images (4)

Tangki bensin khususnya motor sport sangat rentan terjadi karat yg akhirnya timbul kebocoran,  jika sering kena air hujan dan tutup tangki tidak rapet maka air bisa masuk dan timbul karat.Endapan yang dihasilkan dari premium juga bisa bikin karat tangki.
Ini ada tips ringan agar tangki motor sport kita bisa lebih awet:

20110622kuras_1

1.Lakukan kuras tangki setiap 6 bln sekali atau 6.000km(buka tangki, goyangkan & bersihkan dg bensin baru) jika sudah ada karat ,karat tersebut jangan dikerok karena tangki akan jadi tipis dan cepat bolong,lakukan penyemprotan menggunakan wd40  atau cairan peluntur karat pada karat lalu diamkan 5-10 menit setelah itu dicuci pakai sabun /bensin,bila kesulitan bawa saja ke bengkel.

Honda-CB150R-Tutup-Tangki

2.Karat yg timbul jg bisa dari air setelah kita cuci steam, jadi ðï sarankan bila ðï semprot tekanan air jgn terlalu tinggi & waspadai ðï bagian lubang tutup tangki yg mana disitu ada saluran pernapasan yg kemungkinan air bisa nyelip ke dlm tangki yg akhirnya bikin karat. Cek selalu kondisi tutup tangki.

images

3.Usahakan tangki selalu terisi bensin dengan kondisi minimal 30% terisi, karena kalo sering kosong jika ðï parkir semalaman bisa menyebabkan uap air timbul ðï dlmnya yg nantinya bs bikin karatan juga.

P1060610

4.Jika ditangki karatnya sudah parah maka seringlah tangki di kuras,dan karat tersebut di bersihkan dulu dengan disemprot cairan peluntur karat/wd40 lalu bagian yang karatan dilem pakai lem aduk (dexton).

Untuk menghindari adanya kemasukan air hujan ke dalam tangki saat di parkir di luar halaman, maka gunakan kain penutup tangki yang terbuat dari bahan kain yang tahan air seperti bahan sarung jok,jjika di toko accesories tidak ada,bisa bikin sendiri dari bahan plastik yang tebal atau bekas jas hujan.

Kalo ada yang mau nambahin monggo,

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. 3.Usahakan tangki selalu terisi bensin dengan kondisi minimal 30% terisi, karena kalo sering kosong jika ðï parkir semalaman bisa menyebabkan uap air timbul ðï dlmnya yg nantinya bs bikin karatan juga.

    ==============================================================================

    Nambahin aja.

    Air di dalam tangki terjadi karena uap air yang mengembun. Makin banyak udara di dalam tangki, makin banyak uap air. Kejadian paling sering ketika siang dijemur, malam kedinginan. Contohnya sama kaya jok motor yang siang hari panas, malam dingin, pagi-pagi kita lihat jok motor basah, padahal ga kena hujan. (Di Jakarta belum pernah ngalamin, di Priok ga pernah dingin, tapi di kampung dulu tiap hari kaya gini).

    Terutama yang punya motor seport, jangan sering-sering kosong deh tangkinya.

  2. lha bro,setahuku kalau ada logam yang terbuka (tidak d lapisi lapisan anti karat) trus d cuci dengan sabun,malah lebih cepat karat (setahuku lho,tapi mungkin juga salah)

    jadi mungkin kalau habis dsemprot WD40,cuman butuh d lap hingga lapisan karatnya hilang,baru dlapisin anti karat lagi (entah pakai apa,atau bisa juga alumunium foil buat nambal panci.hehe)

  3. kalo di beres kena biaya brp ya kang klo nguras tangki?nanya jg kang,apa klo pke pertamax,tpi klo tangki terisi dibawah 30% dlm wktu lama,apa akan ada resiko karat jg?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here