu kbanjiran,,, jadi saat digas mtor mati dan tanda lampu injeksinya nyala,, sidah di cek fuel pompnya gak knpa2 ,, kira2 apa masalahnya mas,,, mohon pencerahan ,, kasus Beat pop injeksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here