pizap.com13717394993871

Sudah lama artikel ini ditunggu sekarang kang ari tongolin juga.Buat pecinta NVL monggo disimak.

Sistem lampu utama di nvl sekarang pakai arus AC beda dengan old vixion yang pakai arus DC,Yang pasti punya kekurangan dan kelebihan masing2.Sekarang kita bahas saklar dulu,untuk matiin aho di nvl dengan cara aman bisa adopsi pakai saklar old vixion,sistem ini tanpa ada pemotongankabel di kabel body sehingga aman untuk dipakai jangka panjang.Saklar yang digunakan adalah saklar sebelah kiri,karena nvl pakai arus AC sedangkan old vixion DC maka warna kabel di saklar ada yang beda oleh karena itu kabel di saklar old vixion harus menyesuaiakan dengan kondisi warna kabel di nvl.

1778400_20130507124649

Langkah pertama,kang bro musti nebus saklar old vixion 130ribu,kang ari sarankan pakai part asli yamaha demi keamanan karena part palsu mudah rusak dan konslet.Setelah mendapatkan saklarnya kemudian lepas saklar bawaan nvl,setelah terlepas coba bandingkan warna kabelnya…pasti ada yang beda.Soket sama,ada 3 soket yaitu 2 soket yang di dalam batok lampu dan 2 soket nyambung di switch kopling,yang harus kita rubah adalah kabel soket yang di dalam batok lampu,lihat gambar dibawah.

P1060001

Sebelum saklar old vixion dipasang,kabel2 yang akan kita sambungkan di dua soket didalam batok lampu kabelnya kita lepas(pretelin) dari soket,lihat gambar dibawah.

P1060454

Caranya sebagai berikut,siapkan obeng men(-) kecil atau obeng yang biasa buat service tukang jam (lihat gambar).

P1060441

Kemudian kabel didalam soket ada kaki/kuncian kabel yang ditekuk,kaki yang ditekuk tersebut kita luruskan agar kabel bisa kita tarik keluar dari soket.Ingat…! ada 2 soket yang kita pretelin yaitu soket yang isinya ada 6 kabel dan soket dengan 2 kabel yang akan disambung didalam batok lampu.lihat gambar dan kang ari siapkan videonya biar lebih jelas.

pizap.com13716463720272

Setelah semua kabel sudah terlepas dari soket ( ada dua soket ya…)  maka langkah selanjutnya mengembalikan kondisi kaki/kuncian kabel seperti semula (kaki/kuncian tertekuk) fungsinya agar kabel tidak terlepas dari soket saat kabel kita masukkan lagi ke soket,total ada 8 kabel ya….Lihat gambar dibawah,kang ari juga siapkan videonya,

pizap.com13716460943491

jika kedelapan kabel sudah dinormalkan kakinya,maka langkah selanjutnya merakit kabel tersebut sesuai warna kabel yang menempel disoket kabel body,kang ari sudah siapkan diagram kabelnya yang ada di soket kabel body dan soket saklar old vixion.

Sebelum baca diagram,kang ari jelaskan dulu cara merangkai kabelnya,langkah pertama soket yang sudah kosong dipasangkan ke soket di kabel body,lihat gambar,

P1060453

Setelah soket kosong kita pasangkan ke soket kabel body,lanjut kita rakit kabel sesuai warna yang ada di soket kabel body.Kabel warna pink ketemu kabel warna pink,kabel warna hijau ketemu kabel warna hijau pula,begitu juga dengan kabel yang lain,tapi ada kabel yang warnanya beda…kang ari sudah siapkan diagramnya agar tidak salah mencocokkan antara kabel di soket kabel body dengan kabel di saklar old vixion.Cara merakitnya dulu ya…lihat gambar dan videonya,

pizap.com13716465399033 pizap.com13716466632174

Pada langkah gambar diatas,kabel dimasukkan ke dalam soket sesuai warna kabel di soket kabel body,jangan lupa ada dua soket yang dirangkai ya…! Agar tidak salah merankai kabelnya,kang ari siapkan diagramnya,

DIAGRAM KABEL SAKLAR NVL DIAGRAM KABEL SAKLAR OLD VIXION

Cara baca diagram :

  • Pada diagram pertama adalah posisi kabel di soket kabel body yang tidak boleh dirubah posisi kabelnya(didiamkan)
  • Pada diagram kedua adalah posisi kabel di saklar old vixion, yang kabelnya setelah dilepas pada langkah awal diatas selanjutnya dipasang menyesuaikan warna kabel di soket kabel body(diagram pertama).

Pada kedua diagram diatas ada nomor 1 sampai 8,itu adalah warna kode kabel dan kode warnanya ada dibawah diagram masing2.

Dan ada huruf A sampai G,itu adalah kode penempatan kabel,Misalnya kabel A di saklar old vixion harus dipasang ketemu kabel A di soket kabel body NVL,cara bacanya sebagai berikut :

Kabel DI soket saklar old vixion                                             Kabel di soket body NVL

  • Kabel 3-A (warna coklat tua)           ketemu kabel              1-A (coklat tua)
  • Kabel 1-B(hijau tua)                             ketemu kabel              2-B (hijau-tua)
  • Kabel 8-C(Hitam)                                  ketemu kabel             3-C (hitam)
  • Kabel 4-F(Biru)                                      ketemu kabel             4-F (Kuning-merah)
  • Kabel 7-E (Merah-hitam)                  ketemu kabel              5-E (Merah-hitam)
  • Kabel 5-D (coklat muda)                   ketemu kabel              6-D (Kuning polos)
  • Kabel 2-H (Coklat-putih)                   ketemu kabel              7-H (Coklat-putih)
  • Kabel 6G (pink)                                     ketemu kabel               8-G (Pink)

Lihat videonya lagi biar jelas,

Setelah kedua soket sudah selesai dirakit hasilnya seperti ini :

P1060002

P1060003

Kedua soket sudah terpasang,masih ada langkah terakhir,di soket bohlamada 3 kabel yang tersisa yaitu 2pcs warna hitam dan 1 warna kuning,lihat gambar :

P1060005

Pada gambar diatas kabel warna hitam dari jalur soket dibiarkan saja karena tidak berfungsi,agar aman kabel hitam tersebut dibungkus isolasi begitu juga yang warna kuning dibungkus isolasi juga.

P1060017

Masih ada 1 kabel warna hitam dari soket/rumah bohlam,kabel tersebut harus disambungkan ke massa motor,cari kabel untuk menyambung ke massa motor,massa motor bisa didapatkan dari kabel warna hitam diarea soket2 kabel disekitar batok lampu (semua kabel warna hitam adalah massa motor).Untuk menyambungkan kabel tersebut bisa memanfaatkan saklar nvl yang telah nganggur dengan cara sebagai berikut :

Potong kabel warna kuning ada di soket/dudukan bohlam,kemudian ujungnya dimasukkan ke kabel warna hitam yang akan disambungkan ke massa motor,lihat gambar :

P1050999

P1060004

P1060006

dan hasilnya seperti pada gambar dibawah :

P1060015

Setelah kabel warna kuning sudah dipotong ,langkah selanjutnya ujung dari kabel kuning dikelupas sepanjang sekitar 1,5cm untuk disambungkan ke massa motor,caranya cari kabel warna hitam kemudian disambungkan/dijamper ke kabel massa itu,kalo kang ari ujung kabel kuning dimasukkan ke soket yang kabelnya warna hitam atau kang bro cari cara sendiri yang penting kabel tersebut bisa disambung ke massa.lihat gambar :

P1060010 P1060014

Jika sudah selesai,jangan lupa soket yang ada tepat dibawah saklar kiri dimasukkan ke switch kopling,agar saat motor mati/berhenti saat motor masuk gigi maka motor bisa dihidupkan tanpa gigi di netralin dulu.

Cara seperti ini aman karena tidak pemotongan kabel di kabel body dan saklar,jika mau kembalikan ke AHO tinggal PNP saja.Hanya saja cara seperti ada kekurangannya :

1.Lampu senja /kecil tetap nyala

pizap.com13717398814031

2.indikator lampu jauh/lampu tembak di speedometer nyala terus.

Silahkan mencoba ,semoga bermanfaat.

66 KOMENTAR

  1. Nambahin aja nh kang! Sekedar sharing! Sebetulnya yg dc pun juga dari spul tapi udah di olah oleh kiprok atw regulator rectifier! O ya kalo vixion lama yg pake sistem full dc, kalo lampu besar ga di nyalain kiproknya panas! Tapi kalo nvl saya belum pernah cek!

  2. josss gandoss lengkap kotoss2…mantap tuh

    kalau NVL sistem lampunya AC,artinya benar2 gak bergantung pada accu yang kang ARi?

  3. Kabel biru dari saklar old vixon ketemu kabel kuning merah kabel body ya kang, artinya kabel biru tidak pindah tempat ya

  4. Terima kasih Kang Ari,Kang Ari,
    Teorinya sudah saya Aplikasikan dengan beberapa perubahan.
    Konfigurasi susunan kabel dari Main Switch Vixion lama pada socket 6 kaki dan socket 2 kaki saya ikuti persis seperti tutunan kang Ari di Blog ini,
    Namun ada beberapa kabel body yang tidak saya pakai yakni
    – kabel body merah/kuning yg seharusnya ketemu kabel biru tidak saya gunakan alias saya copot
    – kabel body warna biru ke arah lampu senja dan kabel biru disocket belakang kearah lampu belakang saya copot (tidak dipakai)

    Sebagai gantinya slot socket bekas kabel merah/kuning saya pasang dg kabel baru (saya pasang dg warna biru) yg saya hubungkan ke slot socket bekas kabel biru utk lampu senja dan di hubungkan lagi dengan menarik kabel yg juga warna biru dari lampu senja ke slot socket bekas kabel biru yg saya cabut ke lampu belakang.

    walhasil ……
    semua berfungsi dg sempurna.
    Lampu sein kanan dan kiri berfungsi saat saklarnya dimainkan
    Lampu tembak berfungsi saat ditekan
    Lampu senja hidup saat saklar lampu senja dihidupkan dan bersamaan dg itu lampu belakang ikut nyala
    Switch Main Head lamp juga berfungsi dg sempurna menyalakan dan mematikan lampu utama
    klakson hidup
    seluruh indikator di speedo meter berfungsi

    dengan hanya satu kekurangan yakni Lampu Indikator Dimmer (lampu jauh) tidak hidup di speedo meter, tapi ga masalah yg penting AHO di New Vixion saya sudah Almarhum 🙂

    Anyway Thanks utk sharing nya………..

  5. Dengan penuh rasa penasaran … “Knapa indikator lampu dimmer ga nyala?” ….
    akhirnya batok si vixi saya bongkar lagi…..

    Dengan memanfaatkan socket kabel kuning yg nganggur (yg kang Ari potong utk dimanfaatkan membuat koneksi ground) dari Head light kemudian saya sambungkan ke kabel body merah/kuning yg sebelumnya saya copot dari socket kaki 6 ……

    Walhasil ………. lampu indikator berwarna biru di Speedo meter New Vixion hidup saat saklar dimmer di tekan maupun saklar lampu jauh di tekan ………….

    Puaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaas rasanya ………… sukses meng-almarhumkan AHO dan memfungsikan semua lampu dan seluruh indikator dg sempurna……….

    Silahkan di coba…….. praktis tidak ada kabel bodi yg saya potong……….

    dan jumlah kabel nganggur menjadi berkurang ….. tinggal hanya

    – kabel ground (hitam) dari headlight
    – kabel body warna biru bekas lampu senja dan
    – kabel body warna biru bekas lampu belakang

    dan semuanya sudah terisolasi dg maniiiiizzzzzzzzzzzzzz 🙂

  6. Info utk sobat pemililk New Vixion yg perlu kabel, socket jepit dan seal bakar utk membungkus sambungan kabel dg rapih……. tadi siang saya beli semuanya di toko Mur dan Baut seberang toko Iskandar motor OTISTA Jkt….

  7. Cuman sekedar nambahin aja buat agan2 dari diagaram diats sudah amat jelas tp info dari kang deni juga sangat membantu.Secara garis besarnya saklar old v-ixion tinggal ngikut aja dg kabel body yg ada di NVL,yg berubah cuman nyambung kabel massa,kabel warna kuning strip merah dilepas dan langsung ngikut kabel kuning yg ada di soket bohlam,terakhir biar lampu kota dpn blk ngikut mati kabel biru gk usah ngikut soket,tp langsung nyambung ke sisi soket kabel biru yg nyambung lampu kota depan.Kabel bodi dari motor dilepas dianggurin,diganti pin dari kabel biru lalu trik kabel kebelakang utk lampu kotabelakang,walhasil lampu menyala sempurna dan tanpa kekurangan satu pun,indikator di speedo beroprasi semua,lampu kota depan belakang juga ikut apa kata saklar,,,,,,,,,,,,selamat mencoba.Kalo agan2 ada di daerah surabaya bengkel resmi yamaha semuanya bisa membantu agan2 semuanya.Biayanya juga gk mahal2 amat kok,nebus saklar old v-ixion Rp.130.000,ongkos pasang Rp.25.000 beres dah agan2 tinggal nunggu motor dikerjain beres duuueeeh,,,,,,agan tinggal make aja gk perlu ribet. Tapi perlu diingat walaupun ndak ngrusak kabel body original tp itu tetep masuk modifikasi kelistrikan dan hal ini juga bisa membatalkan garansi kelistrikan NVL agan2 semuanya.SALAM SEMAKIN DIDEPAN………

  8. bro klo co dinaikin ngaruhya kelangsam gak? punya gua jadi gampang mati langsamnya, langsamnya jadi kecil klo lampu dinyalain sama sen rpmnya tbtb jadi 0 klo lampu dimatiin rpn 1000. eror niih yang tau kasih solusinya ya

  9. maaf mas…mau ngelurusi sedikit aje..tuh kabel..dibody nvl warna kuning lis merah itu kabel control lampu dim di spido..jd dikonek aje dg kabel kuning di soket lampu old vixion yg terjuntai pendek sedangkan warna biru dari saklar old dikonek di soket body nvl..nah kabel birunya dari nvl diangguri aje dan di isolasi.maka lampu control dim dispido berpungsi normal…

  10. kulonuwun kang arepe tekon iki
    aq pnya old vixi. mau gti aki 7ampr pertanyaannya: apa perlu gnti kiprok tiger,klo y gmm cara psngnya,trus apa untung ruginya n ada pengaruh g ke sistem inject nya
    mohon pencerahannya kang
    matursuwun sak urunge.

  11. salam aspal
    mas bro saya mau tanya masalah lampu yg tadi di modef tadi.seandenya motor dalam keadaan hidud dan saklar lampu off lampu tembak bisa nyala tidak waktu di tekan tombol dem ( tombol merah)
    makasih informasinya

  12. gan ane mau tanya nih gan ? ane kan ada garapan vixion masalah dengan klakson keong. eh tau nya merember ke double starter ?

    yang ane tanyakan tabel warna kabel saklar utama atau saklar kanan old vixion gan !!

    disitu ada warna kabel merah strip putih ada 2 dan biru strip putih dan juga hitam ?

    nah ini yang membuat ane menjadi bingung? gimana cara menhidupkan otomatis startes vixion lawas, soket nya ada 4 buah lobang di saklar kanan . kalau biru strip putih ane hubungkan dengan ground baru doi nyala . soalnya ini vixion udah modifan headlamp nya ? jadi kabel di dalamnya ruwet dan ane masih bingung bagaimana caranya menangani double starter ?

  13. numpang tanya ni?
    lampu utama yamaha r25 kan cuma hidup sebelah kiri saja,trsu kl mau dihidupkan kedua-duanya akan menyilaukan pengendara didepan kita,trus kl lampu jarak jauh sebelah kanan kita setel ke mode jarak dekat n lampu indikator jarak jauh hidup trs dan kita tdk bs memakai lampu jarak jauh ketika mau dim atau mau pakai lampu jarak jauh krn lampu jarak jauhnya disetel kejarak dekat.

    pertanyaanya,
    bagai mana cara menghidukan kedua lampu utama yamaha R25 tetapi lampu jarak dekatnya berfungsi semua dan lampu jarak jauhnya jg berfungsi semua.
    jadi lampu utamanya kiri dan kanan bisa hidup semua saat mode dekat dan jahu.
    bagi yg tahu tolong dibantu ya
    facebook : [email protected]

  14. Klo bohlam kanan nya support hi lo .. jumper aja jalur lampu dekat yg kiri ke kanan .. R15 sy wktu lampu atd jg dibuat gtu .. normal kanan kiri buat hi lo .. sorry klo salah .. sama2 belajar .. wkk

  15. Mantap bro berhasil banget, terima kasih arahannya bro, tadinya bingung karena kabel berantakan dioprek sama org bengkel, berkat bantuan artikel ini, jadi ketolong. Sangat bermanfaat!

  16. Mas kalo untuk Suzuki gsx150 tau caranya ga? Kalo tau tolong buatin artikel serupa dong. Belum pernah Ada yg bikin tutorial nya ganti saklar non AHO utk keluarga gsx 150.

    Terima kasih

  17. kapan hari saya pasang di beres yamaha, lampu tembak bisa nyala normal, tanpa indikator nyala terus, juga pakai holder old vixion, kekuranga nya sama, lampu senja nyala terus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini