P1050543

Lampu termasuk fasilitas fital saat berkendara apalagi saat jalan dimalam hari,bahkan sekarang sudah berlaku sistem AHO yang notabene malah membuat bohlam cepat putus apalagi yang pakai tegangan AC di lampu depan pasti bohlam jadi sering putus karena sistem tegangan AC yang naik turun sesuai rendah tingginya RPM,karena tegangan yang tidak stabil maka bohlam cepat putus.Jika bohlam cuma putus maka hanya perlu ganti bohlamnya saja,tapi pernahkah kang bro pernah mengalami nyala bohlam cuma redup tidak seterang biasanya.Bohlam sudah diganti baru tapi tetap redup,mau tahu jawabannya ?

Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada motor yang usianya sudah tua bisa 5 tahun keatas itupun terjadi pada motor yang menggunakan tegangan AC pada lampu depannya,jika pakai tegangan DC maka nyala lampu akan tergantung dari kondisi aki.Jika aki soak maka nyala lampu juga ikut redup,lalu apa ciri2nya antara nyala lampu AC dengan DC ? untuk nyala lampu AC,lampu akan menyala jika motor dihidupkan,kondisi motor mati maka lampu nggak akan hidup.Sedangkan lampu DC akan nyala asalkan saklar lampu dipencet ON atau kunci kontak ON untuk AHO  meskipun motor kondisi mati.

Beberapa faktor kenapa nyala lampu bisa redup untuk tegangan AC :

1.Kondisi bohlam yang sudah lama/hampir putus,biasanya akan redup dulu nyalanya,Untuk mengeceknya coba diganti bohlam yang baru jika nyalanya terang maka hanya bohlamnya yang bermasalah.

2.Kondisi mika lampu yang mulai buram(tidak jernih),jika kondisi mika lampu sudah buram maka nyala lampu yang dihasilkan tidak bisa terang karena terhalang oleh kondisi mika yang sudah tidak bisa meneruskan nyala lampu dengan maksimal.Cara pengecekannya,coba kang bro lepas soket bohlamnya lalu lampu dinyalakan tanpa menggunakan mika lampu (headlight) jika nyala lampu terang maka cukup ganti mika lampunya/headlight assy (rumah lampu).Jika memang mikanya yang sudah buram kang ari sarankan beli headlight yang assy karena untuk yang KW selain kualitasnya jelek dan mikanya gampang meleleh,mikanya juga cepat buram,biasanya umur baru 1tahun sudah buram.

3.Kiprok sudah rusak,ada dua jenis kerusakan kiprok untuk nyala lampu,yang pertama kiprok konslet (over charging ) ciri2nya semua bohlam putus pada saat diganti bohlam baru langsung putus lagi,karena kondisi normal tegangan yang keluar dari kiprok maksimal 12v jika kiprok konslet tegangan yang keluar bisa lebih dari 12v bahkan sampai 20v lebih,karena bohlam hanya mampu menerima tegangan maksimal 12v jika lebih dari 12v maka bohlam akan putus.Yang kedua kiprok sudah lemot,inilah yang membuat nyala lampu jadi redup karena kerja kiprok sudah tidak maksimal lagi,biasanya tegangan yang keluar dari kiprok dikisaran 5v walaupun motor sudah digeber2.

4.Jika kiprok sudah diganti tapi nyalanya masih redup maka hanya tersisa satu yaitu spul,biasanya jika spul sudah konslet atau kerjanya sudah tidak bisa maksimal bisa terjadi pada umur motor yang sudah tua atau 5 tahun lebih.

Dari 4 faktor diatas yang lebih sering terjadi dilapangan karena kondisi kiprok yang sudah lemah,seperti kejadian dibengkel kang ari ini,terjadi pada motor FIZ-R tahun 1997.Kondisi kiproknya sudah lemah setelah kang ari ganti kiprok nyalanya langsung terang,lihat ganbar dibawah ini,

pizap.com13681006074952 pizap.com13681004795081

 

Semoga bermanfaat,jika ada yang mau ditanyakan kang ari akan coba menjawab.Kang ari juga mengabadikan lewat video,monggo dilihat biar lebih jelas.

Video nyala lampu redup :

Video nyala lampu normal :

Advertisements

199 KOMENTAR

  1. Mo tanya kang,knapa ya vixn 2008 punya adikku,tiap hbis cuci sulit di stater,..
    *kalo kna hujan saat jalan aman2 aja,tiada masalah

    • lampu stop lampnya apa lampu ekornya? Biasanya sh lampu ekornya! Stop lampnya waras2 aja! Pake lampu led aja kayak bajaj pulsar mahal dikit tapi jauh lebih awet! Apa kalo ga ada trik yang ane udah pake di vixion adek ipar ane yg juga mengalami kasus serupa dengan ente! Kabel biru yang mengumpan listrik ke lampu ekor di beri rangkaian dioda 2 biji secara seri! Lumayan bisa ngurangin tegangan sebanyak 2volt! Kalo lampu rem ga usah! Moga berguna! O iya vixion lama kalo mesinnya nyala tegangan aki bisa tembus 15volt maximum lho! Ga tau kalo byson

  2. kang,mio j kan DC,tpi mski knci kontak ON kq lmpu gk lgsng nyala y?hrs nyalain msin dlu,bru lmpu ikut nyala.trs kl mau ngerubah dari AC ke DC(misalnya mtr msh baru)apa akn menghanguskn gransi kelistrikan?suwun.

  3. kang tempo hari b**t temen saya tiba2 kebakar pas lagi berangkat kerja kata beres ada yg konslet kabel bodynya. bagasi leleh keng untung di pinggir klmalang langsung disiram ama tukang ojek & warung sekitar. akhirnya ganti semua kabel body & aki emang sampe begitu kang konslet sampe bisa terbakar tuh. serem.
    pencegahannya gimana kang?

    • Itu konslet parah,klo kanker otak sudah stadium akhir itu.
      bisa terjadi bisanya kabel di terminal aki dari kiprok ada yang terjepit ke rangka sehingga menimbulkan percikan api.bisa juga kabel terkelupas di jalur kabel dari spul ke kiprok karena tegangannya masih tinggi.bisa juga sekring putus nggak diganti2 akhirnya rumah sekring meleleh.
      biasanya sebelum konslet sudah ada tanda2nya,sekring putus dan karena didiamkan terlalu lama rumah sekring jadi meleleh dan semakin lama mengakibatkan kabel2 terkelupas karena panas yang ditimbulkan lalu kabel menyentuh rangka yang menimbulakan terbakar hebat.

  4. Masih aman.cuma mau nanya saja.lampu ac dirubah ke dc bisa nggak kang? Kalau bisa ongkosnya brp? Makasih kang.

  5. Mau tanya mas Arib, tegangan pengisi accu Motor Honda itu berapa volt yak?
    Kok di motor Revoku saat mesin menyala cuma 7V DC dan saat gas diputar jadi sekitar 5V DC?
    (pengukuran dengan melepas kabel pada accu)
    Apa memang segitu?

    Pernah coba mengukur gak mas?
    Apakah semua motor honda bebek sama semua tegangan pengisi akinya?

      • untuk tegangan pengecasan dari kiprok memang lebih rendah dari tegangan aki (itu sudah standar pabrikan),karena jika tegangan pengisian hasilnya sama dengan tegangan aki maka aki akan over charge,bahkan kang ari pernah nemuin sampai akinya meledak/jebol.
        di umpamakan perut kita lapar (tidak makan nasi tapi ngemil cemilan)(aki=perut,tegangan=cemilan),saat perut lapar maka kita harus makan jika tidak makan maka perut akan kosong dan sakit(=aki soak).saat lapar maka kita akan makan cemilan sedikit2 jika sudah tidak lapar maka akan berhenti,tapi apakah kita bisa makan cemilan langsung banyak seukuran isi perut ?mulut nggak muat kan?.
        untuk pengisian akibeda dengan supra injeksi,untuk motor injeksi pengisian lebih besar karena beban klistrikan di mtr injeksi lebih besar untuk menunjang kerja sisitem injeksinya yang butuh tegangan besar.

      • Oalah gitu to mas…
        Sip2 bisa diterima ni… 🙂

        Ngomong2 motor injeksi, butuh pencerahannya dong.. 😀
        Gini, saya kan punya Supra X Helm In injeksi, nah di accu kan ada 6 kabel klo g salah (yg 2 besar2 buat pengisian accu klo g salah, yg 4 buat apa gak tau yg bwt injeksi yg mana).
        Klo kabel buat ECU atau sistem injeksinya (kabel pada accu) itu kita lepas semua apakah harus set ulang?
        Denger2 dari internet klo lepas kabel yang di Accu hrs set ulang? (gak dijelasin motor Honda termasuk atau tidak)

      • Bukan itu mas yang saya maksud..
        Maksud melepas semua kabel yang ada di accu itu pengen tau hrs diset ulang apa enggak karena saya mau ganti accu sendiri karena accu saya sudah tekor..
        (kalau ganti accu sendiri kan bisa memilih harga sesuai kantong mas.. 😀 )
        Kalau ganti accu kan harus lepas semua kabel tu, kalau hrs diset ulang bisa2 setelah ganti accu malah motor gak bisa idup?? >__<

  6. Kang ari.. Sya maw numpang tanya nih..
    Nvl sya gnti knalpot racing, tp kadang” nembak gtu..
    Walau jarang c.. Tp kadang” ad nembak..
    Trus sya udah setel co +10..
    Kra” dmna permasalahan nya yah kang?

    • permasalahannya ada di knalpot,kebanyakan yg ganti knalpot after market pasti ada nembaknya,itu nggak masalah,masih dalam batas kewajaran, karena untuk knalpot after market tdk ada ‘honey comb cataliser’ yg berfungsi menyaring sisa bahan bakar terutama campuran bahan bakar yg tidak ikut terbakar agar menghasilkan gas buang yg ramah lingkungan, karena knalpot tdk ada honey comb cataliser maka campuran bahan bakar yg tidak ikut terbakar jadi terbakar di knalpot dan menimbulkan ledakan (nembak2).

      • Apakah ‘honey comb cataliser’ dapat diganti?
        Soalnya di motor Injeksi (Supra X Helm In) juga ada katalisnya..
        Yang jadi permasalahan kalau bahan bakarnya menggunakan Premium bagaimana?
        Soalnya Premium belum tanpa timbal, jadi kalau masih menggunakan timbal akan menempel pada katalis tersebut sehingga lama-kelamaan akan menumpuk dan menjadi tebal.. >_<
        Apakah ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut selain menggunakan Pertamax?
        (Karena Pertamax sudah tanpa timbal).

        • mtr injeksi disarankan pakai pertamax tp jika pakai premium efek di catalizer memang meninggalkan kerak tp itu dalam jangka waktu yg sangat lama kang,selama old vixion kluar,byson,belum ada keluhan ttg knalpot

  7. mas shogun 110 punyaku akinya sering tekor, pdhl dah sering gonta gati aki. terus lampu jg redup, klakson nggak keras pdhl dah di ganti baru.. kira2 apanya yg bermasalah ya?

  8. Kang Ari, ada motor dg lampu Dc, tp dg smart AHO. yaitu, pada kunci kontak on ketika mesin blm idup, lampu utama blm nyala, tp ketika mesin nyala, maka ada sensor yg memerintahkan lampu utama nyala. Tujuannya biar aki tidak terlalu berat beban untuk menghidupkan starter.

  9. all brother mau tanya dong ninja rr 150 ane punya masalah berikut ini kira2 apa yah masalahnya:
    1. Lampu depan redup ( kalau dinyalain agak delay gitu baru nyala dan redup)
    2. motor beberapa kali mati sendiri (nyalainnya gw buka tanki dan senggol daerah koil baru nyala)
    3. klakson kalau lampu depan dinyalakan bunyinya gak nyaring
    4. kabel panas waktu itu pernah berasa kabel panas tp skrng sdh hilang

    thanks yah sebelummnya

    • oke cb kang ari kasih pencerahan
      1.lampu redup,nyala tp dinyalain agak delay bisa pengaruh dr kiprok,
      2.mtr mati,tp buka tangki mtr nyala lagi kemungkinan lubang angin/hawa di tutup tangki sdh mampet jd bensin tidak turun,bensin bisa turun setelah tutup tangki di buka karena saat lubang hawa mampet kondisi tangki jd hampa udara yg mengakibatkan bensin tidak bisa turun,biasanya jika ttp tangki mampet pd saat ttp tangki di buka terdengar ada suara ”cess” dan ada hembusan angin keluar dari dalam tangki. jika coil di senggol2 mtr nyala lagi ada 2 kemungkinan yg pertama rumah busi sudah tdk bs menghantarkan tegangan listrik secara maksimal dan yg kedua koilnya yg sudah mulai lemah.
      3.klakson kalau lampu depan dinyalain jd cempreng biasanya kondisi aki yang sudah soak,cek tegangan aki harus 12v,dibawah 12v pasti klakson cempreng.
      4.kalo kabel panas brarti ada yg konslet ,perlu di cek lebih lanjut.

  10. kang ari, mtr ane vario thn 2008 beli second. . lampu mtr sekitar seminggu ini selalu putus, wkt di cek bengkel ternyata soket kabel lampu menggunakan kabel yamaha dan kiprok yamaha stelah ane ganti soket honda n kiprok honda.. belum ada 1 jam lampu udah putus lagi. solusinya kang. .

  11. misi. suhu, disini newbie numpang tanya, klo misalkan kabel lampu hijau putih sama abu di soket putih di putus. efeknya bakal ngerusak part lain ga? misal cdi atau spul / konslet dll. jadi ane mw jadiin lampu aho jadi mati. on/off nya di saklar lampu jauh dan lampu deket. satria fu 2012
    thnkss 😀

  12. Kalau artikel ini membahas lampu yang redup menjadi terang kalau saya mau tanya gimana caranya agar lampu yang terang bisa menjadi redup 50% dari kondisi asli..
    Critanya mau buat DRL kayak motor2 tetangga yang menyala di siang hari tetapi cahayanya hanya 50% sampai 70%, kan lumayan bisa membuat lampu menjadi lebih awet (pikir saya).
    Klo menggunakan resistor bisa gak ya kang?
    Spesifikasi lampu 12V 50W.

  13. sya mau tnya,kretany mx tapi lampu dpannya sangat redup,cuma ada tanda hdup z,kiprok dah ganti bru,tpi gagal jga,truz klo aki dicopot mesin gak mau hdup,apa ada yg konslet ato gmn?

  14. kang honda beat-fi ku yang standarnya pake stanley 32/32wat kalo aku ganti pake Philips M5(versi kardus) yang 35/35wat kira2 aman ngak yah ke reflektornya… sering denger2 kalo halogen lebih panas dr bolhlam biasa.. thx kang.

  15. Kang ari mohon bantuanya Motor cb ane dh pake pulser,cdi sogun,pake aki,kiprok pake smash,spull dh di lilit jdi 12v,tapi tiap lampu nyala motor ga ada larinya,brebet,leher knalpot nyala seperti bata merah trus mati,stlh nunggu beberapa menit motor ane idupin,trus nyala lagi,tapi kl lampu di nyalain brebet lagi ga bs lari,trpaksa ane jalan gelap2an,stlh itu paginya ane putusin buat ngambil lampu langsung dari aki,allhamdulilah mesin normal,tapi tiap nyalain lampu brebet ga ada larinya,aki juga ga ngisi,alhasil skrg aki abis lampu jadi ga bs terang,tapi mesin normal kalo ga ngidupin lampu..
    Itu knapa ya?

  16. Siang kang ari..mau nanya nih kang..motor revo bapak saya suara klaksonnya kecil banget..kadang bunyi kadang tidak..tapi nyala lampu,starter,dan lampu sen semua normal..aki pun sudah diganti baru,klakson jg sudah 2x ganti yg baru pakai orinya tapi suaranya masih kecil jg, switch klakson ga kenapa2,saya langsungin yg dikonektor switch ternyata jg masih kecil n kadang ga bunyi sama sekali..kl ky gt kira2 apanya ya kang,apa jalur kabelnya ada yg putus ata gmn ya kang..?

  17. wah jupi mx saya, tahun 2006 juga punya masalah sama kang, lampu depan makin lama makin redup. saya coba ganti kiprox kl gitu ya kang?
    thanks infonya

  18. Numpang tanya mas, ini motor sata jupiter tahun 2001 kenapa ya kontak keadaan mati tapi masih bisa di stater?
    Bahkan konektor ke kontak saya cabut tapi masih bisa di stater, kira2 apanya ya mas?

  19. mas motor vega R 05 saya redup, udah ganti kiprok (yg abal2 sih) msh redup jg. saya coba kiprok dilepas terus nyalain, redupan lampunya sama dengan pake kiprok. jadi pake gk pake kiprok redupnya sama aja. itu kendalanya apa ya mas? apa perlu beli kiprok ori?

  20. bro,aku mo tanya nih.mudah mudahan ada pencerahan.motorku tiba tiba mati saat jalan.begitu aku cek sekring putus.kuganti pun langsung putus terus.sambung tanpa sekring cdi panas bgt.tapi begitu kupasang sekring,cdi lalu kulepas tidak konslet.tp kalo cdi kupasang,soket dari spul kulepas juga tdk konslet..nah kalo soket spul dan cdi kupasang,lalu socket kekontak kulepas pun tdk konslet.kabel2 kuperiksa ga ada yg luka.kira kira apa yang eror bro..?padahal baru dua minggu aku ganti pulser.apa mungkin cdi dan spul bisa konslet?mohon pencerahannya bro…

  21. emang kalo vario tuh pake kiprok yg sejenis dgn kiprok yamaha dan suzuki! Bisa di cirikan dari soket yang berada di body kiprok! Kalau soket berwarna hijau, berarti sejenis dgn yamaha dan suzuki, kalo socket berwarna hitam berarti sejenis dengan mayoritas motor honda dan kawasaki! Biasanya penyakit soket kiprok tuh ada di terminal kabel kuning atau hijau yang agak longgar alias ngepong! Efeknya sama aja, overvoltage, alias kelebihan tegangan! Yang menyebabkan lampu umurnya jadi pendek!

  22. Gan….gmn crnya kl ♍a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ pasang lampu utma satria lgsung nyala ketika kunci nya on…biar ky megapro..
    “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮
    Thanks

  23. mau tanya kang , motor saya(thunder) mati total .
    terus kata si bengkel akinya soak .
    terus saya udah ganti aki yang baru , udah ke dealer udah service tapi kondisi motor masih sama.
    1. Motor tidak bisa di starter .
    2. Dinyalakan harus ke netral dulu (di engkel).
    3. Lampu Redup
    4. Klakson bunyinya kaya mbe .

    solusinya gimana ?
    apa penyebab dan bagaimana cara memperbaikinya .
    (sebenernya pengen ganti ,tapi belum ada dana) 🙂
    terima kasih ..

  24. sy mau tanya kang..kenapa jupiter z th 2008 sy..kalau rem di injak (rem depan maupun belakang) lampu utamanya berkedip maksud sy meredup sebentar..trms..

  25. misi kang,mo tanya
    motor skydrive
    1. lampu utama ac atau Dc? klo di on mesin dlm kondisi mati lampu g nyala,klo posisi mesin hidup lampu utama nyala.
    2. starter otomatis hanya bunyi ck..ck.ck ky mau hidup tp g ngangkat,klo diulang smp 2-3 kali dinamo g bunyi sm motor g mau nyala..
    …posisi kontak on lampu sein nyala,kedua rem ditekan klakson dipencet bisa bunyi dg nyaring,indikator sein di dasbor juga ga meredup.tp knp motor g bisa distart pk starter otomatis,apakah saklar? (tp dinamo bisa bunyi meski g ngangkat)dinamo?bendik?aki soak?tanya dulu sblm ganti part drpd mubazir..nuwun kang.

  26. kang mw nanya nih vixi 2010 sy da mslh klo rem dpn/blkng dtekan,,lampu dpn dan lampu speedo’y jd redup/ngedip,kira2 apa ya kang?,sekring ama rumah’y dah dganti aki jg dah dcas tpi ttp ja ga da prubhn,vixi yg 2012 jg smpt da mslh gtu tpi ganti skring da sembuh.

  27. Kiprok harga’y brp kang?,ready pa hrs inden dl kang,oia kang klo mtor’y dpake jalan jauh gas’y dpantengin diatas 5rb rpm lampu speedo’y trang tpi klo brhnti/idle lgsg redup lg.

  28. gan mau tanya,,,,,
    lampu satria fu ane mati total, itu karena soket (kuning)yg dari mesin ke batok,panas banget,,,,,
    gmna cara memperbaiki’y gan,,,,,???
    trma kasih,,,,!!!!

  29. kang ari saya mau tanya kalau lampu sein gk mau berkedip/menteleng truz tu selain kerusakan pada flaser lalu rusak apanya lagi kang….???

  30. kang ari mau tanya nih, saya pake motor tiara s, nah kenapa ya kalo di gigi 1 lampu redup + sen tidak menyala, tapi di gigi 2 keatas normal smua..

  31. kang ari, mau tnya ni… Mtor saya new jupiter Z 2011….pngen gnti headlampy dngan lampu halogen autovision, tpi watt te”p 25w/25w,, amankah d’reflektornya kang.?
    oya kan, kalo servis berkala di beres, smuanya pasti d’cek?

      • owh brarti te”p bhaya y kang wlopun watt te”p standart 25. Soal’ny mau gnti itu juga ragu”..
        Tpi andai ada part yg hrus d’gnti, mkanikny blang gak kang?
        kmarin abis servis brkala kang… Slam knal kang, dri arek kota REOG.

  32. mau nanya kang, motor scorpio thn 2007 saya aki nya baru belum sebulan, arus saya ganti dari AC ke DC, 4 hari pake masih normal, selanjutnya lampu mulai redup, tapi kalo di gas nyala terang, tapi kan arus nya sudah saya ganti ke DC bukan nya kalo DC lampu nya konstan yah kang?
    saya bingung nih apa ada komponen yang rusak spul atau kiprok nya,??
    mohon pencerahan dan bantuan nya kang ari..,
    makasih

  33. Kang…… Lampu indicator ninin 250 FI Ane mendadak mati. Tapi kalo ninin dipake macet2an Dan mesin panas,indicator netral Akan nyala sendiri Dan begitu motor dimatiin sebentar trus dihidupkan lagi, indicator Netral ninin ga nyala lagi. Dibawa ke bengkel Kawasaki Cengkareng, langsung disuruh ganti seperangkat panel dashboard seharga 2,2jt krn katanya ga bs di service.

    Mohon pencerahannya,Kang….

  34. permisi mas.. mau nanya ni saya.. saya punya suzuki smash SR 2005 pelak racing. entah mengapa kemarin sudah ganti CDI baru.. lari nya kencang.. tambah akselerasi nya tapi top speed nya jadi cuma 80 … terus lampunya jadi redup.. sudah digas penuh pun tetap redup.. kalau memang masalah nya sama seperti yang diatas… artikel yang mas tulis… saya akan mencobanya. tapi kalau memang spull .. bagaimana kira2 solusinya ya mas?.. terus kalau bawa jalan jauh sekarang tombol saklar lampu jadi panas seperti mau terbakar… begitulah mas. tolong bantuan solusinya
    terima kasih

    • Kalo multi tester cb cek dl tegangan yg kluar di soket bohlam lampu berapa volt? jika saat gas d geber 5000rpm tegangannya diatas 12 volt ato jauh d bwh 12 v maka ganti kiprok dulu

  35. kang arif, motor mio j ane awlnya bisa nyala tp indikator jarum bensin gk naik pdhal bensin full . trus ane matiin. abis itu ane coba nyalain eh mati total, pd saat kontak sy onkan lampu indikator gak nyala, mati total, mohon pencerahannya kang. maaf ane awam bnget sama motor…

  36. Kang motor ane ninja rr, kok lampu spedo nya redup ya, lampu utama,klakson dan sein gak masalah…
    pas ane lihat aki nya kosong air nya..
    tu apa krn aki kering apa ada masalah lain kayak kiproknya?

    • kemungkinan aki juga pengaruh… aki kering bisa kering
      1. kurang perawatan.
      2. kiprok sudah over charge sehingga setrum yang masuk ke aki berlebihan dan aki cepat panas

      • Udah ane isi air aki kok tetep redup ya,cuma kagak terlalu redup..
        tapi pas di highbeam malah terang semua seperti normal..
        kira2 apa tu ya kang

  37. Kang, mau numpang tanya…baru ganti lampu spidometer yg mati semua 4 biji. orisinilnya 3watt tapi ga nemu jadi ganti yg 5watt. Efeknya sekarang setiap kali pas ngerem lampu depan jadi redup. Aki juga baru ganti. motor dah tua taun 2006 cbr150. kira2 apanya kang? nuhun

  38. kang vegaku 04 pnya masalah gni,jk mesin nyala stasioner lampu gak nyala tp klo digas baru nyala,aku sdh gnti kiprok tp yg KW gak ad perubahan trs timah bohlam aku tmbhi timah lg tetep gak ad perubahan,pa spulnya yg hrs di gnti ya kang,mohon bantuannya.makasih

  39. Kang, mau nanya nih, mtor ane soul gt switch handle yg knan ane ganti pke mio yg lama, biar lmpu dpan bsa ane mtiin, nah pas kabel saklar lampu senja ane sambungin ke massa lmpu snja yg d dpan tpi klo ane pke lmpu snja yg led cpet bgt ptus kang lmpu nya bru 10 mnit d psang udh ptus, itu knp ya kang?
    Klo lmpu utama normal2 aja kang.
    Mhon pncrahannya kang.
    Balas ya kang

  40. om mau tanya..
    motor ane klx, tadi lampu netral redup.
    tidak bisa elektrik starter. tapi ane tekan klakson bunyi, terus lampu netral terang dan bisa di starter lagi. kira2 masalahnya apa ya om?
    ane baru ganti aki tadi.
    aki yg lama soak, teg tinggal 6v. problem yg sama pernah terjadi di aki yg lama. kadang lampu redup ane mainin tombol stop engine lalu terang lagi dan bisa di starter..

  41. om mau tanya..
    motor ane klx, tadi lampu netral redup.
    tidak bisa elektrik starter. tapi ane tekan klakson bunyi, terus lampu netral terang dan bisa di starter lagi. kira2 masalahnya apa ya om?
    ane baru ganti aki tadi.
    aki yg lama soak, teg tinggal 6v. problem yg sama pernah terjadi di aki yg lama. kadang lampu netral redup tidak bisa di starter terus ane mainin tombol stop engine lalu terang lagi dan bisa di starter..

  42. kang mau nanya nih
    mio sporty karbu, kontak di ON kan (mesin dalam keadaan mati), tekan ruas rem, nyala lampu speedo+rem langsung redup seperti gak ada cahaya, tapi setelah beberapa lama tuas rem ditekan nyala lampu speedo+rem akan nyala kembali..
    klakson bunyinya gak normal, lampu sein nyala tapi gak kedip2…nyalain mesin pake starter sdh gak bisa…

    kontak ON (mesin hidup), lampu sein bisa kedip2, lampu utama + rem nyala normal…setelah dipakai beberapa lama klakson bisa bunyi normal..

    tapi klu mesin mati akan kembali seperti diatas..

    kiprok atau akinya yg mesti diganti ya (aki MF baru 8 bln)

    makasih kang

  43. Kang ari saya mau tanya… mtr saya vega 2005 saya pasang klakson model toak yg . Suara nah permasalahannya knp ya kalo mtr keadaan jalan klakson saya bunyinya kaya aki soak padahal baru ganti aki tp kalo mtr keadaan mati atau ga jalan bagus suara klaksonnya itu knp ya kang?

  44. Ada saran apa nih kang motor saya NJMX kalau malam untuk penerangan lampu utama sering redup terang. . . Bohlam lampu belum setahun dan aki masih dirasakan normal terima kasih

  45. mas, aq punya masalah ne dengan FU q.
    udah 3x ganti batre mas, karna mo di cas g ngisi lagi. trus bengkel bilang harus ganti kiprok, lalu q iakan supaya diganti, tp kiprok FU gak ada maka pakai kiproknya Smash. setelah di ganti, masalah timbul mas pada spido. pada saat mesin baru hidup kira2 30 detik (gas tinggi) sipido error atau mati. tolong mas pencerahannya. trims

    • askum,bang ari yg terhormat, sy mau tanya, motor sy shogun2003, lampux tiba2 redup sekali,malah lampu retingx yg menyala terang dua2x dpn &belakaang, sdh sy ganti keprokx masih tetep,trs strum dr spulx besar, kira2 bgmn cr mengatasix bang, trims sebelumx, wslm…

        • trims ats balasanx,soket lampu apa kiprokx? sy liat soketx gpp,yg sy heran kenapa lampu2 yg laen hidup semua, sy tambai masa ga pengaruh,bohlamx hidup,tp kecil sekali,,kyk lmpu senter kehabisan batrei,gmn ada solusi laen bang,trims sblumx

  46. kang ari, kalo lampu kita ubah dari ac ke dc bakal ada masalah g ya?trs mana yg lebih terang lampu ac atau dc?motor saya mx 2006. terima kasih

  47. Kang bro..mtr ane cs1 thn 2008..aki ane baru kiprok di cek mash bagus.tp pd rpm tinggi saat ane ngerem speedometer ane mati ,( speedo meter digital,) lampu rada kurang terang.sekarg ndut2an..klo di gas rpm tinggi setelah ane pasang saringan karbu..mohon penerangan kang bro

    • Bisa dari Spull yang sudah tidak maksimal lagi,
      Cek kondisi soket kalau kendor atau gosong juga berpengaruh, Oiya kiprok pastikan asli.
      Dut dutan ketika filter udara, bisa karena kompresi mulai berkurang atau kondisi karburator yang tersumbat atau kotor. Coba naikkan satu step ukuran pilot jetnya

  48. Mau tanya kang, lampu depan jupi burhan saya gak nyala, cuma merah Dȋ̝̊̅ bagian bohlam saja,,
    Kira-kira penyakit nya apa ya?
    [τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅]

  49. klo pingin lampunya terang spul di gulung dan jgn gnti kiprok dulu krn aku pnya pengalaman kyak gni sdh gnti kiprok tetep aj dan ternyata spulnya,smoga bermanfaat

  50. mau nanya gan kenapa ya lampu depan ninja 150cc kadang redup kadang terang saat digas akan redup tapi kadang juga terang udah diganti spuul tetep aja begitu

  51. mas. mau tanya? mtr sya ninja r. knp di gass dan setiap beli bolam baru langsung nyala terang kemudian putus. sampai lampu sepedo ikut putus. kira kira apanya ya ms??

  52. Kang minta no kontak tlp dong,,,vario125 fi sya sdh ganti aki pas umur mtr 2thn,,ganti bln April 2016,tp kemarin 19 Juli 2016 dh Soak akinya dn harus ganti aki lg,kmrn sy ganti aki Yuasa,hari ini lampu mtr kadang berkurang terangnya saat rem atau sen di tekan..apakah kiprok sya rusak atau ada kendala dimana..mohon pencerahannya

  53. Kang Ari mau tanya, vario techno 125 sya knp ya indikator bensin dan lampu senja nyala padahal posisi kontak off tapi klo rem diteken baru mati dan jarum spedo malah naik sendiri kaya di hidupkan tp klo rem dilepas dia nyala lg lampu senja sama indikator bensinnya, kira” knp ya?

  54. Mas mau nanya nihh,motor ane soul gt,sudah hampir 5 bulan saya ganti lampu LED,tapi akhir* ini lampu speedo sama lampu LED nyaa kadang redup kadang terang tapi lampu senja nyaa tidak apa*,arus lampu sudah di ubah ke DC

  55. Ada yg pernah ngalamin lampu depan kalo gas tinggi baru nyala. Kalo gas rendah dan sedang gak mau nyala. Lampu yg lain normal, sein, lampu belakang, dll.
    Tolong penverahanya mas bro….

  56. mas mau nanya..
    old vixion ku kok lampu utama, lampu speedometer mengikuti putaran mesin ya mas?
    dan satu lagi, saya pasang lampu tembak, kabel langsung ngambil dari aki, tapi malah ngikut putaran mesin juga, lampu tembak juga satu kabelnya ngambil ke lampu utama..

    kira kira apa yang salah ya mas?
    aki masih hitungan ±6 bulan.

  57. Kang mau tanya rx king saya ,pas di hidupin saklar lampunya terang ,trus kapan di rem lampunya redup ,masalah nya pada aoa ya,minta solusinya,kang

  58. Kang motor ane shogun 110 sering mati lampu di bagian lamu stop n lampu sein kl d geber2, trz lampu utama redup apakah yg terjadi bisa kiproknya kh apa sepulnya, kmrin kiprok ane ganti tpi sama aja n kiprok kw n sepul kw ap gk jamin ya kang

  59. kang supra 2003 ane juga sama lampu headlamp klo dinyalakan redup, ganti lampu baru juga sama redup, apakah sama harus ganti kiprok, klo boleh tau tempat kiprok sebelah mana ya kang???thx

  60. Kalau kendala saya, Lampu dekat sering mati sendiri tapi ketika rpm dinaikkan akan nyala kembali atau dengan cara menyalakan lampu jauh kemudian dikembalikan kelampu dekat terkadang bisa nyala lagi lampu dekatnya. Aki dan lampu belum lama diganti. Kira-kira kenapa ya?

  61. Mau nanya gan,,sy pny masalah nih,,motor sy new blade 125,,lampu dpan AHO tp masih AC,,sy rubah ke DC plus pake relay,,bohlam nya sy ganti LED PNP,,yg jd masalah kalo idle lampu nyala normal,tp kalo di gas nyala lampu jadi redup,apa nya yg salah ya ga ? Mohon pencerahan nya gan, trims

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here