Hari ini harusnya kang ari menikmati liburan santai dirumah bersama kluarga tapi malah kluyuran cari info gara2 kemarin baca artikel temen klo motor cb150r miliknya ada yg bocor dibagian shokbreker depan sebelah kiri.Kang ari lalu berpikir ‘’ada apa lagi dengan cb150r ini’’,,,? Kang ari langsung cr info meluncur ke bengkel honda daerah bintaro dan ciputat dan hasilnya bisa kang ari simpulkan berikut,,,

download (2)

[gickr.com]_94f58dab-451b-d504-2de8-c22f20655d07

Kasus bunyi klotok2 belum selesai tapi muncul masalah baru,,,buat kang ari itu masih hal yang wajar kang bro,,,hasil setiap produk manusia pasti ada yang tidak sempurna.Tinggal bagaimana cara kita menyikapi hal ini.Lanjut ke persoalan kang bro,,,kang ari coba menyamar jd konsumen di bengkel ahass di daerah bintaro lalu sedikit bertanya2 tentang kasus motor ini,kata salah satu mekaniknya bilang kalau sekarang lagi fokus menghadapi klaim klotok2 dan untuk shokbreker bocor dia menuturkan belum ada yang masuk kesini.Lanjut kata dia ‘’kalaupun ada pasti di claim,kan masih masuk garansi’’ ,jawaban yang sangat tepat kang bro.

photo-0031
Lanjut kang ari naik motor sibiru kesayangan kang ari menuju ciputat masih daerah tangerang,kang lagi2 menyamar jadi konsumen dan berpura2 kalau kang ari punya motor cb150r.dengan pertanyaan yang hampir sama saat kang ari menyambangi bengkel di bintaro,salah satu mekaniknya menuturkan kalau sedang ada 1motor yang claim klotok2,sudah nongkrong 3hari katanya,saat kang ari coba lihat2 ke belakang pit bikelift ada cb150r warna putih yang sudah dibongkar,tapi kang ari tidak bisa mengabadikannya takut dicurigai.Lalu kang ari coba tanyakan apakah ada kasus shokbreker depan yang bocor,,,,,’’nggak ada mas,belum dapat kasus itu’’.kemudian kang ari tanya apakah masih ada penanganan rangka yang ada bercak karatnya jawabnya juga masih ada hanya sebagian kecil saja yang masih ditangani.Setelah puas bertanya2 lalu kang ari cabut ngacir kerumah.

download (5)

Sekarang kang ari bisa simpulkan bahwa memang kasus klotok2 ini masih banyak yang ditangani dan pasti pihak pabrikan tidak akan tinggal diam,karena jika kasus ini menjadi kasus nasional tentu konsumen bisa berpikiran kalau cb150r ini produk gagal,,,,’’gimana mau jegal vixion kalau jadi produk gagal,,,ya to,,,,?’’ yang kedua tentang shokbreker bocor,kasus hanya terjadi pada sebagian kecil saja belum banyak seperti kasus klotok2,semoga saja tidak jadi kasus massal kasihan bikers cb150r.Shokbreker depan bisa bocor ada beberapa faktor kang bro :
1.kesalah pabrikan ( kroman inner tube nglotok/ pemasangan sil tidak pas)
2.Lingkungan yang banyak berdebu (sering jalan di daerah becek) juga sangat berpengaruh karena kotoran bisa masuk nyelip lewat tutup sil dan masuk ke sil sehingga sil jadi rusak /lecet.
3.Motor jarang di cuci padahal kondisi motor sangat kotor.
4.Beban yang dikasih ke motor terlalu berat,melebihi beban yang dianjurkan dari pabrik.
Buat kang bro bikers cb150r tidak usah risau karena pihak pabrikan pasti kasih akan garansi makanya jangan sungkan2 jika nemuin yang aneh2 di motor kang bro,,,langsung saja dilarikan ke bengkel biar langsung ditangani jika ada kerusakan.
So,,,kang ari sarankan jangan ragu2 kita bengkel walaupun hanya sekedar bertanya2 daripada motor kita kenapa-napa…bisa2 dompet kita bisa kempes gara salah paham dan salah penanganannya.Sebagai mekanik,,,kang ari juga mengingatkan bahwa setiap produk motor pasti ada masa garansinya,baca dengan teliti buku panduan pemilik dan buku service agar kita tidak merasa dirugikan oleh produk yang sudah kita beli,,,,,

download (2) images (2)

download (1) download (3) download (4)

Advertisements

38 KOMENTAR

  1. artikel dini hari,,

    seal bocor,,,

    tadinya hampir jd opsi pilihan nih motor kang bro,, ( mesin dohc ).
    waduh barang baru neh, tkt knp2..( bukannya ngefans merk )
    dan logika jatuh ke nvl ( sdh 2 bln +, ini fine2 aja )
    sblmnya pk fu 150, enak ,lincah, boros( resiko ).

    kang , kenapa yamaha nggak buat motor dohc yg harganya terjangkau yaa…??
    kalau nvl pk dohc pasti lbh joss.
    kan yg old vixion msh ada tuh sohc.
    atau yamaha mau buat kejutan spesies baru ???
    ” yamaha menuju terdepan”

  2. Mungkin strategi AHM juga agak salah kali yah. Selain mengeluarkan desain si CB150R yang mirip dengan Vixion lawas, ternyata dampak harga yang lebih murah dari NVL berakibat pada mesin DOHC yang menurut gue jadi kurang nyembur, dan bisa dibilang masih bagusan CBR150R

  3. Kang, CB ku alhadulillah gk ngalamin hal2 diatas. Tp ada yg aku bingun, jika lewat jalan yg gk rata atau lewat polisi tidur, ada bunyi *glodok* gitu dari sektor belakang.

    Tadinya aku pikir posisi AKI yg longgar, pas aku copot jok ternyata kenceng tuh. Aku pikir karna joknya gk kenceng, ternyata kenceng tuh jok. Dipake boncengan jika kena polisi tidur juga bunyi *glodok*. Bingung jg aku.

    Satu lagi: motor saya buoross banget, kenapa ya

  4. motor cb150r saya juga berbunyi klotok2,dan terakhir pda tgl 30 juni 2013 mati mendadak pada saat digeber pda kcepatan 70-80 km/jam,,dan sampe sekarang gak bisa dihdupkan mesinnya,,dan skarang msih di bengkel resmi ahass di kota saya di singaraja-bali..mudah mudahan ahm bijaksana menyikapi ini ,karna saya beli di daerah saya bali,dgn harga sekitar 23,750 juta, belum untuk biaya stnk 150 .ribu,,dan klo dlm perbaikan saya diknai biaya sepeserpun,saya akan bunuh diri,karna untuk isi angin ban saja, saya lakukan di bengkel resmi ahass

  5. Waktu lagi nyuci motor, ane lihat di tabung hitam (dibelakang per merah) monoshock prolink ada bekas gesekan. sepertinya bekas gesekan dengan per-nya. itu gimana ya kira2 apa penyebabnya? Masalah lain di cairan radiatornya. Waktu baru diambil dari dealer, ane sempat cek cairan radiator di dalam tangki penampungan. Permukaan cairannya berada di antara batas “upper dan lower” (ditengah-tengah). Tapi kamarin ane cek lagi, cairannya sudah berada di bawah batas lower nya. akhirnya ane beli cairan radiator dan ane tambahin sendiri. kira-kira itu normal gak ya, dalam waktu sebulanan cairannya berkurang cukup banyak. CB ane sekarang masuk KM ke 675an. Ada yang pernah ngalami kasus serupa gak? mohon share pendapat dari akang-akang semua. Trims

  6. Cb punya saya shock depan sebelah kiri udah bocor, seal debu udah mulai retak. Kualitas kalah jauh dibanding karisma bokap. Cat tabung shock juga tipis kayak tisu, Apalagi cat velgnya parah bang. Perbandingan saya motor bokap yang udah 15 tahun cat behel aja masih kuat nempel. Analisa saya pada bagian cat tabung shock tanpa diberi cat dasar maupun cat penutup pori2. Jadi kalau kegores langsung kliatan warna alumunium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here