honda-vario-cw-110

Pada beberapa skuter matic maupun motor sport kini banyak yang sudah menggunakan sistem pendingin cair (water coolant). Berikut ini langkah-langkah atau cara penggantian air radiator pada sepeda motor Honda Vario 110 :

  1. Lepaskan 3 baut yang ada pada cover radiator.radiator1
  2. Lepaskan selang yang ada pada lubang pengisian radiator kemudian sumbat selang tersebut, atau bisa juga di jepit.
  3. Letakkan wadah penampung air radiator dibawah radiator.
  4. Lepaskan baut pembuangan pada radiator secara perlahan Gunakan kunci L 8 mm untuk membuka baut ini.diputar berlawanan arah jarum jam, bersamaan dengan kendorkan tutup radiator (hal ini dilakukan agar aliran air radiator dari lubang pembuangan bisa lancar dan tidak menyembur).radiator2sam0287k
  5. Pasang kembali baut pembuangan yang ada pada radiator dan selang radiator.
  6. Isi air radiator melalui lubang pengisian sampai leher radiator.sam0288
  7. Ketika melakukan pengurasan air radiator, di dalam mesin pasti ada udara yang masuk, untuk mengeluarkan udara tersebut ikuti langkah berikut:
  8. Hidupkan mesin selama kurang lebih 2-3 menit dalam kondisi mesin stasioner.
  9. Matikan mesin dan lihat pada lubang pengisian air radiator, bila air tidak sampai leher lubang pengisian, tambahkan air radiator.
  10. Pasang kembali tutup radiator.Radiator-ahass2-300x202
  11. Buka jok, kemudian isi reservoir tank sampai tanda upper(tanda bisa dilihat dari body motor bagian kanan)
  12. Pasang kembali cover radiator dan kencangkan 3 baut cover radiaor.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pengurasan air radiator adalah kondisi mesin dingin, karena bila kondisi mesin panas, air radiator berada dalam suhu tinggi dan itu berbahaya bila terkena kulit. Selain itu hati- hati ketika melepas dan memasang cover radiator agar kisi- kisi radiaor tidak penyok.

Gunakan selalu air radiator rekomendasi Honda atau Honda Premix Coolant , karena sudah terkandung zat anti korosi (anti karat).

coolant

16 KOMENTAR

  1. Nanya kang kalau sy baru habis beli motor vario yg sipemiliknya tdk tau pakai air biasa waktu menambah air radiatornya.motornya bisa rusak parah tidak kang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini