Kemarin kang ari buat artikel tentang cucian motor,, Bahayanya Nyuci Motor Posisi Miring / Tiduran. sekarang masih ada hubungannya nich,,, hal yang sekiranya dianggap sepele tapi efeknya sangat besar,,,apa tiu,,? monggo disimak

images (1)

pizap.com13640277327811

Hari pertama kerja dibulan april ini kang ari dapat surprise,,,bengkel buka jam 8 pagi ech,,,, ada konsumen lagi dorong motornya yang mogok, lalu kang ari sapa konsumen itu…”slamat pagi pak,,,ada yang bisa saya bantu,,,?” kemudian konsumen bercerita bahwa motornya habis dicuci setelah selesai dicuci motor mau dihidupkan tapi nggak mau hidup2,kick starter diengkol macet / nahan nggak bisa bergerak.Tanpa pikir panjang kang ari langsung cek ada apa gerangan,Kang ari coba engkol kick starter memang tidak bisa bergerak,kang ari langsung bongkar blok dan piston. Pada saat mau melepas blok/cylinder agak seret dan sedikit dipaksa untuk melepasnya,,,setelah sudah terlepas,,,,walah,,,!!! jebule setang piston bengkok,,, kok bisa setang piston bengkok???

pizap.com13648178383252

Kemudian kang ari berubah menjadi detektif dan langsung meng-interograsi konsumen.Cerita dari konsumen begini kang bro,,, kemarin hari minggu siang jakarta diguyur hujan lebat,,,lawong di bintaro rumah kang ari saja ada yang banjir meski cuma lewat saja,,,NEXT….. pada saat kondisi hujan konsumen masih mengendarai motornya menuju pulang ke rumahnya,,,sesampainya sudah dekat rumah hujan sudah reda, konsumen tersebut mampir dulu di cuci steam pas kebetulan nggak ada antrian motor langsung dicuci begitu selesai dicuci motor malah mogok.

Menggunakan ilmu detektif kemudian kang ari punya kesimpulan ” yo pasti mogok karena kondisi mesin masih panas lalu mesin diguyur air” jadi begini kang bro,,,pada saat kondisi mesin panas,,,bahan material yang terbuat dari besi akan memuai dan salah satu sifat dari besi jika besi dalam kondisi panas/memuai lalu di dinginkan secara cepat maka besi akan berubah bentuk ( bahan material dari besi akan berkurang sifatnya).Kang bro pasti sudah tahu jika besi yang panas/ memuai jadi mudah bengkok.

Jadi pada saat kang bro akan mencuci motor kesayangan jangan dalam kondisi mesin masih panas,minimal motor didiamkan dulu sekitar 15 menit agar ada proses pendinginan secara alami,,baru boleh dicuci,Dan ada lagi kang bro,,,walaupun musim banjir sudah lewat tapi seperti dua hari ini terutama jabodetabek diguyur hujan,,,jangan nekat nerobos banjir jika ketinggian banjir sampai merendam mesin,,,lihat saja jika motor langsung nyemplung di banjir,,,pasti motor langsung berasap tebal,,,itu tanda2nya pendinginan secara cepat,kang ari anjurkan motornya dinaikin ke grobak,,, bayar ojek grobak cuma 20ribuan tapi aman daripada nekat dan motor mogok malah keluar uang lebih banyak.Jika tidak ada gerobak dan terpaksa harus nglewati banjir,,,motor dimatikan dulu lalu didiamkan bentar baru bisa lewati banjir,,,jadi lewati banjir dalam kondisi motor mati jangan dalam kondisi motor hidup,,,!!! Tapi tetap masih berisiko jika nekat terjang banjir,,,cek kondisi filter udara dan oli mesin jika mengandung air maka langsung ganti baru.Busi juga bisa mati,,,,

pizap.com13648187625421 download (1)

Monggo jika ada yang mau nambahin…

Advertisements

32 KOMENTAR

  1. Padahal abis kehujanan motor belepotan pinginnya segera nyiram air biar gak karatan katanya kang.
    Palagi ridernya jg mumpung lg basah belum keringkan badan.
    Jadi males kalo nunda dulu..

  2. Rasanya bukan karena itu masbro. Temperatur oli aj ud warning kalau sampai 130 derajat C, sedangkan material Fe (besi) belum mengalami perubahan fasa di temp itu, masi sangat jauh, lagipula agak aneh kalau langsung kena conrod, padahal conrod tidak bisa langsung kena air. cmiiw

  3. tp montor saya nerjang banjir aman2 saja jalan terus, cuma sekali mogok gara2 air yg terlalu tinggi masuk ke box air filter…buka saringan, jalan lagi…montorku jupiter z burhan

    • motor ane jg berkali2 nerabas banjir, cm setengah roda si hehe.. blok bawah kerendem, ngebul.. visor helm smpe berembun wkwk
      aman :mrgreen:

  4. wadduh gw bgt
    plg sering kek gitu…good info neh..sepele tapi bsr mamfaatnya..mending cri tempat cuci motor yg rame antrinya..jd pas giliran mtr kta di cuci msin dah dingin…

  5. kalo misal lg turing gitu kena ujan lebat dijalan bisa2 stang piston bengkok jg dong kang, kan mesin panas langsung kena air. *pengalaman hampir tiap bulan pekalongan-jogja, sering keujanan di jalan tp alhamdulillah sogun 110 ane baek2 saja..

    • maksdnya bkn gtu kang,,,klo hjn lebat g masalah karena pendinginan di mesin masih normal tidak terjadi pendinginan scara cepat,,kcuali waktu hjn atau tdk hujan nerjang banjir yg ktinggian air banjir bisa merendam mesin,,,itu sangat beresiko,,, tekanan air hujan dan air steam sangat jauh berbeda kang,,cb saja d buktikan motor kang kepo habis jalan jauh terus berhenti dan mesin di guyur air yang banyak,,,,atau di cuci steam,,,langsung ”maknyoss”

  6. kalau lihat conecting rods’nya sampe bengkok begitu kemungkinan ruang bakar kemasukan air, trus mesin coba dihidupkan dan air di dalam ruang bakar terkompresi…

  7. alasan yang ga masuk akal, stang piston bengkok bukan karena masalah motor dicuci, karena adanya didalam blok mesin, ga kena air sama sekali,yang kedua stang piston itu terbuat dari besi yang lebih kecil koefisien muainya dibanding aluminium (blok mesin) jadi lebih tahan panas dan dingin, kemungkinan yang paling masuk akal adalah. pertama water hammer (ini sudah umum terjadi), yang kedua kalau benar ceritanya dicuci langsung mogok, kemungkinan kecil pistonnya jadi macet, karena silinder menyusut tiba tiba (hampir ga pernah denger kejadian seperti ini)

  8. sampai sekarang belum ada jawaban yang pasti, boleh tidaknya mesin diguyur kala suhunya masih panas. Agar tidak penasaran, Galan Ridwan, mantan penasihat teknik tim Suzuki AHRS, menjelaskan kalau semua teknik cuci seperti di atas bisa dilakukan, mau mesin masih panas, mati, atau dihidupkan.

    Menurut Galan, boleh saja suhu dapur pacu masih panas diguyur air dan tak akan mengubah struktur material. Sebab, suhu pendingin—air yang disemprotkan—maupun pemanas (jika steam) masih di bawah batas ukuran. “Lain hal jika suhu air di bawah minus 0 derajat atau air panas di atas 100 derajat. Itu yang bisa bikin struktur material komponen mesin berubah sehingga kinerja mesin jadi tidak normal,” papar alumnus IKIP Bandung, jurusan Teknik Mesin Otomotif.

    Ia mencontohkan bola-bola laher saat akan ditempatkan pada bantalan bearing. Jika disiram dengan air minus 10 derajat, komponen itu akan menciut dan dengan mudah masuk ke rumah bantalan.

    Jadi, mesin masih panas, dingin, atau masih hidup boleh diguyur. Kecuali mau membuka atau kencangkan baut, sebaiknya suhu mesin dalam kondisi normal.

    sumber: KOMPAS.COM

  9. ah yg pasti kan lebih baik didiamkan terlebih dahulu spd mtrnya barang beberapa menit sebelum di cuci *daripada habis jalan langsung dicuci *apalagi kalo mo nerjang banjir sampai ngerendam mesin *saya sih lebih baik nyari jalan lain daripada ambil resiko walau fivety-fivety, syukur kalo ga mati mesinya lha kalo mati pas nerjang banjir, bisa berabe tuh hhi

  10. Mungkin dicuciny dalam suhu extream sob misalnya mesin 150 drajat terus diguyur air 10 derajat ya pasti rusak lah,klo misalny suhuny normal” aja (engga extream) mesin gk ada masalah sob ane udh sering nyiram mesin pas dalam keadaan panas begitu tpi gk ada masalah sama piston sob

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here