Kali ini kang ari akan kasih info bagaimana cara memilih oli mesin sesuai karakteristik mesin dan disesuaikan dengan keinginan kita,jika kita perhatikan pada botol oli selalu tercantum SAE 10w-40 , SAE 15W-50 dan masih banyak lagi,,, sekarang kang ari coba ulas apasih arti2 kode tersebut agar kang bro bisa pilih oli sesuai kondisi motor kita,,,,monggo,,,,,

download

Pertama kang ari jelaskan fungsi oli dimotor kita kang bro,,,,,cekidot :

  • Mengurangi gesekan komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Supaya gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
  • Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  • Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
  • Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotora n tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  • Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Dan menurut bahan bakunya oli di bagi menjadi 4 bagian :

  • Oli mineral – Oli yang bahan dasarnya dari proses penyulingan bahan mineral.
  • Oli Vegetebel  – Oli yang diperoleh dari bahan tumbuh-tumbuhan yaitu minyak dari tumbuhan jarak. Jenis ini mempunyai sifat pelumas yang baik sehingga sering digunakan untuk recing, namum mempunyai kelemahan harga mahal dan tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama, karena proses oksidasi terjadi dengan cepat.
  • Oli Syntetic – Oli yang dibuat dari bahan dasar produk petroleum sepertiettylene, kemudian diproses secara kimiawi untuk menghasilkan viskositas yang stabil sesuai dengan karakteristik yang diinginkan.  Keunggulan oli jenis ini adalah karakteristik oli relative stabil, mempunyai kemampuan pelumas yang sangat baik

Oli semi syntetic – Oli merupakan paduan antara oli mineral dengan syntetic, menghasilkan kemampuaan pelumas yang baik dengan harga lebih murah darisyntetic.

sae_oli sae-viscosity-oli-motor

Sekarang kang ari jelaskan tingkat kekentalan oli,,,,,

1. Kekentalan/SAE suatu oli mesin bukanlah ukuran mutu suatu oli. SAE hanyalah sebagai pembeda atau kelas2 suatu oli mesin berdasarkan tingkat sifat kekentalannya .

2. SAE rendah (encer) tidak identik dengan mutu yg lebih baik dibandingkan yg kental.

3. Makna sesungguhnya dari kode SAE bukanlah sekedar encer atau kental, tetapi lebih berkaitan pada kemampuan oli tsb. beradaptasi pada suhu rendah dan tinggi.

4. ·Mis: Kode SAE 20W-50 misalnya, makna dibalik kode ini sebenarnya, suatu oli yg memiliki kemampuan (telah lulus uji) distarter pada suhu (minus) -10 C’ dan bisa dialirkan di dalam mesin sampai suhu -20 C’ . dan memiliki minimum keketalan tertentu pada suhu tinggi 150’ C.

5. · Untuk SAE 10W-40 ,memiliki kemampuan tingkat beku sampai -30’ C dan memiliki tingkat didih sampai 150’C,

6.SAE 15W-50,memiliki kemampuan tingkat beku sampai -25’C dan memiliki kemampuan tingkat didih sampai 150’C

Jadi kang bro,,,,semakin kecil angka di depan W maka tingkat keencerannya semakin tinggi,tetapi bukan berarti semakin encer oli maka semakin bagus buat motor,,,,,tergantung dari faktor lingkungan juga kang bro,,,jika di daerah pegunungan yang sudah pasti mempunyai suhu alam yang dingin maka kang ari sarankan pakai oli dengan tingkat beku yang tinggi misalnya 10W-40 atau 15W-50.Dan untuk daerah yang mempunyai suhu yang panas seperti jakarta cukup pakai oli yang tingkat beku rendah/sedang seperti 15w-40 / 20w-40.

Tetapi kang bro,,,faktor kedua pemilihan kekentalan oli juga dilihat dari karakteristik / sifat motor itu sendiri karena setiap motor mempunyai karakteristik yang berbeda walaupun satu pabrikan,,, misalnya motor matic yang mempunyai kineerja lebih berat dari motor sport/bebek kang ari sarankan pakai oli yang lebih encer seperti 10w-40,agar kinerja mesin jadi lebih ringan dan konsumsi bensin juga ikut irit.

Jadi kang bro,,,kita jangan sampai salah pilih oli buat motor harian kita,,,pengalaman yang kang ari dapat di lapangan,orang berfikiran kalau semakin encer oli maka lari motor jadi enak,,,itu belum tentu benar kang bro,,kalau pakai oli encer dan tidak cocok dengan kondisi motor kita biasanya bisa terjadi ‘’oil up’’ maksute,,,oli naik ke ruang pembakaran dan knalpot jadi ngebul.

Dan yang tidak kalah penting kalau beli oli kang ari sarankan di bengkel resmi atau agen2 oli yang resmi karena sudah banyak beredar oli2 palsu yang dijual di bengkel pinggiran,mahal sedikit tidak masalah yang penting ASLI.

images (1) download (1)

156 KOMENTAR

  1. imho, soal sae, kalo diindonesia sptnya bukan hal utama, yg terpenting yaitu api service, jaso, oem.
    Soale iklim di indonesia tidak mengenal musim salju yg super dingin, jd pemilihan oli yg penting tidak terlalu kental (spt oli gardan) pasti bisa dipake dan tidak berefek dg keawetan mesin, kecuali untuk tujuan tertentu..
    Tinggal pemilihan kualitas oli berdasar pada kecocokan thd kopling basah, dan berdasar pada tahun pembuatan motor, juga tujuan penggunaan motor. Dalam hal ini standar api sangat menentukan kecocokannya thd motor tsb.

  2. Mantaaaap postingan yg bikin qt + pinter tentang R2,,,,,,,,,
    Sekedar naxa mas bro klo dkota Bpp cuaca rada ekstreem dari cuaca yg puaanneeeeznya pool batiba dgn kediipan mata langsung hujaan deras 2-3 jam. Menurut sampean bagusnya pake oli apa n SAE nya brp mas bro??

  3. Ups ketinggalan……..saat ini saya pengguna xcd 125 oli yg saya pakai Motul Ester SAE 10w-40 cocok ƍäª menurut mas dbro dgn cuaca Bpp
    Yg sdh saya ceritakn datas??

    • sdh co2k kang bro,,,jika pakai oli tersebut akslerasi mtr enak dan kondisi kerak knalpot kering tidak basah maka co2k pakai oli tersebut,,,jgn sk ganti2 jenis oli lain ya kang bro,,,tdk baik buat kesehatan mtr

  4. salam kenal ni mas bro seblumnya….
    ane skrng ni lg pake new megapro udah 3 x gonta ganti oli tapi kyaknya blom ada yg pas karena speks VI olinya ane rasa encer,pertama mpx 10-30,kedua enduro racing 10-40,skrg Spx 1 repsol 10-30,menurut ane oli ukuran 10-30 atau 10-40 bagus cuma di 1000 km kebawah, buat ane yg sering kluar kota kyknya kurang cocok,apa lagi klo di bw buat turing….nah ane tertarik ama yg ukuran 15-40,cuma blom tau merek apa,temen ada yg kasih tau pake duron xl (klo gk slah…) cuma yg ane masih ragu sebab tuch oli buat mobil….tolong kasih masukannya donk..

    • iya mas bro…

      DURON XL SAEnya 15W-40, API SERVICE CI-4, CH-4, CF/SL
      untuk DURON XL ini aplikasinya bisa di mobil N sepeda motor kok mas bro….jadi ente gak usah takut klo DURON XL ini gak bisa di pake di sepeda motor…
      untuk DURON XL ini juga bisa di pakai untuk mesin diesel N mesin bensin….
      dan juga life timenya juga bisa di pake sampai 10.000 KM mas bro…jadi cocok banget tuh buat mas bro yang sering kluar kota N sering touring…..

      komunitas ninja 250 juga dah mulai banyak yang pake oli ini…
      monngo di coba mas bro… 🙂

  5. kl buat cb150r yg bagus ya kang.? soalnya stlah dkasih oli yg gratis servis 1 msin agk kasar kang. stlah itu tdk sampai 2000km sy gnti lg diberes pake oli spx yg orange sintetik 1 ltr. msh sama ah kang. jd bgusnya ap y kang. apalgi ni sy pun bgung mau klaim chamshaft yg jd pnyebab klotok di cb sy. soalnya wktu srvis 1 sy klaim kata mekaniknya itu wajar. tp stlah sy searching di blog2 sprti ini, tryata itu mmg kslshan pabrik. gmna cara klaimbya biar ga diulari ya kang. sy brdomisili dikota medan kang. mohon pencerahannya ya kang. cb nya sy beli 26 feb kang. skrg km nya sdh 3400 kang.

  6. kl buat cb150r yg bagus yg mana kang.? soalnya stlah dkasih oli yg gratis servis 1 msin agk kasar kang. stlah itu tdk sampai 2000km sy gnti lg diberes pake oli spx yg orange sintetik 1 ltr. msh sama ah kang. jd bgusnya ap y kang. apalgi ni sy pun bgung mau klaim chamshaft yg jd pnyebab klotok di cb sy. soalnya wktu srvis 1 sy klaim kata mekaniknya itu wajar. tp stlah sy searching di blog2 sprti ini, tryata itu mmg kslshan pabrik. gmna cara klaimbya biar ga diulari ya kang. sy brdomisili dikota medan kang. mohon pencerahannya ya kang. cb nya sy beli 26 feb kang. skrg km nya sdh 3400 kang.

  7. Saya memakai jupiter mx 2008 sampai 2013 buat ngangkut minyak 220 liter tiap hari ini baru aja ganti kampas kopling aq liat ngak ada yang aus tu ger ger nya ,ngak ada bekas, baret2,dari baru saya menggunakan oli yamalop asli dari dailer,samapai sekarang aq percaya mantap tu oli buat motor yamaha,,

  8. tambahan donk kang bro, untuk mopang, lisensi jaso penting bgt loh, jadi klo bisa di utamain, pilih jaso ma2 untuk bbebek, sport sama mb untuk matic, baru sae, dan terakhir sertifikasi api

    klo eropa di balik api dulu, sae terux baru jaaso

  9. kang ari kualitas Yamalube sport tu meragukan gak sih? ane penyemplak NVL srng bgt kipas radiator nyala apalagi pas macet. apa karena saya beri pertamax 92, jd kipas sering nyala? makasih

    • yamalube sport bagus,sae 10w-40. kipas radiator pasti sering nyala jika kondisi macet karena pendinginan radiator tidak dibantu oleh angin seperti saat kondisi motor jalan.cek selalu kondisi air radiator.

    • mau dingin pake es bro, wkwkw, bercanda,

      kalo di bawa macet macetan, kok pemikiran ane lebihnkemplinyg encer yah, kadomsirkulasi bisa gampang, dan gampang dingin,

      ane analogikan oli encer seperti alumunium, oli kentel sepeeti besi

      alumunium menyerap panas cepet, tqpi mgelepas panasnya cepet

      kalombesi memyerap panas lama, tapi melepas panas juga lama

      tapi ga sembarang encer-kentel loh gan, liat batas toleransi yg ada di motor agan.

  10. Kang.. Motor saya spek oli yg dsarankan SAE 5w40 jaso ma, tp saya terkadang suka gonta ganti oli.. kadang 10w40 kadang 5w30.. ga slalu 5w40.. mohon pencerahannya.

  11. Mas ari mau tanya donk pliiiiz di jwb..motor gw mx 2011 kopling.gw mau ganti oli full syntetic,kandidatnya pertamina enduro 4t sport,shell advance ultra,sama motul 5100 pao ester.kalo menurut mas ari yg cocok apa yah.btw motor gw mau buat pulkam jarak -+ 400 km..terima kasih

  12. ane pemakai pies 2010, kelar inreyen sempat pake motul ester, tpi ga ada efek signifikan, lagi inreyen malah pake enduro 4t! Tiap 200km saya ganti! Kalo buat yg sayang kendaraan, oli yg anda pilih adalah yg terbaik tuh! Kalo saya pake federal xx, saya ganti tiap bulan! Bukan itungan km! Soalnya kalo kecampur jalanan macet itungan kmnya jadi ga karuan!

  13. masih bingung nih gan buat pilih oli motor yang sesuai dengan kondisi jakarta yang macet cuaca yang juga kadang ekstrim
    sebulan sekali pasti jalan keluar kota
    yang bagus olinya apa ya gan?
    motor ane new v-ixion lighting
    udah 7 bulan ini sih masih pake yamalube
    ada yang saranin motul ester ada shell AX7

  14. kang,aku kan baru beli x-ride,dikit lagi udh mau 1000km nih,itu oli yg gretongan pertama dapetnya yg yamalube matic ya? kalo pengen yang power matic bayar lagi ngga? terus kira2 sampai kapan pake yamalubenya? nunggu abis garansi yang 3 tahun? oh iya kang pake yang power matic ngaruh ngga sih ke performa? hehe udah ah bisi kepanjangan haha..makasih ya kang. sukses terus blognya,mo mikir2 buat pertanyaan selanjutnya haha..biar besok langsung ketik :p

    • KSG 1 maksimal 1000km /1bulan dr tgl beli,dapat oli yamalube matic kuning,oli hanya dpt 1 kali saja selanjutnya bayar sendiri.jika mau ganti power matic ya bayar sendiri oli matic bawa pulang buat kang ari saja,xixixixi… karena power sae 10w-40 pastinya performanya beda.
      jika pakai yamalube dirasa sudah ok nggak perlu ganti2 oli lagi.

      • wuih udah dijawab lagi aja pagi2 begini haha,boleh2 kang mau delivery sekalian oli maticnya kerumah kang ari? tapi bayar ongkirnya ya hahahaha, oh gitu,tapi garansi ga hilang kan ya kalo pake power matic? soalnya daerahku di bandung termasuk dingin kang,aku didaerah atas awiligar,kalo malam mungkin bisa sampe 16 derajat,terus tanjakan banyak motor kerja keras terus kaya mioku yang dulu, jadi lebih bagus pake yamalube power matic yang item itu kan ya? haha bener kan,langsung curhat panjang kalo abis beli motor baru haha..maaf lho kang jadi ngerepotin 😛
        makasih banyak kang..

  15. Kl bt motor harian rasanya g usah ribet2 pilih oli karna pd dasarnya bkn untuk kebut2an toh stlh 3 thn ge kita bosan trs d jual tuh motor

  16. kang motor ane New vixion, udah sekitar 3 bulanan. Waktu pertama service ane pake oli gratisan yamalube sport SEA (10w-40). Tapi kok kasarnya, nah masuk bulan kedua ane ganti shell AX7 SEA (10w-40), tarikan enteng banget, tapi kalo macet mesin cepet panas dan kipas radiator sering hidup. Masuk bulan ke tiga saya ganti oli BM1 PC1300 SEA (10W-40), ini lagi coba pake. Nah pas tadi buka buku petunjuk Yamaha, ternyata spek Oli mesin Yamaha (20W-40), wah jadi selama ini ane salah pake oli donk kang, kira2x berpengaruh gak tuh kang. Mohon jawabannya

    • salah pemakaian jenis kekentalan oli berpengaruh terhadap panas mesin dan performa mtr.untuk mtr new vixion spek olinya 10w-40. kang ari sarankan pakai yamalube sport dl,jika pakai merk lain garansi mesin bisa hangus.memang noise nvl dibanding old vixion beda,nvl agak kasar dibanding old vixion tp itu kondisi normal tdk ada masalah.

  17. Masih sih kang, ane baca di buku petunjuk spesifikasi oli NVL 20w-40. Ini apa buku petunjuknya yg salah yah hehehe. Mau nya sih pake yamalube, tapi mesin kasar banget kang pake yamalube, perpindahan gigi kasar, terus mesin cepet panas, pake celana jens sampe tembus panasnya kang. nah perbedaan pake shell ax7 lebih enteng kang dan halus, walaupun masih sering panas juga. Galau juga ney kang, mau balik ke yamalube tapi malah jadi gak enak make motornya, pake oli merek lain ilang garansi mesinnya.

  18. kang kalo buat old vixion tahun 2011 bagusnya pake oli SAE tipe yang mana ? saya tinggal di Garut dan Bandung . terakhir saya pake oli motul tapi lupa tipenya , saya dulu sering ganti ganti oli , awalnya pake yamalube , terus paske castrol , terus nyoba pake enduro racing dan terakhir aja pake motul. mulai sekarang saya gak akan ganti ganti tipe oli lagi deh

  19. Bos ari saya pengen tanya klo untuk verza 150 enaknya pake oli apa yaa ?? Motul 5100 apa shell soalnya klo pake oli ahm buat pindah gigi agak g lancar
    Pemakaian bwt kerja c gan, paling skali” ke luar kota
    Tolong masukannya yaa gan

  20. Hallo gan, mw nnya, mtor sya njmx.. Skrng saya pkek oli enduro racing, sae 10w-20..
    Tp saran bku servis’a pkek yamalube sae 20w-50..
    D baiknya gmna ni mas bro??

      • Om ari saya pengguna old vixion,sebelumnya saya pakai oli Xado 4T 10W40 API SL JASO MA,suara mesin halus,tarikan oke,mesin jarang overheat,sekarang saya coba shell advance ultra 4T 10W40 API SM JASO MA2,kalau performa lebih baik dibanding xado,tapi suara mesin ga sehalus xado,sama kalau jarak jauh agak lemot sedikit,saya cenderung ingin kembali ke XADO lagi,ada saran om ari?kalau motul ester 5100 ga masuk itungan karena semi syntetic.

      • Trims om ari,kemaren iseng2 nyari oli yg lebih mahal dr xado,ternyata emang pake shell lebih kenceng tarikannya,tapi tetep lebih enak xado.

  21. om oli yang bagus buat honda cb 150 r apa dan tingkat kekentalannya brp om……
    karena motul 5100 banyak tingkat kekentalannya ada sae 10w50,sae10w40,sae 15w50,jadi yang bagus yang mana………….

  22. Kang motor ane cb150r…kmrn abis gnt camshaft ane disuruh pkek oli supremeXX 20-50,,,nah enaknye tuh pkek yg 20-50 ato yg brp buat cb150r. .soalnye kan di buku 10-30 tp kok kasar ke mesin…

  23. mas ari, saya pake New Jupiter Z dan sekarang olinya pake BM1 15W-40.. sekarang udah menginjak sekitar 700km rasanya kok setiap ganti gigi keras banget ya dan gak dirasain sekarang doang, mungkin udah dari 500km… apa gak cocok ya mas? kalo emang gak cocok, yang cocok oli apa mas?
    sebagai tambahan referensi, motor saya gunakan untuk lintas jogja-wonosari setiap hari sabtu…
    makasih mas sebelumnya..

  24. Motul ester 5100 gan? Disini mahal gan 115ribu, kalau motul yg hi-tech or 3100? Recomended yg mana gan, kantong mahasiswa soalnya gan 😀

  25. Sebagai informasi, motor saya New Vixion. Sudah pernah pake oli yamalube sport 2x, shell ax7 3x, idemitsu extreme touring 1x, shell ax7 2x, shell adv.ultra 2x.
    Saya ganti oli antara 1.000 – 1.500 km / 2 minggu – 1 bulan.
    ane galau bro,haha.
    Bagusan mana shell adv.ultra 10w40 ; enduro sport 5w30 ; enduro sport touring 10w40 ??

  26. dari berbegai saran di atas, ane makin bingung.. mau pakai Oli apa buat motor CB 150 R ane, ada banyak sekali pilihan oli nya. kang ari, sharing donk.. oli yang menurut kang ari pas buat motor CB 150 R apa ya dan SAE yang cocok untuk motor tsb.?

  27. Kalau CB 150 R itu pakai oli yg cocok itu apa kang ari,,?kondisi motor masih baru..pertengahan bulan desember 2013..biar gak ganti” oli,soalnya ganti” oli dapat merusak mesin,,thanks

  28. Wasalam Kang Ari,, saya pakai motor Vega ZR thn 2009,, oli yg enak dan cocok di motor saya oli merk apa yah kang ari sama Tingkat keKentalan nya seberapa yah kang,,,terima kasih banyak kang Ari

  29. tanya akang2 smua, motor ane revo F1.. sampai saat ini pake oli standar AHM MPX1 10W-30,saya mau ganti oli masih cari infoo2…eh banyak saran dari sana sini malah bingung… kasih masukan dong? thanks buat reply nya…

  30. tanya kang, motor ane revo FI .. sampai saat ini pake oli standar AHM MPX1 10W-30,saya mau ganti oli masih cari infoo2…eh banyak saran dari sana sini malah bingung…rutinitas motor dipake tiap hari buat bekerja kadang jauh kadang deket. kasih masukan dong? thanks buat reply nya…

  31. mau tanya kang, kalo buat karisma oli yang bagus shell advance ato motul ester ? soalnya saya sering pake oli yang standar. Tarikannya kurang nendang. saya minta saran dari kang ari biar motor saya lebih kenceng lagi. thanks 🙂

  32. kang ari,ane mo nanya nich
    kenapa njz1 ane sejak pakai ax7 enak kalau mesin masih dingin doang,tarikannya kaya di jambak ma lampir,tapi kalau udah panas atau kondisi hujan,kaya ngebonceng kuntilanak,buuuueraat kang.
    ane pake ax7 baru 2 kali,sebelumnya ane pake yamalube gold,apa ga cocok ya kang njz1 pake shell ax7?

  33. Kang Ari, motor saya vario 150. Spesifikasi di buku manual pakai oli sae 10-30. Lebih bagus mana oli API Service SJ 10-30 FULL SINTETIS (AHM SPX2) dengan oli API Service SL 10-30 SEMI SINTESIS (merk lain, salah satu contohnya motul scooter expert SL 10-30)? Lebih baik pilih API Service lebih tinggi atau Full Sintesis/Semi Sintesis? Mohon pencerahan dari Kang Ari. Thx

    • Sebenarnya untuk motor matic fungsi dari oli pelumas tidak begitu berat karena tidak melumasi bagian kopling jadi, tapi meski begitu memakai oli full sintetis lebih bagus apalagi dengan api service lebih bagus. Api service antara sj dengan sl lebih bagus sl.
      Kalau AHM spx2 sudah bagus tapi kalau dibandingkan dengan motul meski semi sintetis saya pilih motul kecuali selain merk motul, shell,…
      Ini opini pribadi dan pengalaman juga.

  34. Kang ari ane minta saran nih
    Ane pengguna njmx 2013 dari awal pake yamalube super sport, kilometer belom nyentuh 3000km tp mesin udh kasar, tarikan juga gak seresponsif waktu baru ganti oli.
    Pengen ganti oli yg bagus apa ya?
    Shell advance ax7 sama enduro racing kira2 bagus yang mana ya kang?

  35. Kang ari
    Klo mx king pakai oli yg cocok apa ya?
    Sy skrng pakai motul tp lupa motul apa yg pasti bukan ester saat macet mesin panas bgt
    Mohon pencerahannya kang

  36. Kang ane pake old jmx produksi 2009, pertama make motor ane make yamalube spek rekomen pabrik waktu inreyen, trus 1 tahun pake spek yg sama. Belakangan ane ganti yamalube sport 10w trus ganti castrol racing 10w.
    Belakangan ini indikator overheat sama kipas radiator sering nyala, dan baru2 ini ane jajal castrol spek 20w. Oya sbg catatan ane sering touring jarak minimal 60km sambil gaspol, trus juga biasa city riding gas poll. Yang saya pengen tanyain kang, spek oli yang ane pakai sekarang aman ga buat mesin ane? Atau baiknya pindah lagi ke 10w? Soalnya waktu milih spek 20w, pertimbangan ane gara2 kasian mesin sering digeber kenceng jarak jauh. Mohon sarannya kang, matur nuwun

  37. Kang ati, mau nany buat perbandingan oli mtor yg cocok buat new cb150r apa kang? Antara shell ax7 , enduro racing, atau total ? Krna kapasitas 1,1 liter kan harus beli 2 botol kang.. sarannya kang biar gak bolak balik ganti oli. Lumayan nguras dompet soalnya hehe..

  38. oli yg cocok bwt motor ane apa yaahhh….
    megapro 2007 tp sudah stroke up 3″ n oversize 50 bro… pemakaian harian 20-25km tiap hari dpantura… mesin terasa panas bgt euy…
    pgen oli yg tahan panas n smooth nie bro… hehehe

  39. Kalau motor matic belum 1 tahun, pakai oli sae naik satu tingkat apa efeknya bro?
    Pakali lebih kental.
    Standarnya 10-40, tapi pakainya 20-40.
    Trims.

    • oli lebih kental lebih bagus untuk perjalanan jarak jauh, efek ke mesin nggak ada mungkin ke performa saja, untuk performa itu tergantung kondisi motor, kalau performa normal atau lebih enak bisa dilanjutkan tapi kalau justru sebaliknya lebih baik pakai yang standar saja

  40. permisi gan, mau tanya oli buat kawasaki klx 150 yg cocok pakai apa ya? biar mesin gk cepet panas. saat ini pakai castrol pwr 1, tarikan lumayan tp mesin cepat panas, jd saya akali oplos 1 ltr castrol 300ml pakai mesran super. apakah itu aman? thx

  41. oli yg cocok bwt motor ane apa yaahhh….megapro 2007 tp sudah stroke up 3″ n oversize 50bro… pemakaian harian 20-25km tiap hari dpantura… mesin terasa panas bgt euy…pgen oli yg tahan panas n smooth nie bro… hehehe

  42. punten kang ari mau tanya saya pake cb150, jarak tempuh per hari sekitar 80km dan suka ngacir alias gasspol terus, terus trek saya di pegunungan dan sering over gigi, ada pilihan oli fastron tapi banyak sekali varian mulai dari gold, techno dll ? yang cocok buat motor saya apa, mhn recommendnya ?

  43. Hi, i think that і noticed yoou visited mmy weblog tҺus i cаme too ɡo bɑck
    the desire?.І’m trying to fіnd issues tօ enhance my web site!І guess itss оk to use sоme оf your ideas!!

  44. salam kenal mas ari
    mau tanya nih mas, motor verza saya umurnya baru 2.5tahun, tapi km sudah 89800km, oli yg paling cocok apa ya mas? kekentalan yg gmana? bisa dibilang motor saya, motor capek, jarang istirahat

    makasi mas

  45. Kang ari hatur nuhun kang informasinya. Mau nanya kang kalo Oli Motul multi power SAE15W50 bagus gak kang buat R15? Dan kira” oli yng bisa tarikan gas panjang oli apa ya kang..? Nuhun kang

  46. Kang ari mau tanya donk, saya pake cbr150 yg baru tahun 2016, terus pngn ganti oli nih, kan di buku tulisannya recomend yg 10w40, yg saya mau tanyain kalo saya pake motul 5100 15w50 gmn? Dan kalo misalnya tarikannya jadi sedikit berat nantinya berpengaruh ke mesinnya nggk kang? Makasih sblmnya 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini