dsc_0096

Motor x-ride ini memang keren saat ditambahkan dengan accesories layaknya motor trail,guard cover set, hook, handle bar stopper, cover reservoir, visor set, guard panel set, protection fall, guard headlight, cover front fender, dan guard hand set dll menambah gahar tampang motor ini,apalagi ditambahkan dengan memakai sok depan upside down dan ban pacul,rasanya mau ngacak2 gunung putri dech.

Yang jadi masalah adalah bagaimana  nasib garansi dari pabrik jika x-ride ini pakai accesories yang selain produk pabrikan seperti pakai ban pacul,lawong…jika pakai motor ini pakai ban pacul jadi tambah keren.Banyak kang bro yang bertanya2 bahkan kemarin ada yang saling sharing lewat komentar disalah satu artikel kang ari,disini kang ari akan jelaskan biar menjadi jelas dan clear.

Kang ari sudah tanya dan konfirmasi soal nasib garansi jika x-ride pakai ban pacul,jika x-ride memakai ban pacul membuat semua garansi dimotor jadi hangus lalu kenapa yamaha bikin iklan x-ride di media2 cetak ataupun elektronik ada yang pakai ban pacul ?.Kang akan coba jelaskan,jadi dari pihak yamaha tidak mempermasalahkan jika x-ride pakai ban pacul tapi untuk pemakaian motor harus dalam kondisi wajar2 saja tidak boleh terlalu ekstrim,jika motor ini disamakan dengan motor trail sebenarnya,kang ariyakin pasti motor ini akan cepat rusak terutama bagian kaki2 seperti sokbreker dan yang paling dikhawatirkan jika pemakaiannya terlalu ekstrim akan ada benturan antara mesin (crankcase) dengan jalan berakibat crankcase jadi rusak/retak bahkan patah misalnya lokasi yang ekstrim yang sangat terjal seperti jalan off road dipegunungan yang over load.

371_

Jadi pakai ban pacul tidak akan menggugurkan semua garansi hanya saja memang ada garansi yang gugur yaitu part yang berhubungan langsung atau berakibat karena efek dari ban pacul seperti sokbreker depan dan belakang,pelek,laher komstir(stang).Lalu bagaimana garansi mesin dan kelistrikannya ? garansi kelistrikan tetap berlaku,sekarang kang bro coba pikir apakah ada hubungannya jika kiprok konslet gara2 pakai ban pacul….nggak ada kan,maka garansi kelistrikan tetap berlaku.Untuk garansi mesin,jika pemakaian motor wajar2 saja seperti tidak untuk buat berenang dalam lumpur atau sering menerjang banjir yang berakibat mesin kemasukan air maka garansi mesin tetap berlaku,dan asal jangan dipakai terlalu ekstrim seperti buat off road layaknya motor trail dan buat balap maka garansi mesin tetap berlaku.

images (2)

Sumber terpercaya yang kang ari tanya pun berbicara,”kalau cuma pakai ban pacul,garansi nggak gugur,asal pemakaiannya tidak ekstrim mis overload atau dipakai untuk kegiatan racing”.

Jelas to sekarang,intinya garansi tidak gugur asalkan pemakaiannya dalam kategori normal2 saja tidak overload.Mau pasang ban pacul ? monggo.

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Waktu kecil dulu sering ketemu mobil hardtop, suaranya menderu banget. Waktu kuliah saya pernah nebeng mobil temen saya, ngobrol,
    “Ban mobil lu berisik bgt ya?”
    “Iya, bannya kan 50-50, 50 persen offroad”
    Pantes alurnya tebel-tebel”
    Nah, knp Yamaha nggak ngeluarin versi pacul, menurut saya karena di Indonesia rata-rata jalannya udah aspal. Kita lihat sendiri ban onroad kan relatif bulat buat grip kalo kita nikung. Jadi kalo mau pake ban pacul, di jln ati2, krn ban ini drancang bwt jln yg nggak padat

      • Wah, nggak berani saya Kang bilang nggak cocok, karena saya bukan insinyur ban, bukan keahlian saya. Tapi ada wacana buat kita pertimbangkan bersama. Saya kasih perbandingan aja biar gampang.

        Ban slick (balap): profile luas, bentuk U atau V, kalo nikung banyak bagian yang nempel aspal, jadi grip terjaga. Compund ada yang soft, cepat habis tapi grip bagus. Compound hard, tahan lama tapi cenderung “licin”.

        Ban pacul/tahu: Karena profilenya kaya tahu gitu, kalo nikung bagian yang nempel aspal jadi sedikit. Apalagi yang compoundnya hard, wah ga tau deh gripnya kalo ngerebah-ngerebah.

        Buat pertimbangan kita, jalanan Jakarta cenderung lurus, nggak banyak nikung (jalur harian saya), tapi tetep aja Xeon RC saya kalo lagi basah-basah terus nginjak garis putih masih berasa selip.

        Terus para pecinta X-Ride pasti bertanya-tanya, “Saya kan pengen banget pake ban pacul, gimana dong? Gimana cara milih ban offroad yang bisa dipake di jalan raya? Gimana cara berkendara yang aman?

        Sekali lagi saya nggak berani jawab, kalo salah berabe.

        Pengalaman dari artikel CB kemarin, kalo Kang Ari yang nanya ke produsen ban, saya yakin bakalan dijawab. Sekalian nanya ban offroad buat velg selebar itu. Kalo produsen ban yang ngasih rekomen kan jadi lebih pede kitanya. Produsen ban offroad yang saya tahu ada Corsa, Mizzle, Swallow, IRC, kalo FDR kayanya belom ada. Lagian saya ga rekomen pake ban FDR. Saya perhatiin ban FDR Genzi jadi kaya gergaji kalo udah lama dipake.

        Kalo Kang Ari udah dapat jawaban, tinggal deh kita nunggu artikel “Memilih ban offroad dan cara aman berkendara”….hehehe.

        Kalo soal garansi ban, saya sarankan kita-kita semua bersabar, tunggu 6 bulan/6000 km, sampe garansi habis, baru deh modif kaki-kaki..ya nggak Kang. Mubazir juga ban aslinya nggak dipake.

        Di atas ada yang komen HANYA X-RIDE YG BISA XTREME ASAL JGN TRLL XTREME..
        Ya tahu diri aja, ini kan motor matic yang disesuaikan untuk kondisi offroad, kalo dibandingin sama matic lain, ya lebih ekstrim. Kalo make offroad, dikira-kira aja, ini bukan ATV Grizzly.

        Kemaren saya udah ngelihat langsung X-Ride tapi ga berani megang-megang apalagi naikin, takut disuruh beli…hehehe..kredit motor saya yang sekarang masih lama. Bodinya serasa lebih gambot ya, manuvernya gimana tuh Kang?

        • siaap di tunggu saja, kalo menurut kang arijuga dijakarta nggak bisa pakai ban pacul,
          oiya kalo mau praktis ya…seperti video diatas,kita mesti punya ban serep assy,1 set ban asli dan 1 set ban pacul,jadi motor bisa dipakai sesuai karakter jalan yang akan kita lalui.mau ke sawah pakai ban pacul,lanjut pergi ke pasar ganti pakai ban aslinya.
          Selama pakai baru sekali coba kenceng ,top speeed cm bisa sampai 105kpj masih ada sisa torsi tp keburu nubruk jalan,jalanan jakarta gitu loch… akslerasi mantep saat tarikan bawah sampai menengah atas ( dari nol sampai 60kpj),tarikan atas mesti ngurut,yg paling enak manuver buat nyelip apalagi nikung…..ban belakang bisa nempel tdk ada slick(selip/goyang).mungkin krn ban yg lebar.dan posisi stang yang agak lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here