Ada apalagi dengan cb150r,,,,,?setelah kemarin kang ari baru saja menampilkan artikel,,CB150R Dari Karatan , Bunyi Klotok2 Dan Shockbreker Bocor.,,,, kang ari sedikit keheranan waktu baca di majalah otomotif bahwa ada cb150r yang mika lampunya meleleh.Hadech,,,, gimana nich kang bro,,seharusnya dari pihak Honda sudah harus memprediksi akan kejadian ini karena jika kita lihat bohlamnya yang pakai 60/55 watt tentu suhu didalam headlight cepat tinggi dan jika mika lampu tidak bisa menahan suhu yang ditimbulkan maka mika jadi meleleh,kita lihat saja motor competitor yang hanya pakai bohlam 35 watt saja sudah terang dan tidak keluhan soal nyala lampunya yang sudah terang dengan 35 watt.

images

 

[gickr.com]_94f58dab-451b-d504-2de8-c22f20655d07

cb 150 r

Kondisi mika lampu bisa meleleh menurut kang ari ada beberapa factor ;

1.Bahan material mika lampu kurang mampu menahan batas suhu tertinggi yang di timbulkan dari nyala bohlam.Jika memang kondisi ini terjadi maka pihak pabrikan harus segera mengevaluasi lagi bahan mika tersebut dan segera di revisi.

2.Daya bohlam pabrikan yang terlalu tinggi,yang kang ari tahu,,,untuk bohlam di motor rata pakai 25-35 watt,jika bohlam cb150r 60/55 watt mungkin Honda sudah ada pertimbangan sendiri tapi musti dilihat juga efeknya.

3.Cara perawatan dan pemakaian motor maksudnya jika kita menghidupkan motor stasioner terlalu lama (lebih dari 5-10mnt) maka suhu didalam headlight jadi tinggi karena tidak pendinginan dari angin seperti saat  motor sedang jalan.Dan pada saat hujan kondisi headlight jgn sampai di tutupi oleh jas hujan.

4.Pemakain bohlam diluar spesikasi dari pabrikan seperti bohlam halogen,HID dll

bohlam-h4-honda-cb150r_thumb

Jika motor kang bro mika lampunya meleleh dan masih dalam garansi maka segera dibawa ke bengkel resmi yang bersangkutan biar dapat gantinya,tapi biasanya yang bisa digaransi jika masih pakai bohlam asli pabrikan jika sudah diganti bohlam di luar standar/bukan dari pabrikan biasanya garansi ditolak.

Semoga saja cb150r tidak ada lagi kasus2 yang bisa menimbulkan efek negative thinking tentang motor tersebut,,,so positif thinking aja kang bro,,,mungkin kasus ini hanya menimpa 1 dibanding 1000 unit,,,

Advertisements

57 KOMENTAR

  1. Hadooohh.. Kok bs gitu ya? Jd penasaran,sbetulnya dah sejauh mana pihak R&D Honda melakukan tugasnya sblm sebuah produk diproduksi dan dipasarkan..

  2. Seharusnya pihak pabrikan harus lebih siap dalam meluncurkan produk baru, motor ini seharusnya dites jalan di jalanan umum berpuluh2 ribu kilometer sebelum dipasarkan untuk mengetahui kekurangan yang sebenarnya.

  3. nah itu gan,sma kyak mtor cb adik sya,pdahal masih 2,5 bulan mika headlampnya udah meleleh,hadeeh…,prnah sya tes,sya panasin sbntar,headlampnya udah panas bgt gan,..,

    • Klo saya sendiri sebagai Pemakai HONDA dari Abs REVO sampe VARIO 125 Lampu & Mesin Semua Puas, Tapi Saya Beli CB 150 Cash Malah ngalamin, baru Pakai 135 km saya pake nih CB 150R, Mesin sich Oke bgt…Tapi Malah Mika lampunya Meleleh, Padahal posisinya Bagian expose tuch (terlihat mata langsung).

    • hahaha pada jelekin prodak orang aja luuu punya gua gpp tuh di stationer lebihh dari 30 menit , coba tu mika lampu motor bantingin ke kepala lu kalo pecah baru tu mika bisa leleh

    • Saya baru satu bulan punya cibi, dan sudah 2000 KM lebih, tapi ga ada keluhan mika meleleh kok. apalagi masalah mesin suaranya klotok”. itu mah cara pemakaiannya aja yang ga bener, d buku paduan kan tertera tuh ga boleh gas full sebelum mencapai 500 KM pertama. nah temen ane ngegas full tuh, ga ngikutin apa kata buku. akhirnya ya bunyi. tapi ane nggak. :3

  4. duh, motor sesembahan FBH mulai ketauan boroknya,
    tapi tenang aja, FBH bakal menerima walau apapun kondisinya, wakakakakak koplaknya fbh

    • Klo saya sendiri sebagai Pemakai HONDA dari Abs REVO sampe VARIO 125 Lampu & Mesin Semua Puas, Tapi Saya Beli CB 150 Cash Malah ngalamin, baru Pakai 135 km saya pake nih CB 150R, Mesin sich Oke bgt…Tapi Malah Mika lampunya Meleleh, Padahal posisinya Bagian expose tuch (terlihat mata langsung).

    • coba diperhatiin lagi bagian reflektornya terutama bagian atas bohlam jadi keputihan warnanya gak bro….kalo berubah warna berarti tinggal tunggu waktu soalnya H4 terlalu panas….sudah pernah aq coba jauh sebelum ada tuch artikel..akhirnya aq ganti HID aja

  5. Padahal ahm adalah pabrikan terpercaya dan terbesar,tp kalo ploduk2nya bnyak kasus dan masalah..wah gawat ni,bisa jadi org nyang melek internet bkalan males bli ploduk2nya..yach smoga aja ahm sgera brbenah,

  6. kompetitor utama CB150 dari pabrikan tetangga sebelah (V-150) headlamp bulet gw pasang bohlan 60/55 watt aman2 aja… padahal panasnya ampun deh klo dinyalain lampunya….

  7. ya kalo cuma satu atau dua biji sih wajar, buatan manusia nggak ada yang sempurna. Tapi perlu juga tuh AHM tau dan tanyain yang punya motor gimana cara makenya, jangan2 lampu dah diganti ama yang nggak standar. Ya dipikirin aja tuh cb150 yang dah terjual hampir 25000, kalo emang materialnya jelak, pastinya dah banyak yang kena kasus headlamp meleleh.
    Menganai sok depan bocor juga buat motor2 yang lain, kalo mau ngoprek sendiri gampang kok, bisa baca2 disini
    http://motogokil.wordpress.com/2013/03/17/diy-solusi-permasalahan-cb150sf-bagian-1-sok-depan-bocor/

    • klo saya malah baru jalan 135km ga kenapa2 tuh mika lampu CB150, waktu di panasin di rumah karena ga di pake2 malah mika lampu Si CB 150r meleleh…..Absolute Revo 2010 & VARIO 125 MALAH awet bgt mika lampunya, udah pemakaian 60 ribuan km.

  8. kalo emang dah meleleh mika lampu depannya dan nggak bisa di-claim, bisa juga diakalin dengan modal cekak. kalo di malang ada tuh yang ahli ngakalin mika lampu, di daerah brantas, dekat pom bensin. Kalo mau ngerjain sendiri juga bisa, ntar ane buatin artikelnya.

  9. Kejadian mika leleh ini terjadi jg pada CBR150 saya…. sudah coba klaim ke dealer, tp yahhh jawabannya… aa..uu…aa..uu….. intinya klaim garansi saya tidak diterima…… pdhl harga set headlamp CBR150 gak maen2… 850rb!!!!

    • klo sprt tu harusnya bs d tanganin,,, pa lg klo mtr blm 6bln hrsnya msh bs d claim asal bohlam msh bawaan motor dr baru.tlp ke call center honda sj bro,, 021 500989 / 08119500989

  10. @kang ari : tahhhh itu kang…. saya pas proses klaim garansi dibuat ngambang lama sama pihak dealer….. tiap ditanya katanya lg diproses…. sampe terakhir akhirnya mereka bilang kalo itu krn kesalahan pengguna krn mereka bilang gak pernah ada kasus seperti saya, mereka bilang mungkin pernah taruh jas hujan di depan headlamp dlm kondisi motor nyala… pdhl sumpah sumprit gak pernah sama sekali taruh apapun depan reflektor dan fyi motor saya dlm keadaan full standar termasuk bohlamnya…. akhirnya ya begitu, mereka terkesan lepas tangan….

    • tolong kasih foto krm ke email kang ari :
      1.foto headlaight meleleh
      2.data motor = nmr mesin dan rangka ,tgl pembelian mtr
      3.nmr hp kang andri
      kang ari akan coba bantu

  11. waduh,,,kok ujung2nya ada yg bilang “buatan manusia g ada yg sempurna” 😮
    Tp pa mreka g berfkr “konsumen bukan klinci percobaan” 😕
    Coba klo ni produk makanan,kan bsa keracunan, bahaya tuh 😮
    Kami pembeli yg ingin menikmati,bukan kelinci percobaan yg merasakan pahit/mumetnya/resikonya,
    Maaf,saya bukan fans boy,saya hanya berkata yg menurut penilaian saya aja,
    Jika saya d bilang FBY,salah,karna saya belum memiliki produk dari Y,klo d bilang FB yg lain,maaf saya hanya punya 1 mopet Hsx125d warna kuning gigi (dulunya item sih 😀 tp 5 thn udah pudar warnanya 🙁 )

  12. kang ari mohon sarnya motor ane cb150r kira2apanya ya klu mtor di gas langsung mati n ane bawa ke bengkel honda katanya pompa bensinya hrus di ganti jd ane suruh ganti tp setelah diganti tetap masih begitu n soket yang nyambung kiprosnya hangus jd mohon masukannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here