P1130081

Pada tanggal 28juni 2013 pihak Yamaha Indonesia mengadakan ajang kontes Service Advisor (SA).Kontes SA ini di Jakarta sudah terselenggara untuk yang kedua kalinya kontes SA ini masih tergolong baru karena setiap tahunnya Yamaha mengadakan kontes mekanik yang diikuti seluruh mekanik se-indonesia dan pemenang kontes mekanik tingkat nasional akan dikirim ke jepang menjadi wakil dari Indonesia dalam ajang world technician grand prix.

P1130109

Peserta kontes SA sebelumnya disaring dari dulu dari setiap region,untuk juara 1 sampai 3 akan menjadi wakil di final kontes SA yang diselenggarakan di Flagship shop Jakarta.Kang lolos ikut final kontes SA mewakili tangerang.Kontes SA ini diadakan bertujuan untuk menguji dan meningkat kinerja seluruh SA di-indonesia agar dapat melayani konsumen dengan baik dan konsumen puas dengan pelayanan after sales dari Yamaha.Selain itu Kontes ini untuk memotifasi seluruh SA agar terus belajar tentang teori karena perkembangan teknologi yang terus menerus berkembang memaksa seorang SA harus terus mengikuti dan mempelajari perkembangan teknologi.

P1130092 P1130095

Pada kontes SA yang diadakan hari jumat kemarin,terbagi menjadi 3 sesi yang pertama tes cerdas cermat kemudan tes pengukuran dan dari kedua sesi tadi diambil 12 peserta untuk mengikuti final tes presentasi untuk diambil juara 1,2 dan 3.Saat tes cerdas cermat seluruh SA dituntut untuk bisa menjawab semua soal2 tentang teknologi injeksi di motor yamaha, adanya sesi tes cerdas cermat ini bertujuan agar SA terus belajar mengenai teknologi injeksi dan bisa menjelaskan kepada konsumen pada saat dilapangan atau dibengkel.Ada juga pertanyaan tentang manajemen bengkel,yo… pasti karena seorang SA harus bisa memimpin dan mengelola bengkel agar bisa maju dan berkembang.Bahkan ada juga pertanyaan mengenai teknologi di motor kompetitor biar nggak gaptek motor tetangga,xixixixi…

P1130103

Saat tes sesi kedua yaitu pengukuran dan praktek menganalisa kerusakan pada motor injeksi serta praktek cara membersihkan injektor menggunakan injektor cleaner.SA dituntut bisa menguasai gejala atau kerusakan yang terjadi dimotor injeksi  yang sedang bermasalah sehingga konsumen bisa puas dengan pelayanan after market dari yamaha.

P1060662

Setelah kedua sesi dilakasanakan,selanjutnya menunggu pengumuman siapa saja yang bisa masuk ke 12besar dan bertanding lagi untuk memperebutkan juara 1,2 dan 3.Dag dig dug deg duooooor… kang ari nggak lolos,belum beruntung tahun depan harus juara,amiiin.Di final tes ini ke-12 peserta harus mempresentasikan soal2 yang di kasih oleh juri,lagi2 soal injeksi dan komponen fast moving apa fungsinya,kapan masa penggantiannya dll.Peserta dituntut harus bisa menjelaskan didepan umum bisa menjelaskan dengan lancar,mental harus siap tuch…nggak boleh grogi,seolah 2 peserta mempresentasikan didepan konsumen bengkel,lagi2 bertujuan untuk mematangkan seorang SA agar bisa menjelaskan sesuatu yang terjadi pada motornya atau pertanyaan dari konsumen saat dibengkel biar konsumen puas.

1044667_4527600002836_1851890522_n

Setelah ke-12 peserta selesai di uji kemampuannya bisa mempresentasikan soal2 yang diberikan oleh juri,maka menghasilkan peserta terbaik masing2 juara 1  Suyoko dari flagshipshop jakarta ,juara 2  mamal syahrudin dari dealer JG bogor ,dan juara 3 erik basalamah dari dealer putera bogor.Kang ari mengucapkan Selamat buat para pemenang semoga tahun depan gantian ya,xixixixi…

Dengan diadakannya kontes SA setiap tahun bertujuan hanya untuk meningkatkan kualitas SDM para ujung tombak yamaha agar bisa memuaskan konsumen dengan pelayanan after sales-nya.

Berikut gambar suasana kontes SA,

P1060660
meskipun kang ari gagal,lumayan dapat juara 3 regional tangerang.
P1130109
selamat datang finalis SA FI kontes 2013
P1130050
salah satu SA umurnya paling tua dari serpong indah motor,lagi absen.
Mr.atim
P1060644
lagi asik main game,xixixi…
tes FI diagnostic tool
P1060633
juri sedang membacakan tes teori cerdas cermat
P1060643
pakai kacamata,sarung tangan,ups…pencet apa tuch…?
lg di tes cara pembersihan injektor
P1130092
suasana tes teori cerdas cermat
P1130095
he3….narsis ach
P1130106
salah satu juri di tes pengukuran dan diagnostic tool,Mr.soleh (instruktur di yamaha akademi)
kabuuuuuuuuur…
P1060630
jawabannya adalah A
betul semua…..xixixxii….
P1130051
peserta lagi nunggu giliran tes.
P1130080
pemenang setiap regional,kang ari juara 3 regional tangerang
P1130105
narsis lagi.
kang ari lg tes ngukur kerenggangan/celah antara piston dgn cylinder menggunakan alat cylinder gauge
P1130108
break…
P1130077
pemenang masing2 regional

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. pertamax dulu kang.smg brhsil tahun dpn.oy kang,brti gk smua SA bisa brsihin injektor pk injektor cleaner ya kang?apa lg mekanik biasa..brti kl mau brshin injektor di beres kudu SA yg garap.

  2. Motor udah pada injexi,yimm kudumya bangun bengkel tempat servis lbih bnyak.untuk mengantisipasi biar antrian gak mengular/mbludak.

  3. Dengan diadakannya kontes SA setiap tahun bertujuan hanya untuk meningkatkan kualitas SDM para ujung tombak yamaha agar bisa memuaskan konsumen dengan pelayanan after sales-nya. (Setubuh sekali!!)…

    Karena juara kita tahun lalu (Kang Ari) dipukul telak sama SA lain, menandakan bahwa SA Yamaha sudah semakin maju dan pintar2..Selama buat Yamaha! Tapi kita berduka untuk Kang Ari…ha..ha..ha

  4. Siang kang ari.
    Kan ari klo ongkos stel klep brapaan yak…?
    Mau stel klep vixion lama ane kang.

    Klo stel klep sekalian ambil service apa yak kang ari…?
    Biar sekalian.

  5. Salam kenal buat admin dan para pengunjung situs ini. Sebagai pembaca yang baik, seihklasnya untuk memberikan komentar pada setiap artikel/postingan yang sudah dibaca agar dapat membantu memberikan saran/kritik terhadap pemilik situs. Terima kasih

  6. jgan patah semangat bro.harus tetap optimis

    sepertinya lebih banyak tema injeksinya yah???mantap neh,kalau SA aja msh agak ragu2 ilmu injeksinya,gmana dengan mekaniknya???

    • iya tema injeksi,bukan ragu2 kang,kalo dilapangan beda ma di depan juri je…..grogi… itu loch…yg susah diatur
      ilmu injeksi meknik dan SA setara kok santai saja…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here