Kang bro,,,,,,,,Mesin skuter matik sama dengan mesin sepeda motor pada umumnya. Yang membedakannya adalah teknologi dan cara kerja transmisinya, skutik mengaplikasi transmisi otomatis (CVT). Karena menggunakan teknologi transmisi otomatis, skutik membutuhkan perawatan ekstra. Berikut beberapa tips untuk merawat skutik kang bro:

download (1)
1.Sebelum motor dijalankan, panaskan mesin terlebih dahulu dengan menggunakan choke. Tapi beberapa skuter matic saat ini sudah menggunakan choke otomatis. Biarkan mesin hidup maksimal 5 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.
2. Cek kondisi busi dan aki secara teratur. Peran busi dan aki sangatlah penting, karena motor matik merupakan motor full DC.
3. Kondisi V-Belt dan roller juga harus selalu dicek. V-Belt yang letaknya di samping roda, sebaiknya rutin diservice tiap 10.000 km dan diganti tiap 25.000 km.

images download

4. Bersihkan ruang transmisi (CVT ) secara berkala tiap 4000 km, karena komponen CVT yang terdapat pada ruang transmisi sangat rentan debu dan kotoran lainnya.
5. Lakukan penggantian gear oil setiap 5000 km atau sesuai dengan petunjuk penggunaan kendaraan. Gunakan pelumas atau oli transmisi khusus matik.
6. Fungsi oli sebagai pelumas komponen-komponen mesin juga harus diperhatikan. Ganti oli secara berkala tiap 1.000 km, dengan menggunakan oli khusus motor matik, bukan sembarang oli.Pelumas khusus matik mampu bekerja secara maksimal ke seluruh permukaan komponen yang ada di dalam mesin skutik. Serta mampu mengurangi gesekan dan oksidasi yang terjadi dalam mesin.
7. Untuk motor matik yang sudah injeksi sebaiknya lakukan service injeksi setiap 10.000 km.Tetapi untuk motor matik honda dan suzuki untuk saat ini belum tersedia alat untuk service injeksi beat fi dan konco2nya.

images (11)

Kang bro,,, smoga tips diatas bisa berguna bagi kang bro semua biar motor tetep tokcer saat di naikin,,,, anggep wae bojo loro kang bro,,,,wkwkwkwk kalo punya bojo loro pasti dirawat to,,,,,eman2,,,,
Advertisements

56 KOMENTAR

    • jasanya sekitar 35ribu,,,tergantung nanti apa ada kerusakan atau part yang aus,,,biasanya roller yg cpt aus,,harganya sekitar 48ribu buat mio

  1. Mas Ari, saya mau tanya nih..
    Kalau motor matic bagian cvt or transmisinya bunyi itu kenapa ya kira2 ?
    Kemarin abis kebanjiran, trus dah ganti oli msin dan oli transmisi, ganti filter udara, bersihkan cvt tp kok masih ada bunyi seperti ngiiiiiiiiinggggg saat di gas, kalau g di gas g ada bunyi ngiiiiiiiiiing. Kira2 kenapa ya…?

    Oh iya, kemaren juga pas saya bawa naik tanjakan, dia jd g kuat, padahal berat saya cuma 60 kg. Tp pas motor nya saya tuntun, sambil di betot gas, eh jalan.

    Mohon pencerahan mazbro..

    • ada kemungkinan sensor speed speedometer terganggu,letaknya di roda depan,,, roda depan di bongkar lalu gerboknya/speed sensor di bersihkan pakai bensin,cek cuga kabel speedometer apakah kendor,,karena jika kendor atau kabel speedometer putus lampu MIL akan nyala

  2. Kalo servis rutin sesuai di bukui panduan servis, semua perawatan yg dibutuhkan dikerjakan ga oleh mekaniknya ya? Atau kita nanya ke mekaniknya ∂p∂ aj yg dikerjakan ketika servis?

    • servis cvt selain dibersihkan semua part2nya,harus ada penggantian gemuk/greas cvt-nya.
      biayanya beda kang,service rutin sendiri service cvt beda lagi

      • biaya srvs cvtnya sktr brp ya kang?apa blh srvs cvt tiap 10rb km?kira2 msh aman gk?(sran kang ari di atas 4rb km).sma 1 lg kang,ap bnr v belt it bs disetel lyknya rntai?jd kl melur msh bs dikencengin.stau ane,pke belt dressing ya kang?

        • biayanya rata2 35ribu,service cvt justru disarankan paling lama tiap 6bulan atau 10ribu km agar kondisi part di cvt slalu terkontrol.
          semua v-belt tdk bisa di stel,jika sudah mulai aus maka akan semakin mulur/panjang dan menyebabkan tenaga jadi loyo.

  3. kang ari……aq pernah lhat di salah satu bloger,katanya cvt honda lbh awet dari cvt yamaha??
    yamaha pke grease cvt,sdgkan honda tidak ada grease cvt

    • tergantung perawatan kang,jika mau mtr merkapa saja jika tidak ada perawatan pasti cepat rusak. untuk greas cvt fungsinya adalah sebagai pelumas part yang saling bergesekan agar tidak aus dan tidak timbuk brisik. coba dengarkan cvt yamaha dengan honda halus yg mana…
      semua itu tergantung perawatannya kang.

  4. thank you very much Sir
    I am from malaysia
    i use suzuki nex
    thank you for this tips

    the photos and illustration helps a lot
    thank you internet

  5. kang ari mau ikut nanya juga nih,,kmaren aku bli honda beat (2010) terus aku coba hidupkan mesinya terdengar bunyi TAK TAK TAK TAK.itu knp kang ya…
    satu lagi kang oli yang dipake itu oli apa aja kang maklum kang aku msh awam soal motor matic,,,
    mksih kang atas waktunya,

    • bunyi tak2 hanya saat di starter atau setiap saat motor hidup.jika pd saat starter saja itu bunyi starter clutchnya,jika motor hidup selalu bunyi tak2,ada banyak kemungkinan bisa piston aus,stang piston oblak,noken as aus,dan bagian cvt juga bisa jika roller aus.
      untuk oli ada 2 macem yaitu oli mesin dan oli gear,

      AHM Oil MPX-2
      (Spesifikasi SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MB)
      Diformulasikan oleh Honda R&D Japan dengan performa lubrikasi andal untuk melindungi sepeda motor Honda menjadi lebih irit namun bertenaga.
      Sangat hemat dengan penggantian yang lebih lama dan sekaligus mengurangi dampak pencemaran lingkungan.
      Memberikan daya lubrikasi sempurna untuk performa prima mesin sepeda motor Honda tipe kopling kering (skuter matik).

      Oli transmisi
      Merupakan oli transmisi untuk sepeda motor matik Honda. Transmission Gear Oil ini memiliki formulasi khusus dari Honda R&D Japan dengan keunggulan:
      Memiliki tingkat gesek rendah.
      Mampu melumasi celah tersempit pada Gear CVT.
      Mampu menahan tekanan kerja & temperatur yang tinggi terhadap daya pelumasan.

      Dengan formulasi tersebut, perpindahan gigi otomatis dapat tetap lembut dan lancar serta umur pakai unit CVT menjadi jauh lebih lama.

      • makasih banyak mas ari tas balasanya,,,mau nanya lagi ni mas ari.apakah oli mesin motor matik bisa dpakai ama motor biasa? trus kmaren aku service motorku itu mas n juga ngebetulin spido meter angka,coalnya angkanya g bisa pindah,,sharusnya angkanya pindah dari nol ke angka satu ato angka satu ke angka dua tp problemnya udah pindah dari angka nol keangka satu tp satu detik kmudian turun lagi keangka nol dan begitu terus berulang2 mas ari….trus kata mekaniknya harus diganti semua spido meternya.n kata kata mekaniknya juga harganya skitar 200 ribuan,karena g bw uang bnyak wktu itu akhirnya g aku gnti smpai sekarang,pertanyaanya apakah benar harus dganti semuanya n harganya segitu???
        sblumnya mnta maaf mas udah ngrepotin mas ari..n mksih tas waktunya…
        Sukses slalu mas Ari….!!!!

        • iya betul harus ganti speedometer assy,yg kang ari tahu sppedometer assy beat harganya 325ribu,untuk angkanya 180ribu
          37200-KVY-960 SPEEDOMETER ASSY 325,000
          37210-KVY-961 SPEEDOMETER COMP 180,000

  6. Kang, mau nanya kalo Mio kan punya lubang Vbelt jadi bisa disemprot cairan pelumas vbelt, lha kalo honda beat fi kok gak ada lubangnya kang? tolong dikasih tau dimana lubang vbeltnya? ane terlanjur beli semprotan cairan vbelt eh kok gkada lubangnya ane jadi bingung dah.

  7. Kang Ari, gw punya beat, pengen naek stroke, ga mau geser big end, cukup pakai pen stroke. Kata mekanik nya, bahaya, bisa bikin jebol baut het. Sebenarnya naik stroke dengan pen stroke saja itu bahaya ga sih Kang? Klo berkenan bikinin dong artikelnya cara naek stroke dengan pen stroke, pake you tube hehehe. Nuhun sebelum dan sesudahnya

  8. Waduh … saya jarang tak panaskan lama mz. .. hiks … paling berapa detik langsung gas .. hehe … motore trus agak kasar suaranya ….besok lagi tak panaskan ah … maturnuwun tips nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here