P1050682

 

Buat kang bro yang sering nggak ada waktu untuk service motor,kang ari sarankan cukup ganti oli dulu dari pada kejadian seperti motor mio tahun 2004 ini,tiap hari dipakai kerja rata2 sehari bisa jalan 60km tapi ganti oli tiap 4 bulan,dan alhasil lihat gambar2 dibawah ini.Dulu kang ari juga pernah kasih lohat akibat telat ganti oli mesin ” Ganti Oli Mesin Wajib Hukumnya. ”.

Untuk pedoman service coba kang bro baca disini ” Pedoman Sebelum Service Di Bengkel. ”

Berikut spyshotnya…

Tanda2 motor jarang service,kondisi karburator sangat kotor,kotoran yang nempel dimoncong karburator sangat tebal.

pizap.com13687720974841

Setelah dibongkar,kondisi piston hitam pekat,tandanya ring piston sudah bocor dan oli terbakar.Kondisi kerak karbon yang menempel di klep juga sangat tebal.

pizap.com13687724560312

Kondisi camshaft/noken as aus dan bearingnya oblak karena pelumasan yang kurang.

pizap.com13687723525151

 

Kondisi guide stopper atau lidah keteng sampai pecah karena tidak kuat oleh kondisi over heat.

pizap.com13687722013282

Lihat kondisi crankshaft dan stang piston,gosong karena oli hampir habis jika sudah begini maka bearing kruk as oblak dan mulai bunyi .

P1050682

Dan parahnya lagi konsumen tidak mau ganti piston karena kondisi dana, jika perawatan rutin maka tidak akan mengeluarkan dana sampai jutaan hanya untuk service motor,ya kan kang bro ?

 

 

 

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Maks KM untuk oli berapa ​::Ɣå媪:: mas??
    Saya seringnya 3000-4000km, jarak sehari paling jauh Tangerang-stasiun Kota, itu juga seminggu paling 2kali, sisanya paling 4km aja,
    Masih aman kah??
    Tq

  2. walah.. . . . . ninja 250 saya tiap ganti oli 4 bulan sekali,tp jarak tempuhnya gak sampai 1000 km kang. . utk kasus seperti ini gimana kang. . .mengingat motor hanya dipake hari sabtu dan minggu tok muter2komplek. . .

      • oooo gitu yo kang. . .dalam 4 bulan paling jauh 500 km gak nyampe kang. . . pernah pas ganti oli diberes kawasaki pas olinya dikeluarin kata mekaniknya sebenernya masih bagus. . tp mengingat udah 4 bulan ya tetep saya ganti. . saya pake oli enduro 4 t racing dininja saya. . .

  3. mungkin gak kang motor matic pake oli mobil yg full synthetic yg katanya kuat sampe puluhan ribu kilometer?
    kan koplingnya gak kerendam dan juga kualitas olinya jempolan

    #harga olinya juga jempolan

  4. biasanya kalau sudah gne yang dsalahkan brandnya,trus ngomong2 k tetangga2..ya udah jadi jatuh deh imagenya dari brand

    entah ini fakta atau bukan,kyknya pgendara Yamaha dengan Honda berbeda dalam hal perawatan.

    Kalau pengguna Honda,tiap 2 bulan pst service n ganti oli (gak peduli dpakai jauh atau tidak atau ordometernya udh lebih dari 2000KM atau kurang dari itu),dan rata2 motornya cuman dpakai dalam kota n cara berkendaranya biasa aja (gear 3-4 pada kcepatan 40-60 km/H)

    sedangkan pengguna Yamaha,servicenya ya ada yang kalau ingat,ada yang malas (kyk cerita kang Ari sebelum2nya),tapi ya ada juga sih yang rajin(bahkan saking rajinnya bersihin karburator,karet manifoldnya sobek n baut2nya udh longgar),belum lagi habit berkendaranya yang sering geber smpe RPM tinggi (rata2 anak alay),dan biasanya juga dbawa ke luar kota (tp ini juga jarang)

    yaa entahlah benar atau gak mengenai tipe2 konsumen seperti itu,tapi itu saya tanyakan d beberapa orang d bengkel umum n teman2ku aja (ya ga banyak samplenya,paling 2-5 orang)

    kyknya perlu d adakan survey mengenai perawatan motor neh kepada konsumen,biar ada studi mengenai seberapa besar pengetahuan atau kepedulian service motor pada masyarakat

    • intinya kesadaran dari konsumen itu sendiri,untuk sosialisaai tiap pabrikan pasti sudah ada,bahkan sering diadakann service gratis oleh tiap pabrikan.hanya memang karakter tiap konsumen berbeda2,”kebiasaan” itu yg sulit dirubah

    • perlu dikupas pakai artikel tersendiri nich kayaknya…
      perbedaan antara close loop dan open loop terdapat pada sensor ‘o2 sensor’.pernah nanya to…fungsi o2 sensor ?coba diinget2 dulu.
      untuk close loop sudah pasti takaran campuran bahan bakar jadi lebih pas karena jika hasil pembakaran yang keluar ke knalpot dirasa kurang pas oleh 02 sensor maka secara otomatis o2 sensor memberisinyal ke ecu untuk memperbaiki campuran bahan bakar agar hasil pembakarannya sempurna.jadi tidak perlu bolak-balik ke beres untuk seting co.
      lach…kalo open loop karena tidak ada 02 sensornya maka jika setingan kurang pas mesti bolak-balik ke beres untuk seting co-nya.
      semono disek yo….seng penting rangkumanne wae disek.xixixixi

  5. kang kalau Z1 knalpot nembak waktu gas dilepas (tp kadang-kadang saja terjadi) itu kenapa ya?
    KM baru 2200 pakai bahan bakar Pertamax. Semua masih standard.

  6. saya jga pernah di yamaha mio th 06 tpi gk separah ituuu… stang seher masih bagus warnanya gk gosong sama di head jg nggk,,
    klo turun mesin sekalian saya bore up pke pison smash ukuran 53.5 total 130cc an..
    lama pengerjaan 7 hari yaaaa maklum saya masih smp baru pertama kali bongkar mesin.. hehee ..
    dan akhirnya beres jga semua terpasang itu jga gk tau bener gk tau enggak..
    pass saya coba nyalain dengan kick stater ternyata jadi berat but it’s ok allahmdulillah nyala juga tapi suara mesinnya jadi kaya kunci2 yg dijatuin terus saya nyerah dehhh ….
    bawa aja ke bengkel… sambil di derek motor sodara
    ehhh pas saya ganti olinya ternyata gak netes setetespun…
    haduuuuhhhh pantasaja suaranya edannnn..
    setelah saya ganti oli suaranya jadi lembuttt kaya standar.. tenaga makin cihuyy lagiii..

    maaf jadi curhat Hehehe 😀

  7. Wah..wah saya belom ngecek oli nih..
    Ada tips untuk ngecek oli sendiri ga Kang?? Mungkin dari jumlah oli, ato kondisi (kekentalan, bersih/kotor)

    • cek manual bisa kok,bk ttp olinya cek volumenya caranya motor di standar dua lalu nk ttp olinya,ujung ttp oli dilap dl kemudian dicolokkan ke lubang ttp oli,cek volemenya dilihat dari garis upper dan lowernya,untuk kekentalan juga bisa colek pakai tangan saja olinya,tapi itu pakai filing.

  8. data tahan oli yamalube bisa smpe brapa bulan kang?
    jdi bingung ni, ane gnti oli ptokan odometer.. Lbaran taun kmarin gnti oli, trus baru tak gnti lgi kmarin kang., itupun odometerny masih 1600 lebih., mtorny jrang bngetz d’pake kang.,klopun d’pke jug gk prnah jLan jauh. Apa bhaya kang? Mhon pncerahanny kan.

  9. Motor ane kan mio 130 cc kang. Ane mau bawa motornya 5jam perjalanan tampa henti gan.
    Apakah motor mio ane sangup tuh kang? Ane takut kepanasan motor ane ntar kang . karna dah naik cc . meledak dia ngak kang? Ataw jim motor ane . T yang ane takutin kang

  10. kang bro,saya punya motor dan masih 2000km
    memang iya,akhir” ini saya sangat sibuk dan jarang ganti oli
    dan sekali di pake untuk jalan,motor saya bisa mengeluar kan bunyi seperti detak jantung
    itu masalah nya apa ya mas bro?
    apakah itu dikarenakan jarang ganti oli?

    • Jarang dipakai ya?
      Klo jarang dipakai sharusnya cukup rajin dipanasin saja. Ganti oli cukup 2 bln sekali klo jarang dipakai.
      Bisa itu bunyi piston lbh baik Konsultasikan lgsg ke bengkel

    • mesin cepat panas, tenaga ngedrop, bahkan kalau tidak sama dengan spesifikasi oli pabrikan atau jauh beda dari spesifikasi pabrikan kondisi mesin bisa rusak (part cepat aus).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here